Selasa, 12 November 2019

Bulan Agustus 2019, Kota Cirebon Alami Inflasi Sebesar 0,24 Persen

Populer

Begini Tradisi Pencucian Gong Sekati di Keraton Kanoman Cirebon Jelang Maulid Nabi

Cirebon,- Jelang peringatan maulid Nabi SAW, Keraton Kanoman Cirebon melaksanakan tradisi Pencucian Gong Sekati yang berlangsung di Langgar Alit...

Claudia Emmanuela Santoso Gadis Cirebon Masuk Final The Voice of Germany

Cirebon,- Gadis Asal Cirebon Claudia Emmanuela Santoso yang mengikuti ajang pencarian bakat The Voice of Germany lolos ke babak...

Sebagai Icon Baru, PT. KAI Daop 3 Cirebon Resmikan Monumen Mesin Mekanik VDM 800 GS, Ini Bentuknya

Cirebon,- Bertepatan Hari Pahlawan yang jatuh tanggal 10 November 2019, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Oprasional (Daop) 3...

Tim Ahli Cagar Budaya Teliti Batu Bata Diduga Peninggalan Candi di Indramayu

Indramayu,- Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) dan Pemerintah Kabupaten Indramayu mulai meneliti temuan batu bata bertanda tapak kaki anjing...

Rayakan Ulang Tahun ke-4, Cordela Hotel Cirebon Menggelar Berbagai Kegiatan Sosial

Cirebon,- Cordela Hotel Cirebon yang beroperasi sejak tahun 2015, kini memasuki usia yang ke-4. Untuk memperingati usia ke-4, Cordela...

Cirebon,- Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Cirebon merilis pada Agustus 2019, Kota Cirebon mengalami inflasi sebesar 0,24 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 131,94.

1. Alami Inflasi

Kepala BPS Kota Cirebon, Joni Kasmuri mengatakan dari 7 kota pantauan IHK di Provinsi Jawa Barat, tercatat 6 kota mengalami inflasi dan 1 kota mengalami deflasi.

“Inflasi tertinggi terjadi di Kota Bandung 0,61 persen dan terendah terjadi di Kota Tasik 0,04 persen,” ujarnya dalam siaran tertulis, Rabu (4/9/2019).

Loading...

“Sementara itu, yang mengalami deflasi terjadi di Kota Sukabumi sebesar 0,04 persen,” imbuhnya.

Lanjut Joni, Kelompok yang memberikan andil inflasi terbesar di Kota Cirebon adalah pendidikan, rekreasi, dan olahraga sebesar 0,2142 persen.

“Kalau di Subkelompok kan, yang memberikan andil inflasi terbesar yaitu pendidikan sebesar 0,1998 persen,” terangnya.

Sedangkan, tambah Joni, Provinsi Jawa Barat mengalami inflasi 0,39 persen dan Nasional mengalami inflasi 0,12 persen.

Baca Yuk: Pada Bulan Mei 2019, Kota Cirebon Alami Kenaikan Inflasi Sebesar 0,37 Persen

2. Perbandingan Inflasi Tahunan

Tingkat inflasi tahun kalender Agustus 2019 dan tingkat inflasi tahun ke tahun Agustus 2019 terhadap Agustus 2018, masing-masing sebesar 1,51 persen dan 2,33 persen.

“Pada periode yang sama, Agustus 2018 terjadi deflasi sebesar 0,32 persen,” bebernya.

Sedangkan, untuk tingkat inflasi tahun kalender Agustus 2018 dan tingkat inflasi tahun ke tahun Agustus 2018 terhadap Agustus 2017, masing-masing sebesar sebesar 1,98 persen dan 2,65 persen.

3. Inflasi Menurut Kelompok Pengeluaran

Pada bulan Agustus 2019, kata Joni, empat kelompok pengeluaran mengalami inflasi dan tiga kelompok pengeluaran mengalami deflasi.

Empat kelompok yang mengalami inflasi yakni kelompok makanan jadi, kelompok perumahan, kelompok pendidikan, dan kelompok sandang.

Sedangkan untuk tiga kelompok yang mengalami deflasi yaitu kelompok bahan makanan, kelompok kesehatan, dan kelompok transpor.

Joni menjelaskan untuk kelompok makanan jadi seperti minuman, rokok dan tembakau mengalami inflasi sebesar 0,15 persen. Kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar mengalami inflasi sebesar 0,02 persen. Kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga mengalami inflasi sebesar 2,91 persen, dan Kelompok sandang mengalami inflasi sebesar 1,12 persen.

“Yang deflasinya, Kelompok bahan makanan deflasi sebesar 0,24 persen. Kelompok kesehatan deflasi sebesar 0,11 persen dan Kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan deflasi sebesar 0,06 persen,” jelasnya.

4. Perbandingan Inflasi dan Deflasi Antarkota IHK di Jawa

Dari dua puluh enam kota IHK di Pulau Jawa, menurut Joni, tercatat 21 kota IHK mengalami inflasi dan 5 kota IHK mengalami deflasi.

“Inflasi tertinggi terjadi di Kota Kudus sebesar 0,82 persen. Sementara inflasi terendah terjadi di Kota Madiun sebesar 0,04 persen,” kata Joni.

“Deflasi terjadi di Kota Kediri sebesar 0,23 persen dan deflasi terendah terjadi di Kota Tegal sebesar 0,02 persen,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

CSB Fashion Week Jadi Indikator Live Style di Kota Cirebon

Cirebon,- CSB Fashion Week kembali digelar, mulai tanggal 11 - 16 November 2019 di Atrium Utama CSB Mall, Jalan...

Satlantas Polres Cirebon Kota Salurkan Air Bersih Sebanyak 18.000 Liter di Argasunya

Cirebon,- Satuan Lalu Lintas Polres Cirebon Kota kembali melakukan bakti sosial pemberian bantuan air bersih di wilayah Kedung Jumbleng, Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota...

Nikmati Promo Spa Coklat Hanya di Artha Spa Aston Cirebon Hotel

Cirebon,- Coklat merupakan makanan atau minuman yang disukai oleh banyak orang, mulai dari anak kecil hingga orang tua. Bahkan, coklat sudah menjadi rahasia umum...

EB Batik Tradisional Kenalkan Koleksi Terbaru di CSB Fashion Week 2019

Cirebon,- Puluhan koleksi terbaru dari EB Batik Tradisional diperkenalkan melalui peragaan busana dalam acara CSB Fashion Week 2019, yang berlangsung di Atrium CSB Mall,...

RSIA Cahaya Bunda Berikan Special Gift Kepada Para Pasien

Cirebon,- Setelah sukses menggelar berbagai rangkaian di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-5, Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Cahaya Bunda kembali menghadirkan program special...

More Articles Like This