Disdukcapil Kota Cirebon Luncurkan Program Klakon Gawe Bungah, Ini Layanannya

0
45

Cirebon,- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon meluncurkan program Inovasi Pelayanan Kependudukan yang membahagiakan masyarakat Kota Cirebon.

Program yang diluncurkan yakni “Klakon Gawe Bungah” diluncurkan di Ruang Adipura, Balai Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kamis (11/7/2019).

Aston Hotel

Anan Suyitno, selaku Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Cirebon program Klakon Gawe Bungah ini dibagi menjadi tiga pelayanan yaitu Klakon Dadi Siji, Klakon Ngalih, dan Klakon Teka.

“Jadi, masyarakat tidak perlu lagi membuat KK atau KTP satu persatu, tetapi bisa langsung sekaligus,” ujarnya usai peluncuran program Klakon Gawe Bungah.

Anan menjelaskan, untuk Klakon Dadi Siji ini adalah pelayanan Kartu Keluarga (KK) yang terintegritas, ada empat jenis paket yakni paket kelahiran, paket perkawinan, paket perceraian, dan paket kematian.

“Seperti contoh paket kelahiran yang akan mendapatkan akte kelahiran, KK, dan Kartu Identitas Anak (KIA) dan paket Kematian akan mendapat akte Kematian, KK dan KTP Elektronik yang sudah berubah statusnya,” bebernya.

Kemudian Klakon Ngali, lanjut Anan, program ini warga akan mendapatkan surat keterangan pindah Warga Negara Indonesia dan KK.

“Sedangkan Program Klakon Teka, masyarakat akan mendapat surat keterangan domisili, KK, dan KTP Elektronik,” jelasnya.

“Sehingga tidak perlu lagi masyarakat bolak balik untuk mengurus. Mereka sudah langsung mendapatkan satu paket,” imbuhnya.

Untuk pelayanan Program Klakon Gawe Bunga Disdukcapil Kota Cirebon tidak dipungut biaya alias gratis, selama persyaratan yang harus dilengkapi semuanya lengkap.

“Program ini juga tergantung kepada ketersediaan blangko dan jaringan komunikasi data,” tandasnya. (AC212)