Terapkan Strategi “The Power Of Three With AIA Vitality”, AIA Konsisten Tingkatkan Kualitas dan Produktivitas Life Planner

Bali,- PT AIA FINANCIAL (AIA), asuransi jiwa terdepan dan terpercaya di Indonesia mencatatkan total pendapatan sebesar Rp15,9 triliun sepanjang 2021, dengan hampir 30% diantaranya berasal dari kontribusi jalur distribusi keagenan. Pada 2021, bisnis keagenan AIA juga tumbuh 24% dimana kenaikan jauh lebih tinggi dari industri.

Dengan strategi solid, jalur distribusi Agency juga mencatatkan pertumbuhan di semester pertama 2022 Agency untuk beberapa key metrics. Dari sisi ANP atau premi yang disetahunkan, Agency mengalami pertumbuhan sebesar 51% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kenaikan ANP ini didukung oleh pertumbuhan active agent yang secara rata-rata tumbuh sebesar 26% dan pencapaian MDRT tumbuh 89%.

Secara keseluruhan, saat ini AIA memiliki lebih dari 5.000 Life Planner berlisensi yang telah menjadi mitra tepercaya, berkualitas dan profesional bagi nasabah. Jumlahnya diestimasi akan terus bertambah. Sepanjang 2022 saja, AIA telah mencatat pertumbuhan rekrutmen Life Planner baru sebesar 40%, dengan rata-rata peningkatan agen aktif yang baru hingga 45%, bahkan jumlah leader baru melonjak sampai 351%.

Bagi AIA, jalur distribusi keagenan telah menjadi bagian sejarah penting perusahaan. Kantor agensi AIA yang menjadi cikal bakal berdirinya AIA Group didirikan lebih dari seabad lalu (pada 1919 di Shanghai, China).

BACA YUK:  Revitalisasi Pabrik Gula Di Jawa Barat Akan Dilaksanakan Tahun 2023 - 2024

Oleh karena itu, AIA terus fokus untuk tingkatkan kualitas Life Planner untuk membantu jutaan keluarga di Indonesia hidup lebih sehat, lebih lama, lebih baik salah satunya melalui acara Mid Year Kick Off 2022 dengan tema TEAM UP (Together Everyone Achieve More) sejalan dengan semangat kolaborasi dan gotong royong untuk mencapai kesuksesan.

Direktur Keagenan AIA, Indrasena Patmawidjaja menyampaikan, “Hari ini, kami menggelar acara Kick Off Agency yang untuk pertama kalinya sejak pandemi dilakukan secara offline di Bali bersama para Life Planner AIA yang berasal dari seluruh Indonesia. Kick Off seperti ini kami adakan setiap kuartal untuk memaparkan strategi bisnis dan inisiatif penting untuk mendukung performa bisnis para Life Planner AIA di seluruh Indonesia untuk tahun 2022 ini.

Tahun ini, kami mengaplikasikan strategi The Power of Three with AIA Vitality yaitu (1) Recruitment (2) Activate (3) Promote untuk memastikan kinerja jalur keagenan bertumbuh semakin solid dan berkelanjutan. Pada pilar Recruitment, konsentrasi kami bukan hanya pada peningkatan jumlah Life Planner, tetapi sangat menitikberatkan pada kualitas new recruit. Sebab, dalam industri asuransi, kualitas layanan Life Planner menjadi faktor penting untuk memastikan kepuasan dan kepercayaan nasabah – baik dari sisi sumber daya manusia, sisi produk yang ditawarkan, hingga sisi inovasi digital.

BACA YUK:  Rencanakan Keuangan Masa Depan, Asuransi Jadi Solusi Penting Hindarkan Risiko Finansial

Sementara pada pilar Activate, kami memastikan Life Planner yang baru bergabung terus aktif secara konsisten, dan bisa mendapatkan pendapatan serta pengembangan karir sesuai dengan aspirasi mereka.

Terakhir, pada pilar Promote, AIA juga menjalankan program HiPo atau High Performing High Potential untuk meningkatkan kualitas para Life Planner sebagai seorang leader untuk mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan,” ujar Indrasena.

Strategi The Power of Three juga didukung dengan AIA Vitality, platform aplikasi kesehatan dan kebugaran (health and wellness) yang terhubung dengan layanan inti produk proteksi AIA untuk memotivasi gaya hidup sehat nasabah. Dengan AIA Vitality, engagement Life Planner AIA dengan nasabah terbukti meningkat hingga 50%.

Indrasena menambahkan, “Di AIA, kami tidak lagi menyebut tenaga pemasar kami sebagai agen asuransi karena peran mereka bukan sekadar menjual atau memasarkan produk asuransi. Lebih dari itu, Life Planner AIA membantu nasabah merencanakan kehidupannya sekaligus terlibat dalam perubahan gaya hidup sehat”.

Krusialnya peran Life Planner mendorong AIA untuk mengalokasikan investasi sebesar Rp1,7 triliun untuk menggagas AIA Premier Academy. Diluncurkan pada 2019, program unggulan berkelas dunia ini merupakan “the best in class agency ecosystem” yang mampu melahirkan tenaga-tenaga pemasar berkualitas di industri asuransi.

BACA YUK:  Manulife Mulia Putri Agency Edukasi tentang Pentingnya Asuransi dan Peluang Karir bersama Komunitas CBW

Berkat Life Planner yang berkualitas dan solid, AIA berhasil mencatat pertumbuhan kuat perusahaan sepanjang 2021 dengan membukukan pengelolaan aset sebesar Rp55 triliun dan dipercaya mengelola total dana investasi nasabah (total aset investasi) sebesar Rp50 triliun.

AIA juga mencatat total pendapatan sebesar Rp15,9 triliun dan telah membayarkan total klaim kepada nasabah sebesar Rp11,49 triliun sebagai komitmen utama AIA sebagai perusahaan asuransi terpercaya di Indonesia.

AIA merupakan perusahaan asuransi jiwa dengan keuangan yang sehat, dibuktikan dengan tingkat rasio solvabilitas yang mencapai 660%, jauh di atas ketentuan pemerintah yaitu 120%.

Memiliki Life Planner paling produktif dan paling berkomitmen telah membuat AIA dinobatkan sebagai perusahaan dengan jumlah member Million Dollar Round Table (MDRT) yang merupakan perkumpulan para profesional asuransi berlisensi internasional, terbanyak selama 7 tahun berturut-turut. Untuk menjadi member MDRT, seorang agen harus memenuhi premi minimum yang ditentukan oleh pengurus MDRT.

Di AIA Indonesia sendiri, member MDRT berjumlah lebih dari 200 anggota dan potensi pertumbuhannya sangat besar hampir 100% hingga akhir 2022 ini. (*)

(Dilihat: 29 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.