Cirebon Ngobeng Yuh, Hari Jadi Cirebon ke-653 Ada Berbagai Kegiatan Mulai 15 – 31 Juli 2022

Cirebon,- Hari Jadi Cirebon ke-653 tahun 2022 mengusung tema “Cirebon Bersama, Saling Membantu dalam pemulihan pasca Pandemi COVID-19”. Dengan tagline “Cirebon Ngobeng Yuh” rangkaian hari jadi Cirebon akan berlangsung pada 15 – 31 Juli 2022.

Berbagai kegiatan akan diselenggarakan pada Hari Jadi Cirebon ke-653. Kegiatan juga akan digelar di beberapa titik di Kota Cirebon.

Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis mengatakan Kota Cirebon akan melaksanakan hajatan dalam rangka Hari Jadi Cirebon ke-653. Rangkaian kegiatan, lanjut Azis, akan dimulai pada tanggal 15 – 31 Juli 2022.

“Selama dua Minggu nanti dari tanggal 15-31 Juli 2022 akan ada kegiatan. Puncak malam syukuran akan diselenggarakan pada 31 Juli 2022,” ujar Azis di Rumah Dinas Wali Kota Cirebon, Selasa (5/7/2022).

BACA YUK:  Ribuan Masyarakat Hadiri Cirebon Bersholawat dan Haul Syekh Syarif Hidayatullah

Dalam kesempatan tersebut, Azis meminta kepada media menjadi bagian dari kepanitian Hari Jadi Cirebon yang menginduk kepada koordinator di Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS). Tugasnya, kata Azis, menginformasikan kepada dunia bahwa Kota Cirebon sedang melaksanakan hajatan memperingati Hari Jadi Cirebon ke-653.

“Kegiatan-kegiatan nanti banyak sekali yang melibatkan masyarakat dan kegiatan yang berorientasi pada tradisional, religius, namun tetap diwarnai dengan modernisasi. Teknologinya ada, kegiatannya tetap tradisional, religius, namun dibungkus oleh modern,” ungkap Azis.

Salah satu contoh kegiatannya agar dikenal oleh nasional, menurut Azis, sudah dipersiapkan dengan melibatkan masyarakat Indonesia. Seperti contoh kegiatan tersebut yakni Pagelaran Budaya Nusantara.

BACA YUK:  Meriahkan Hari Jadi Cirebon, Metland Hotel Cirebon Berikan Diskon Hingga 65,3 Persen

“Kita akan mengundang duta kesenian dari Bali, Madura, Yogyakarta, hingga wilayah III Cirebon. Itu sarana agar kegiatan ini bisa dikenal oleh nasional,” jelas Azis.

“Selain itu kita juga akan menyelenggarakan event lari 10K. Kita juga mengundang pelari dan atlet nasional, sehingga mata dunia dan mata Indonesia melihat ada sebuah peristiwa di Kota Cirebon, yaitu Hari Jadi Cirebon ke-653,” tambah Azis.

Rangkaian kegiatan Hari Jadi Cirebon ke-653, menurut Azis, lokasinya tidak hanya digelar di satu titik, tetapi kegiatan hari jadi akan disebar di beberapa titik. Seperti Pagelaran Wayang Golek akan diselenggarakan di Lapangan Kesambi, Cirebon Bersholawat akan digelar di Lapangan Kebon Pelok, ada juga kreasi pelajar diselenggarakan di Gedung Negara.

BACA YUK:  Jelang Iduladha, Pemda Kota Cirebon dan BI Sosialisasi Pelaksanaan Kurban

“Untuk pentas budaya akan diselenggarakan di Alun-alun Kasepuhan. Jadi sengaja lokasi kegiatannya kita sebar dan yang paling dahsyat yaitu kegiatan Cirebon Memayu,” kata Azis.

Kegiatan Cirebon Memayu ini, Azis berharap semua masyarakat ikut terlibat dalam dalam kegiatan ini. Cirebon Memayu ini bagaimana membuat Kota Cirebon sebuah tempat yang cantik dan kemudian wisatawan senang singgah di Kota Cirebon.

“Kegiatannya itu nanti membuat kerja bakti bersama, membuat Cirebon Padang, dan lain sebagainya. Itu melibatkan masyarakat, maka taglinenya pun Cirebon Ngobeng Yuh,” pungkasnya. (HSY)

(Dilihat: 262 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.