H. Jaja Sulaeman: Pendidikan dan Kebudayaan, Bentuk Karakter Generasi Bangsa

0
88
Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, H. Jaja Sulaeman

Cirebon,- Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada 2 Mei ini diperingati dengan upacara di Alun-alun Kota Cirebon. Mulai dari pemerintah, dinas pendidikan, kepala sekolah, para guru, dan juga para siswa dengan khidmat dan tertib mengikuti jalannya upacara.

Peringatan Hardiknas ini diharapkan memberi suntikan semangat baru bagi semua elemen pendidikan agar mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) lebih berkualitas.

Aston Hotel

Ditemui usai melaksanakan upacara, Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, H. Jaja Sulaeman menyampaikan tema yang diambil pada peringatan Hardiknas kali ini yaitu “Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan”.

“Pendidikan dengan kebudayaan adalah satu kesatuan yang tidak bisa terlepaskan. Harapan dari tema ini yaitu anak-anak penerus bangsa harus terus berbudaya, sebagai karakter bangsa,” tegasnya.

Diakuinya, pendidikan merupakan salah satu alat memberdayakan SDM yang kokoh. Sebab pendidikan merupakan alat yang strategis untuk mengembangkan bangsa yang harus didukung oleh tri pusat pendidikan yang terdiri dari keluarga, masyarakat, dan juga sekolah.

Istana Kerang

Jaja mengatakan, seorang anak akan mendapatkan pendidikan karakter yang diawali dari lingkungan keluarga, dididik oleh kedua orang tua, dilanjutkan dengan pendidikan sekolah oleh para guru. Namun, sayangnya di sekolah hanya terbatas ruang dan waktu, sehingga perlu didorong dan dibentuk kembali oleh orang tua. Peran masyarakat baik itu tokoh agama atau tokoh masyarakat lainnya dapat membentuk karaketer anak sesuai lingkungannya.

Terpopuler

“Sehingga ketiganya tidak terpisahkan, antara keluarga, sekolah, dan masyarakat. Jika ketiganya memiliki porsi yang seimbang, maka insyaallah pembentukan karakter akan semakin menguatkan pendidikan,” jelasnya. (AC560)