Tekan Angka Kriminalitas di Jalan, Willyan Buka Warung Makan Gratis di Cirebon

Cirebon,- Tidak ingin adanya tindakan kriminalitas di masyarakat karena perut lapar, membuat Willyan (43), warga Cirebon membuka warung makan gratis. Lokasinya berada di halaman parkir Pemuda Sport Center, Jalan Pemuda, Kota Cirebon.

Warung makan gratis yang sudah dibukanya sejak bulan Ramadan tahun 2024 itu, bisa memberikan lebih dari 100 porsi nasi dengan menu telur ceplok dalam sehari. Dengan tagline “Hari ini Aku Bahagia”, warung makan gratis ini buka dari pukul 12.00 WIB sampai habis setiap Senin – Sabtu.

Willyan yang saat ini mengelola Toko Obat Mandjur di daerah Plered dan pemilik Kedai Kosong 3 ini, menceritakan awal tercetusnya warung makan gratis. Willyan merasa tersentuh ketika melihat bapak-bapak menangis di pinggir jalan dan juga pengemudi ojek online yang matanya berkaca-kaca.

“Saya sempat bertemu dengan mereka pencari nafkah di jalan yang tidak bisa membawa pulang uang. Jangankan membawa pulang uang, untuk makan saja kadang mereka harus menahan lapar,” ujar Willyan saat ditemui About Cirebon, Selasa (7/5/2024).

BACA YUK:  Rangkaian Hardiknas Tahun 2024, Disdik Kota Cirebon Gelar Senam Bersama

“Ketika perut lapar, dikhawatirkan mereka ini menjadi gelap mata dan melakukan aksi kriminalitas. Dari pertemuan itu, tercetuslah membuat warung makan gratis untuk para pencari nafkah di jalan,” sambungnya.

Warung makan gratis tersebut berlaukan telur dadar, serundeng, sambal, dan juga menyediakan air minum. Awal pertama buka, Willyan menyediakan 10 kg telur ayam dan sekarang bisa menyediakan lebih dari 100 porsi.

“Kenapa menunya hanya telur ceplok, karena kita mikirnya ingin melayani dengan bahagia. Karena kalau kita bikin menu lain, membutuhkan waktu yang lama untuk masak dan endingnya cape. Ketika cape, ujung-ujungnya bosen dan tutup. Nah kita tidak mau seperti itu, kita inginnya langgeng, walau hanya dengan menu telur saja tapi langgeng,” ungkapnya.

BACA YUK:  Info Loker! Lowongan Kerja Terbaru untuk di RSIA Irhamna di bulan April 2024

Selain itu, pihaknya juga mewajibkan untuk makan di tempat. Bukan tanpa alasan, Willyan ingin makan yang diberikan secara gratis itu tidak mubazir. Pasalnya, banyak informasi dari teman-temannya, ketika dibagikan di jalan, ada saja yang membuang nasi dan hanya diambil lauknya saja.

Dengan adanya warung makan gratis ini, menurut Willyan, saat ini teman-temannya, termasuk pengemudi ojek online, ada yang menyumbang telur, beras, dan juga minyak. Banyak dari mereka yang tergerak ingin ikut berbagi.

“Jadi ada temen ojek online yang bertanya ingin berbagi tapi belum mampu. Tapi saya bilang ke mereka bisa, daripada makan di luar bisa habis Rp 20 ribu misalnya, mending dibelikan telur saja uangnya, lalu makan disini dan sisa telurnya bisa berbagai dengan yang lain. Dan sampai sekarang banyak temen ojek online yang melakukan hal itu,” ungkapnya.

BACA YUK:  Satreskrim Polres Cirebon Kota Berhasil Tangkap Pelaku Pembunuhan Wanita di Kedawung

“Tujuan dari warung makan gratis ini, hanya tidak ingin terjadi kriminalitas di mana-mana karena perut kosong,” tambahnya.

Jika ada yang ingin ikut berbagi, Willyan juga mempersilakan untuk datang langsung ke warung makan gratis dengan membawa telur, beras, atau minyak goreng. Willyan mengaku tidak ingin menerima dalam bentuk uang.

“Silakan yang ingin ikut berbagi, tinggal datang saja. Bisa bawa telur, beras atau minyak goreng, karena ini yang diperlukan,” terangnya.

Ketika yang menyumbang beras, telur, atau minyak goreng semakin banyak, Willyan memiliki mimpi ingin memiliki warung makan gratis itu di beberapa titik di Kota Cirebon. Mudah-mudahan, impian itu bisa terwujud ya. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Putri ezendra delafary berkata:

    Wahh mantapss

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *