Gelaran Porprov XIV Tahun 2022 Resmi Dimulai, Kontingen Kota Cirebon Siap Bertanding

Ciamis,- Kabupaten Ciamis sukses membuat decak kagum kontingan Porprov XIV Jabar 2022 di Stadion Galuh, Sabtu (12/11/2022) malam. Meski jelang detik-detik pembukaan Porprov hujan, namun tidak menyurutkan atlet, official, manajer, Forkopimda Jabar dan tamu undangan untuk mengikuti peresmian pembukaan Porprov yang dibuka Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanunul Ulum.

Ciamis sebagai tuan rumah pembukaan Porprov tampak siap dalam seremonial pembukaan tersebut dengan penampilan sejumlah kesenian tradisional serta dimeriahkan dengan grup band ibu kota, Jamrud.

Ketua Porprov XIV Jabar 2022, Budiana mengatakan dalam event ini ada 78 sub cabang olahraga (cabor) dengan total 1.044 medali. Lanjut Budiana, gelaran Porprov 2022 ini dilaksanakan di tiga kota.

“Sampai saat ini, sudah ada 980 medali yang diperebutkan dari total 1.044 medali yang disiapkan. Sementara ada tiga daerah sebagai tempat penyelenggaraan Porprov tahun 2022, ada Kabupaten Ciamis, Kabupaten Subang, dan Kota Bandung,” ujar Budiana dalam keterangan yang diterima About Cirebon, Minggu (13/11/2022).

BACA YUK:  Dewan Energi Nasional Berikan Dua Penghargaan Pengembangan Energi Bersih untuk Jawa Barat

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat dan Ketua KONI Jabar yang telah mempercayakan Ciamis sebagai tuan rumah Porprov XIV tahun 2022.

“Ini merupakan penghargaan bagi warga Ciamis. Selamat bertanding dengan menjunjung tinggi serta sportivitas. Mohon maaf bila dalam penyelenggaraan Porprob ini jauh dari kata sempurna,” katanya.

Sementara itu, Ketua KONI Jabar, Ahmad Saefudin menjelaskan Porprov tahun 2022 ini diikuti 13.050, serta 21 ribu sumber daya manusia yang terlibat dalam penyelenggaraan Porprov tahun 2022. Dari jumlah atlet yang terlibat, kata Saefudin, 12 ribu merupakan atlet junior.

“Itu artinya sudah terbentuk bibit-bibit atlet muda yang akan menggantikan atlet senior untuk selanjutnya mewakili Jabar dalam PON di Aceh mendatang. Kami bangga dan terima kasih kepada bupati dan wali kota se- Jabar yang telah memberikan bakti olahraga untuk Jawa Barat,” jelanya.

Dengan anggaran yang terbatas dan pasca Pandemi COVID-19, kata Saefudin, kegiatan Pekan Olahraga Provinsi bisa terlaksana. Sehingga, pihaknya berharap dengan Porprov XIV tahun 2022, menghasilkan prestasi untuk Jawa Barat, Nasional, dan Internasional.

BACA YUK:  Vermin Gelora Lengkap, BMW Apresiasi Kerja DPD dan Pengurus di Cirebon-Indramayu

Gubernur Jabar yang diwakili Wakil Guber Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada panitia, khususnya Bupati Ciamis yg telah menyelenggarakan Porprov dengan luar biasa. Komitmen dan kebersamaan Pemprov dan pemda-pemda seluruh Jabar sehingga memghasilkan penyelenggaraan Porprov dengan lancar.

“Jabar harus memperpertahankan juara umum PON. Setelah juara umum PON di Jabar dan Papua, pada pelaksanaan PON nanti yang akan diselenggarakan di Aceh harus juara lagi sehingga hattrick. Jadi prestasi harus maksimal dalam PON di Aceh,” jelasnya.

“Pada Porprov ini Jawa Barat harus menghasilkan atlet yang berkualitas untuk meraih prestasi di PON Aceh nanti,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua KONI Kota Cirebon Hj. Wati Musilwati mengaku bersyukur bisa memberangkatkan cabor yang lolos BK dan memberangkatkan kontingen Kota Cirebon dalam Porprov XIV tahun 2022. Dengan segala dinamikanya, lanjut Wati, KONI mampu mempersiapkan kontingen Kota Cirebon dalam ajang Porprov ini.

BACA YUK:  Kontingen Kota Cirebon Siap Berlaga di Pekan Paralimpik Daerah Tingkat Jawa Barat Tahun 2022

“Kami berharap penyelenggaraan olahraga tidak dikotori oleh hal-hal yang menciderai pembinaan. Karena menjunjung tinggi sportivitas itu bukan sekadar lips servis. Sebab, kegiatan olahraga ini cara paling ampuh membangun pribadi dan karakter yang jujur,” ujar Wati.

Menurut Wati, olahraga itu identik dengan sportivitas. Contohnya, ketika berlaga di arena benar-benar bertarung namun setelah itu kembali bersahabat dan tetap menjaga bersilaturahmi.

“Di lapangan bertanding dan bersaing tapi setelah itu kembali berangkulan,” imbuh dia.

Sedangkan Sekda Kota Cirebon Agus Mulyadi yang ikut defile rombongan kontingen Kota Udang mengaku mengapresiasi KONI yang telah mempersiapkan kontingen Kota Cirebon dengan sangat baik.

“Semoga teman-teman KONI, atlet, manajer, pelatih dan official tetap menjaga kesehatan. Kami menghaturkan terima kasih kepada mereka yang telah bekerja keras dan semoga capaiannya sesuai target,” singkat Agus. (HSY)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *