Hanya Satu Hari Warga Kota Cirebon Urus Dokumen Kependudukan

Cirebon,- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Sejak bulan April 2018, Disdukcapil Kota Cirebon menerapkan pelayanan one day service yakni pelayanan pembuatan E-KTP, Kartu Keluarga (KK) maupun Kartu Induk Anak (KIA) hanya satu hari selesai.

Sanusi, S.Sos, Kepala Disdukcapil Kota Cirebon mengatakan penerapan one day service sudah diterapkan sejak bulan April atau sudah berjalan selama tiga bulan.

“Bila masyarakat hari ini mendaftar, besok sudah jadi,” ujarnya, Senin (2/7/2018).

BACA YUK:  Manulife Indonesia Berikan Bantuan Beasiswa kepada Para Pelajar Berkebutuhan Khusus melalui Universitas Terbuka

Untuk memenuhi one day service, Disdukcapil Kota Cirebon melakukan terobosan-terobosan. Salah satunya, dengan menerapkan kuota pendaftaran.

“Penerapan kuota pendaftaran tersebut, khusus untuk warga Kota Cirebon yang melakukan perekaman dan pendaftaran di kantor Disdukcapil Kota Cirebon,” bebernya.

Sementara itu, Eli Haryati, selaku Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Cirebon menjelaskan pendaftaran di Disdukcapil dibagi menjadi dua gelombang setiap hari kerja.

“Gelombang pertama dibuka sejak pukul 08.00 sampai pukul 11.00 WIB, jika kuota gelombang pertama sebanyak 50 pemohon tercapai, maka pendaftaran ditutup,” jelasnya.

BACA YUK:  Berdayakan Desa Pesisir, Cirebon Power Raih PDB Award 2022

“Sedangkan gelombang kedua dimulai pukul 13.00 sampai 15.30 WIB. Bila 50 kuota pada gelombang kedua terpenuhi, maka pendaftaran pun ditutup,” imbuhnya.

Sebenarnya, kata Eli, pelayanan pembuata E-KTP, Kartu Keluarga (KK) maupun Kartu Induk Anak (KIA) bisa juga dilakukan di kantor kecamatan, bahkan sampai tingkat RW.

“Kami bekerja sama dengan pihak kecamatan, kelurahan dan juga RW untuk melakukan perekaman e KTP pada malam hari di sejumlah Baperkam,” jelasnya.

Sehingga, Eli berharap, warga yang sibuk bekerja di siang hari bisa segera mendapatkan KTP elektronik dengan mendaftar di lingkungan mereka pada malam hari.

BACA YUK:  Jadwal Pemadaman Listrik di Kota Cirebon, 23 Mei 2022

Terpopuler

“Kita akan terus berupaya meningkatkan pelayanan dan lebih dekat kepada masyarakat Kota Cirebon ,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 8 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.