Kamis, 28 Januari 2021

Bulan Agustus 2019, Kota Cirebon Alami Inflasi Sebesar 0,24 Persen

Populer

Sensasi Makan Durian Montong Petik Langsung dari Pohon di Kopi Montong

Cirebon,- Berada di ketinggian 150 meter di atas permukaan laut (MDPL), agrowisata durian Kopi Montong yang berlokasi di Sindang...

Saung Kopi Gowes Hadir di Jalur Favorit Bersepeda, ini Konsepnya⁣

Cirebon,- Berada di jalur favorit bersepeda dengan view pesawahan dan berlatar gunung Ciremai, Sakowes (Saung Kopi Gowes) hadir untuk...

Program Jelajah Rasa, Kandang Ayam Hadirkan Menu Korean Taste⁣⁣⁣

⁣⁣Cirebon,- Kandang Ayam Resto yang yang berlokasi di Jalan Sudarsono No. 281A, Kota Cirebon, pada Januari 2021 menghadirkan program...

Agrowisata dan Edukasi Griya Hidroponik Tawarkan Konsep Petik Sendiri⁣

Cirebon,- Griya Hidroponik Cirebon yang berada di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa, Kedawung, Kabupaten Cirebon menjual segala macam produk sayuran...

Vinotel Cirebon Sudah Bisa Terima Tamu

Cirebon, 7 September 2016 - Cirebon yang sedang berkembang membuat bisnis hotel budget semakin menjamur. Salah satunya, Vinotel Hotel...

Cirebon,- Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Cirebon merilis pada Agustus 2019, Kota Cirebon mengalami inflasi sebesar 0,24 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 131,94.

1. Alami Inflasi

Kepala BPS Kota Cirebon, Joni Kasmuri mengatakan dari 7 kota pantauan IHK di Provinsi Jawa Barat, tercatat 6 kota mengalami inflasi dan 1 kota mengalami deflasi.

Loading...

“Inflasi tertinggi terjadi di Kota Bandung 0,61 persen dan terendah terjadi di Kota Tasik 0,04 persen,” ujarnya dalam siaran tertulis, Rabu (4/9/2019).

“Sementara itu, yang mengalami deflasi terjadi di Kota Sukabumi sebesar 0,04 persen,” imbuhnya.

Lanjut Joni, Kelompok yang memberikan andil inflasi terbesar di Kota Cirebon adalah pendidikan, rekreasi, dan olahraga sebesar 0,2142 persen.

BACA YUK:  Polresta Cirebon Bantu Bersihkan Sisa Puing Bencana Puting Beliung di Desa Slangit

“Kalau di Subkelompok kan, yang memberikan andil inflasi terbesar yaitu pendidikan sebesar 0,1998 persen,” terangnya.

Sedangkan, tambah Joni, Provinsi Jawa Barat mengalami inflasi 0,39 persen dan Nasional mengalami inflasi 0,12 persen.

Baca Yuk: Pada Bulan Mei 2019, Kota Cirebon Alami Kenaikan Inflasi Sebesar 0,37 Persen

2. Perbandingan Inflasi Tahunan

Tingkat inflasi tahun kalender Agustus 2019 dan tingkat inflasi tahun ke tahun Agustus 2019 terhadap Agustus 2018, masing-masing sebesar 1,51 persen dan 2,33 persen.

“Pada periode yang sama, Agustus 2018 terjadi deflasi sebesar 0,32 persen,” bebernya.

Sedangkan, untuk tingkat inflasi tahun kalender Agustus 2018 dan tingkat inflasi tahun ke tahun Agustus 2018 terhadap Agustus 2017, masing-masing sebesar sebesar 1,98 persen dan 2,65 persen.

3. Inflasi Menurut Kelompok Pengeluaran

Pada bulan Agustus 2019, kata Joni, empat kelompok pengeluaran mengalami inflasi dan tiga kelompok pengeluaran mengalami deflasi.

Empat kelompok yang mengalami inflasi yakni kelompok makanan jadi, kelompok perumahan, kelompok pendidikan, dan kelompok sandang.

BACA YUK:  Kapolresta Cirebon, Dandim 0620, dan Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Tinjau Lokasi Banjir

Sedangkan untuk tiga kelompok yang mengalami deflasi yaitu kelompok bahan makanan, kelompok kesehatan, dan kelompok transpor.

Joni menjelaskan untuk kelompok makanan jadi seperti minuman, rokok dan tembakau mengalami inflasi sebesar 0,15 persen. Kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar mengalami inflasi sebesar 0,02 persen. Kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga mengalami inflasi sebesar 2,91 persen, dan Kelompok sandang mengalami inflasi sebesar 1,12 persen.

“Yang deflasinya, Kelompok bahan makanan deflasi sebesar 0,24 persen. Kelompok kesehatan deflasi sebesar 0,11 persen dan Kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan deflasi sebesar 0,06 persen,” jelasnya.

4. Perbandingan Inflasi dan Deflasi Antarkota IHK di Jawa

Dari dua puluh enam kota IHK di Pulau Jawa, menurut Joni, tercatat 21 kota IHK mengalami inflasi dan 5 kota IHK mengalami deflasi.

“Inflasi tertinggi terjadi di Kota Kudus sebesar 0,82 persen. Sementara inflasi terendah terjadi di Kota Madiun sebesar 0,04 persen,” kata Joni.

“Deflasi terjadi di Kota Kediri sebesar 0,23 persen dan deflasi terendah terjadi di Kota Tegal sebesar 0,02 persen,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

JNE Cabang Cirebon Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir

Cirebon,- JNE perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman, menyalurkan bantuan untuk korban banjir yang terjadi pekan lalu di Desa...

Revitalisasi Alun-Alun Kejaksan Cirebon Ditargetkan Selesai Februari

Cirebon,- Revitalisasi Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon ditargetkan rampung pada bulan Februari 2021 mendatang. Pembangunan Alun-alun Kejaksan yang bersumber dari dana hibah Provinsi Jawa Barat, saat...

8 Rumah Korban Puting Beliung Rampung Diperbaiki Kodim 0620/Kabupaten Cirebon

Cirebon,- Sebanyak 8 rumah di Desa Slangit, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon telah rampung diperbaiki oleh Kodim 0620/Kabupaten Cirebon. Sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat, Kodim...

Kota Cirebon Terapkan PSBB Secara Proposional Sampai 8 Februari 2021

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) secara proposional selama 14 hari dalam rangka penanganan Covid-19 di Kota Cirebon. Pembatasan aktivitas...

More Articles Like This