IKABDI dan Medtronic Indonesia Gelar Pelatihan Operasi Hernia

Semarang – Hernia merupakan kelainan organ yang kerap terjadi pada manusia, terutama pada laki-laki. Bahkan diketahui Hernia merupakan kasus bedah yang banyak dijumpai pada pembedahan. Meski terkesan sederhana namun kompleksitas dari penanganan penyakit ini cukup tinggi.

Untuk itu Ikatan Ahli Bedah Digestive Indonesia (IKABDI) Cabang Semarang menggandeng PT Medtronic Indonesia menginisiasi kegiatan pelatihan cara penanganan hernia yang diberi tema ‘Workshop Herniorraphy pada Hernia Inguinalis & Hernia Ventralis’ di Hotel Wimarion Semarang, Sabtu (21/12/2019).

Kegiatan yang diikuti puluhan dokter bedah umum dan bedah digestive se-Jawa Tengah ini memperlihatkan bagaimana cara melakukan operasi hernia yang aman dan nyaman terhadap pasien.

‘Workshop Herniorraphy pada Hernia Inguinalis & Hernia Ventralis’ di Hotel Wimarion Semarang, Sabtu (21/12/2019)

“Kita berusaha memperkenalkan cara operasi hernia yang aman dan nyaman. Sebenarnya ada ratusan teknik operasi hernia, namun yang paling aman dan direkomendasikan adalah open lichtenstein. Selain open teknik, operasi hernia bisa dilakukan melalui teknik laparoskopi,” ujar dr. Andi Maleachi, SpB-KBD, salah satu pembicara yang juga course director pada kegiatan ini.

BACA YUK:  Harga Merakyat, Warung Titik Kumpul Cirebon Sediakan Masakan Khas Indonesia

Pembicara lain yang juga Ketua IKABDI cabang Semarang, Prof.Dr.dr.Ign.Riwanto, SpB-KBD, menjelaskan jika kegiatan ini untuk menyatukan persepsi para ahli bedah khususnya di Jawa Tengah.

“Tujuan kegiatan ini adalah menyamakan persepsi dalam penanganan hernia para ahli bedah di Jawa Tengah. Sehingga dapat memberikan outcome yang baik kepada pasien,” kata Prof.Riwanto disela-sela acara.

Sementara itu, Pihak PT Medtronic Indonesia mengaku bangga jika produknya bisa membantu meningkatkan dalam kualitas pelayanan kesehatan. Pihaknya juga akan terus berkontribusi bagi dunia kesehatan di Indonesia.

BACA YUK:  Pemda Kota Cirebon Komitmen Selenggarakan PPDB Berkualitas dan Berkeadilan

“Pada operasi hernia diperlukan alat kesehatan yaitu Mesh Hernia dan saat ini PT Medtronic yang merupakan Perusahaan alat kesehatan nomer satu di dunia memperkenalkan advance hernia mesh yaitu Progrip. Jika sebelumnya pemasangan Mesh Hernia harus difiksasi dengan menggunakan Progrip cukup ditempel tanpa fiksasi atau self griping,” menurut Sri Sulastri, Perwakilan PT Medtronic Indonesia.

‘Workshop Herniorraphy pada Hernia Inguinalis & Hernia Ventralis’ di Hotel Wimarion Semarang, Sabtu (21/12/2019)

Kegiatan ini pun disambut positif oleh para ahli bedah, karena selain diberikan Lecture (kuliah) juga ada video session & discussion, hingga dry lab placement of hernia mesh yang membuat para participant lebih confidence. (AC350)

BACA YUK:  Info Loker : RS. Sumber Kasih
(Dilihat: 46 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.