Jaga Inflasi, BI Cirebon dan TPID Gelar Pasar Murah

0
45

Cirebon,- Upaya menjaga inflasi, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon menyelenggarakan kegiatan pasar murah komoditas pangan dan mini Expo UMKM WUBI di Halaman Keraton Kacirebonan, Rabu (2/5/2018).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, 2-3 Mei 2018, bekerja sama dengan Pemeritah Daerah Kota Cirebon dan Stakeholders terkait bulog, PPI, hiswana migas, dan perbankan.

Aston Hotel

Kegiatan tersebut dibuka oleh Penjabat Wali Kota Cirebon, Sultan Kacirebonan, Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi KPw BI Cirebon, Kapolres Cirebon Kota, Dandin 0614, Kepala OJK Cirebon, dan stakholder terkait.

Rawindra Ardiansah, kepala tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi KPw BI Cirebon mengatakan kegiatan pasar murah bertujuan membuat masyarakat merasa nyaman terkait produk-produk sembako.

“Kami ingin meyakinkan masyarakat bahwa harga-harga sembako menjelang Ramadan tidak ada kenaikan,” ujarnya.

“Jadi masyarakat jangan panik dan stoknya pun ada,” imbuhnya.

Terkadang, menurutnya, masyarakat merasa panik dan khawatir bila menjelang Ramadan, membeli sembako melebihi kebutuhan itu yang kadang-kadang membuat harga naik.

“Kami ingin memberi pesan kepada warga bahwa harga saat ini masih dalam batas wajar, rata-rata tidak naik, dan kordinasi dengan baik,” ungkapnya.

Kegiatan pasar murah komoditas yang dilakukan oleh KPw BI Cirebon biasanya diselenggarakan saat Ramadan. Namun kali ini sebelum Ramadan agar dipengaruhi sebelum harga naik.

“Jangan sampai harga sudah naik naik tetapi baru mulai gerak dengan digelarnya pasar murah,” jelasnya.

Selain ada pasar murah, kegiatan di Kacirebon dimeriahkan dengan Mini Expo terkait kebutuhan beberapa masyarakat seperti buku tulis, busana muslim dan masih dibatasi hanya UMKM Binaan Bank Indonesia Cirebon.

Bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang, KPw BI Cirebon membuka penukaran uang selama dua hari acara dengan pecahan kecil. Ada juga penyuluhan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cirebon.

Terpopuler

Ia menambahkan, untuk penukaran uang akan dilakukan juga menjelang lebaran. “Penukaran uang ini bertujuan agar uang yang beredar di masyarakat layak edar,” tandasnya. (AC212)