Kota Cirebon. Foto : liputan6.com
ASWITA Tours - Biro Perjalanan Umrah & Haji Plus
ASWITA Tours - Biro Perjalanan Umrah & Haji Plus
ASWITA Tours - Biro Perjalanan Umrah & Haji Plus
ASWITA Tours - Biro Perjalanan Umrah & Haji Plus

Cirebon, 4 Oktober 2017,- Kota Cirebon yang sering disebut dengan kota wali ini, dianggap sebagai kota tua yang penuh dengan peninggalan bersejarah. Oleh karenanya, terdapat tempat-tempat wisata yang masih tersembunyi dan masih bisa dieksplorasi lebih jauh.

Bila Anda suka berpetualang, jangan lewatkan 3 tempat tersembunyi di Kota Cirebon dan sekitarnya ini. Apabila bisa mengunjungi tempat yang jarang dikunjungi orang, tentu memberikan pengalaman dan sensasi tersendiri bagi jiwa petualang seperti Anda bukan?

1. Desa Belawa

Tidak banyak orang tahu bahwa terdapat sebuah desa di Kecamatan Lemah Abang, bernama Desa Belawa. Desa dengan suasana yang teduh dan sejuk ini, pernah menjadi ikon wisata Wilayah Timur Cirebon. Desa ini juga menjadi satu-satunya tempat di alam semesta, yang memiliki kura-kura Belawa yang langka.

Berbeda dengan kura-kura yang banyak kita lihat, kura-kura Belawa ini memiliki tempurung cekung berwarna hitam polos. Cukup disayangkan bila pusat penangkaran dan kolam kura-kura, tidak terlalu dijaga oleh pihak berwenang. Padahal fauna endemis Cirebon ini, termasuk hewan langka yang terancam punah.

Tidak hanya kura-kura yang Anda temui di sini, Desa Belawa juga dikenal sebagai desa penghasil mangga yang lezat. Jadi jangan lupa membawa pulang untuk oleh-oleh, dari sebuah perjalanan wisata di tempat yang kurang banyak dikenal orang ini.

2. Keraton Kanoman

Cirebon ternyata tidak hanya memiliki Keraton Kasepuhan, melainkan ada keraton lain yang letaknya tersembunyi di balik pasar Kanoman. Keraton ini terletak di Jalan Winaon, Kampung Kanoman, Lemah Wungkuk tidak jauh dari Stasiun Kejaksan. Untuk mengakses keraton ini, Anda harus melalui riuhnya pasar Kanoman terlebih dahulu.

Cirebon sebetulnya hanya memiliki satu keraton, yaitu Kesultanan Cirebon. Namun, sekitar 400 tahun yang lalu saat Sultan Cirebon terakhir meninggal, wilayah kesultanan dibagi kepada ketiga putranya. Inilah ceritanya kenapa ada Keraton Kanoman yang meski tersembunyi, tetap memancarkan daya tarik tersendiri. Saat ini, kompleks bangunan keraton bercat putih dengan arsitektur hindu ini, tetap terlihat magis, terlindung oleh pohon beringin raksasa di halaman kraton.

3. Taman Kera

Anda tidak perlu pergi ke Pulau Bali, hanya untuk menyaksikan kera-kera yang berkeliaran bebas di sana. Kunjungi Situs Taman Kera dan Petilasan Sunan Kalijaga yang berlokasi di kawasan hutan lindung di Plangon, dan Anda bisa melihat kera-kera berekor panjang di sana. Di kawasan ini terdapat bangunan petilasan, masjid keramat, sumur kuno, serta makam.

Anda akan disambut oleh gerombolan kera ekor panjang, yang tinggal di kawasan hutan lindung Taman Kera ini. Anda tidak dilarang memberi makan kera-kera ini, yang memang sering mendekati pengunjung untuk meminta makanan. Menarik bukan?

Nah, jika Anda ingin berkunjung ke Kota Cirebon – untuk berpetualang mengunjungi tempat wisata yang masih tersembunyi ini – segera memesan hotel murah di Cirebon melalui Airy Rooms.

Airy Rooms menyediakan 7 fasilitas lengkap yaitu kamar ber-AC, tempat tidur bersih, TV layar datar, Wifi, air minum gratis, shower air hangat untuk mandi beserta perlengkapan mandinya. Jangan khawatir, harga yang dipatok oleh hotel-hotel dalam jaringan Airy Rooms di seluruh Indonesia ini sangat terjangkau.

Anda bisa memesannya langsung melalui website, aplikasi Android, dan iOS. Pembayaran juga mudah dan praktis bisa menggunakan kartu kredit, transfer, dan melalui gerai-gerai Indomaret. Jadi jangan melewatkan liburan Anda di Kota Cirebon tanpa menginap di Hotel Airy Rooms, agar liburan Anda lebih berkesan.

 

 

How you feel for this post?
8
1
4
3
0
1
0
1
0
Bagikan:
loading...
Signup for the newsletter