Sabtu, 18 September 2021

Bulan Agustus 2019, Kota Cirebon Alami Inflasi Sebesar 0,24 Persen

Populer

Fenomena Ribuan Burung Pipit Mati di Bali, Terjadi Juga di Cirebon

Cirebon,- Setelah beberapa hari lalu terjadi di Pulau Bali, fenomena burung mati mendadak terjadi di Kota Cirebon. Ribuan Burung...

Tujuh Kecamatan di Kabupaten Cirebon Disurvei PT Pertamina Hulu Energi

Cirebon,- Kabupaten Cirebon dijadikan sebagai lokasi penelitian pencitraan lapisan dan struktur melalui survei kebumian dimensi vibroseis sub vulkanik Jawa...

Pemerintah Izinkan Bioskop di PPKM Level 3 dan Level 2 Dibuka, Tapi Ada Syaratnya

Jakarta,- Pemerintah akhirnya mengizinkan bioskop beroperasi di Jawa dan Bali. Hal ini diungkapkan oleh Koordinator PPKM Jawa dan Bali Luhut...

Sample Burung Pipit Mati Mendadak di Balaikota Cirebon akan Dites dengan Metode PCR

Cirebon,- Tim medis veteriner dari Lab Kesehatan Masyarakat Veteriner Provinsi dan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota...

Saat Uji Coba di Jalan Siliwangi Kota Cirebon, Petugas Masih Menemukan Kendaraan Parkir di Jalur Sepeda

Cirebon,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon mulai melakukan uji coba jalur khusus sepeda di sepanjang Jalan Siliwangi, Kota Cirebon,...

Cirebon,- Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Cirebon merilis pada Agustus 2019, Kota Cirebon mengalami inflasi sebesar 0,24 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 131,94.

1. Alami Inflasi

Kepala BPS Kota Cirebon, Joni Kasmuri mengatakan dari 7 kota pantauan IHK di Provinsi Jawa Barat, tercatat 6 kota mengalami inflasi dan 1 kota mengalami deflasi.

Loading...

“Inflasi tertinggi terjadi di Kota Bandung 0,61 persen dan terendah terjadi di Kota Tasik 0,04 persen,” ujarnya dalam siaran tertulis, Rabu (4/9/2019).

“Sementara itu, yang mengalami deflasi terjadi di Kota Sukabumi sebesar 0,04 persen,” imbuhnya.

Lanjut Joni, Kelompok yang memberikan andil inflasi terbesar di Kota Cirebon adalah pendidikan, rekreasi, dan olahraga sebesar 0,2142 persen.

BACA YUK:  Grand Opening Meetime Rasain Cabang Ketiga di Majasem

“Kalau di Subkelompok kan, yang memberikan andil inflasi terbesar yaitu pendidikan sebesar 0,1998 persen,” terangnya.

Sedangkan, tambah Joni, Provinsi Jawa Barat mengalami inflasi 0,39 persen dan Nasional mengalami inflasi 0,12 persen.

Baca Yuk: Pada Bulan Mei 2019, Kota Cirebon Alami Kenaikan Inflasi Sebesar 0,37 Persen

2. Perbandingan Inflasi Tahunan

Tingkat inflasi tahun kalender Agustus 2019 dan tingkat inflasi tahun ke tahun Agustus 2019 terhadap Agustus 2018, masing-masing sebesar 1,51 persen dan 2,33 persen.

“Pada periode yang sama, Agustus 2018 terjadi deflasi sebesar 0,32 persen,” bebernya.

Sedangkan, untuk tingkat inflasi tahun kalender Agustus 2018 dan tingkat inflasi tahun ke tahun Agustus 2018 terhadap Agustus 2017, masing-masing sebesar sebesar 1,98 persen dan 2,65 persen.

3. Inflasi Menurut Kelompok Pengeluaran

Pada bulan Agustus 2019, kata Joni, empat kelompok pengeluaran mengalami inflasi dan tiga kelompok pengeluaran mengalami deflasi.

Empat kelompok yang mengalami inflasi yakni kelompok makanan jadi, kelompok perumahan, kelompok pendidikan, dan kelompok sandang.

BACA YUK:  Damkar Kota Cirebon Masih Temukan Fasilitas Pemadam Api yang Tidak Layak

Sedangkan untuk tiga kelompok yang mengalami deflasi yaitu kelompok bahan makanan, kelompok kesehatan, dan kelompok transpor.

Joni menjelaskan untuk kelompok makanan jadi seperti minuman, rokok dan tembakau mengalami inflasi sebesar 0,15 persen. Kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar mengalami inflasi sebesar 0,02 persen. Kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga mengalami inflasi sebesar 2,91 persen, dan Kelompok sandang mengalami inflasi sebesar 1,12 persen.

“Yang deflasinya, Kelompok bahan makanan deflasi sebesar 0,24 persen. Kelompok kesehatan deflasi sebesar 0,11 persen dan Kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan deflasi sebesar 0,06 persen,” jelasnya.

4. Perbandingan Inflasi dan Deflasi Antarkota IHK di Jawa

Dari dua puluh enam kota IHK di Pulau Jawa, menurut Joni, tercatat 21 kota IHK mengalami inflasi dan 5 kota IHK mengalami deflasi.

“Inflasi tertinggi terjadi di Kota Kudus sebesar 0,82 persen. Sementara inflasi terendah terjadi di Kota Madiun sebesar 0,04 persen,” kata Joni.

BACA YUK:  HSI Management Salurkan Bantuan Alat Prokes untuk Panti Asuhan dan Puskesmas

“Deflasi terjadi di Kota Kediri sebesar 0,23 persen dan deflasi terendah terjadi di Kota Tegal sebesar 0,02 persen,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

RajaBackLink.com

Latest News

Pemkab Cirebon Targetkan Bebas Sampah di 2024

Cirebon,- Pemerintah Kabupaten Cirebon terus berupaya untuk melakukan penanganan terkait sampah. Bahkan, Pemkab Cirebon menargetkan tahun 2024 wilayah Kabupaten...

Gandeng Punakawan, Sosialisasikan Pentingnya Protokol Kesehatan di Pasar Tradisional

Cirebon,- Satpol PP Jawa Barat bersama Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan (prokes). Caranya dengan melibatkan tokoh pewayangan...

Wanita Cantik Asal Cirebon Ini Memiliki Segudang Prestasi Biliar

Cirebon,- Cantik dan pintar bermain biliar, itulah gambaran yang cocok bagi Nony Krystianti Andilah. Wanita berkulit putih asal Cirebon ini memiliki segudang prestasi di...

Grand Opening Meetime Rasain Cabang Ketiga di Majasem

Cirebon,- Meetime Rasain Cirebon membuka cabang ketiganya di Jalan Perjuangan – Majasem No. A2 Kota Cirebon (tepatnya di depan halaman Sempoa SIP) pada Jum’at,...

More Articles Like This