SMAN 4 Satu-satunya Sekolah Penyelenggara Kewirausahaan di Kota Cirebon

0
152

Cirebon,- SMAN 4 Kota Cirebon menggelar semarak Expo PKWU (Penyelenggara Kewirausahaan) di halaman sekolah Jalan Perjuangan No. 1, Kota Cirebon, Kamis (13/12/2018).

Kegiatan expo PKWU tersebut dalam rangka Penguatan Wirausaha Siswa sebagai penopang daya saing bangsa di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Aston Hotel

Program Kewirausahaan merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, untuk menghasilkan wirausahawan muda dalam program kewirausahaannya.

Wakil kepasa Sekolah (Wakasek) Humas SMA Negeri 4 Kota Cirebon, Yeni Nuriyani mengatakan penyelenggara kewirausahaan di Indonesia ada 204 sekolah yang terbagi dua region, yakni region Jakarta 102 sekolah dan region Surabaya 102 sekolah.

“SMAN 4 Kota Cirebon adalah satu-satunya sekolah penyelenggara Kewirausahaan di Kota Cirebon,” ujarnya.

Teja Berlian
Teja Berlian 2
Teja Berlian 3

Lanjut Yeni, SMAN 4 Kota Cirebon merupakan sekolah penyelenggara kewirausahaan yang telah dua kali berturut-turut mendapatkan bantuan pemerintah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang dimulai dari tahun 2017.

“Mudah-mudahan di tahun 2019 kita kembali terpilih menjadi sekolah Penyelenggara Kewirausahaan, dan tahun keempat serta seterusnya diharapkan menjadi sekolah yang mandiri menyelenggarakan PKWU,” bebernya.

Yeni menjelaskan, Program Kewirausahaan adalah program yang menjadi primadona di jaman milenial, karena program tersebut sangat relevan dengan perkembangan zaman yang terjadi saat ini.

Selain itu, Program Kewirausahaan di SMA berbeda dengan program Kewirausahaan di SMK, kalau program di SMK bertujuan untuk membentuk tenaga kerja ahli di bidang lapang, tetapi program Kewirausahaan di SMA tujuannya merubah mindset siswa dari pencari pekerjaan menjadi penyedia lapangan kerja.

“Jadi, luar biasa program kewirausahaan di SMA. Program kewirausahaan di SMA orientasinya bukanlah pada produk, tetapi produk hanyalah unjuk kerja bahwasanya siswa telah menghasilkan sebuah produk,” jelasnya

“Akan tetapi, orientasi kewirausahaan di SMA adalah perubahan mindset, agar siswa memiliki karakter seorang wirausaha,” imbuhnya.

Dalam expo PKWU di SMAN 4 Kota Cirebon menghadirkan 40 CEO yang terdiri dari 384 siswa kelas X dan 10 CEO dengan jumlah 80 siswa kelas XI. Dimana telah menghasilan 50 perusahaan yang dimiliki oleh semua CEO dengan jumlah 464 siswa.

“Mungkin suatu hari nanti, Kota Cirebon memiliki wirausaha-wirausaha muda yang dihasilkan dari SMAN 4 Kota Cirebon, sebagai inkubator wirausaha yang menumbuhkembangkan bibit-bibit wirausaha muda di Kota Cirebon,” tandasnya. (AC212)