Produk Minuman Michiko asal Kota Cirebon Raih Penghargaan OVOP Bintang 4 dari Kemenperin IKM

0
106

Cirebon,- Minuman Cirebon Kota (Michiko) yang merupakan minuman khas Cirebon dengan bahan dasar mangga gedong gincu mendapatkan penghargaan dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kamis (13/12/2018) kemarin.

Michiko mendapat Penganugerahan Penghargaan One Village One Product (OVOP) 2018 bintang 4 dalam acara Semarak Festival IKM 2018, yang berlangsung di Hotel JS Luwansa, Jakarta.

Aston Hotel

OVOP merupakan sebuah program yang bertujuan untuk mengembangkan produk unggulan khas dari daerah sehingga mampu untuk menembus pasar global.

Penghargaan OVOP 2018 kepada Michiko diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih.

Owner Michiko, Uun Unerie mengatakan penganugrahan penghargaan OVOP 2018 bintang 4 yang diraih oleh Michiko, karena produknya sudah tembus pasar nasional.

Teja Berlian
Teja Berlian 2
Teja Berlian 3

Uun menjelaskan, Program OVOP merupakan program kementrian dan yang mengajukannya pun dari Pemerintah Kota dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kepada Disperindag Provinsi.

“Disperindag Provinsi ini punya tim penilai OVOP, nanti dari Provinsi kalau memang belum layak ikut kompetisi nasional masih masuk bintang 3. Jadi kalo masih bintang 3 skalanya masih Provinsi, bintang 4 skala nasional, dan bintang 5 skalanya sudah nasional dan ekspor,” jelasnya.

“Alhamdulillah Michiko sudah yang kedua kalinya mendapat penghargaan OVOP bintang 4,” imbuhnya.

Dengan mendapatkan apresiasi penghargaan OVOP 2018, Uun mengaku senang dan menjadi semangat untuk terus berkarya, untuk terus apa sih yang bisa kami lakukan untuk lingkungan kami, minimal seperti itu.

“Kan one village one product berarti harus mengembangkan produk lokal. Selama ini Michiko yang dilakukan juga kan kita kasih pelatihan-pelatihan mangga terbuka untuk siapa pun yang mau belajar,” terangnya.

Produk minuman michiko

Produk Michiko sampai saat ini penjualannya resmi masih nasional, namun kadang juga ada pengiriman untuk retail dari reseller sudah seluruh Indonesia. Karena, ada produk michko sendiri yang diciptakan khusus untuk memenuhi pasar reseller.

Untuk mendapatkan penghargaan OVOP, kata Uun, dinilai dari aspek legal sepeeti kelengkapan legalitas mulai SIUP, TDP, Ijin Dinkes, dan juga dinilai dari skla pemasaran kemana saja dan itu kita bisa membuktikan seperti kontrak dengan salah satu retail.

Selain itu, lanjut Uun, Michiko salah satu dari empat produk di Jawa Barat yang masuk ke tahap nasional dan mendapatkan penghargaan OVOP, serta satu-satunya produk daerah yang mewakili Kota Cirebon.

Uun berharap, Cirebon yang sudah menjadi pusat kunjungan wisata, dirinya ingin memiliki satu gallery atau showroom yang isinya all about mangga. Sehingga, orang yang datang wisata edukasi tentang permanggaan.

“Itulah mimpi besar Michiko untuk membuat sebuah wahana wisata edukasi tentang mangga. Jadi ditempatnya nanti anak-anak bisa mengolah membuat sirop atau jus dari mangga kemudian bisa dibawa pulang,” terangnya.

“Mudah-mudahan itu bisa terwujud dalam satu dua tahun kedepan lah, Insyaallah doain saja,” harapnya. (AC212)