Program Kewirausahaan di SMAN 4 Kota Cirebon Sebagai Pembentukan Karakter

0
153

Cirebon,- SMAN 4 Kota Cirebon menyelenggarakan expo PKWU (Program Kewiraushaan) yang berlangsung dihalaman sekolah, Jalan Perjuangan No. 1, Kota Cirebon, Kamis (13/12/2018).

Program Kewirausahaan di SMAN 4 Kota Cirebon merupakan kali kedua diselenggarakan, dan program kewirausahaan ini merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Aston Hotel

Baca juga ya SMAN 4 Satu-satunya Sekolah Penyelenggara Kewirausahaan di Kota Cirebon

Penyelenggara kewirausahaan di Indonesia dilaksanakan di 204 sekolah, yang terbagi menjadi dua region, yakni region Jakarta 102 sekolah dan region Surabaya 102 sekolah.

Sedangkan SMAN 4 Kota Cirebon adalah satu-satunya sekolah penyelenggara Kewirausahaan di Kota Cirebon yang mendapatkan bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang dimulai dari tahun 2017.

Teja Berlian
Teja Berlian 2
Teja Berlian 3

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Provinsi Jawa Barat, Dra. Hj. Dewi Nurhulaela, M.Pd. mengatakan terselenggaranya expo PKWU yang kedua kalinya di SMAN 4 Kota Cirebon banyak perkembangan yang sangat luar biasa.

“Saya tidak menyangka akan sehebat ini, biasanya hanya beberapa kelompok saja yang muncul,” ujarnya kepada About Cirebon usai pembukaan expo PKWU.

Lanjut Dewi, sekarang semua anak dari 464 siswa bisa mengikuti dan aktif dalam program kewirausahaan dengan setiap kelompoknya memiliki usaha yang berbeda-beda.

“Dan tidak sekedar dia melakukan keterampilan dan cukup dinilai, tidak. Tetapi bisa juga dijual, seperti pakaian, kue dan makanan yang dijual online,” beber Dewi.

“Artinya, ketika dia melaksanakan tugas sebagai siswa harus belajar, dia tidak terganggu, sehingga semuanya berjalan bersamaan,” imbuhnya.

Menurut Dewi, siswa siswi di SMAN 4 Kota Cirebon bisa mengatur waktu, kapan harus belajar dan kapan harus melaksanakan program kewirausahaan.. Walaupun kewirausahaan ini harus melakukan pengembangan usahanya, juga ada nilai.

“Mungkin itu yang memacu anak-anak, yang tadinya males-malesan tapi mereka jadi suka semuanya,” ungkapnya.

“Saya mendukung penuh dan apresiasi kepada SMAN 4 Kota Cirebon yang menerima amanat dengan baik dari pemerintah. Artinya ketika kita berikan kepercayaan untuk melakukan kegiatan KWU ini, ternyata berjalan baik dan melibatkan semua siswa,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 4 Kota Cirebon, Suroso menambahkan bantuan pemerintah yang diberikan kepada SMAN 4 Kota Cirebon betul-betul dilaksanakan sesuai dengan koridor yang diinginkan oleh pemerintah.

“Program Kewirausahaan yang digulirkan oleh pemerintah ini adalah bagian dari pendidikan karakter,” ujarnya.

Siswa yang sekolah di Indonesia, kata Suroso, harus mempunyai koridornya yang memiliki karakter disiplin, karakter religius, karakter tanggung jawab, dan karakter kewirausahaan salah satunya dalam rangka membendung ekonomi yang dibuat oleh dunia Internasional untuk masuk ke Indonesia.

“Maka, di Indonesia dibangunlah kewirausahaan sebagai bentuk karakter siswa-siswi setingkat SMA. Oleh karena itu, di SMAN 4 betul-betul dilaksanakan dan dibuktikan,” tandasnya. (AC212)