Awas, Banyak ‘Vampir Listrik’ di Rumah Kita

Jakarta, 26 Oktober 2016,- Ternyata ada banyak sekali ‘vampir listrik’ di sekeliling kita. Vampir listrik adalah alat-alat elektronik yang masih menghisap energi walau sudah dimatikan, atau standby power. Vampir listrik membuat kita boros energi, tagihan listrik menjadi mahal.

Vampir listrik di rumah-rumah misalnya lampu di dekat jendela yang terus menyala meski siang hari, juga peralatan elektronik yang kerap dibiarkan terus dalam keadaan standby seperti Air Conditioner (AC), televisi, decoder, stereo set, home theater, modem internet, dan charger handphone.

BACA YUK:  IPPAT, INI dan Pemda Kota Cirebon Serahkan 400 Paket Sembako Untuk Anak Yatim dan Dhuafa

“Vampir listrik ini nyedot nggak terasa, sedikit tapi jadi banyak. seperti charger handphone mungkin dalam semalam bisa 5 Watt (W) per jam, jadi 50 W,” ujar Pengamat yang juga Wartawan Ekonomi Nasional, Muchamad Ghufron kepada AboutCirebon Biro Jakarta, Rabu (26/10/2016).

Vampir listrik muncul karena kebiasaan-kebiasaan sederhana. Seperti setelah mengisi baterai handphone, banyak orang yang tidak mencabut charger, hanya mencabut handphone-nya. Padahal, charger yang tak dicabut memakan listrik 1 W/jam. Kebiasaan lainnya, pengguna televisi berbayar sering tidak mematikan decoder.

BACA YUK:  Info Loker : RS Sumber Kasih

Menyalakan AC pada suhu yang sangat dingin, misalnya 16 derajat Celcius, juga membuat listrik jadi boros karena setiap penurunan 1 derajat Celcius, konsumsi listrik AC bertambah 6%.

Untuk mengusir vampir energi dari rumah, caranya gampang ubah kebiasaan-kebiasaan memboroskan energi. (AC250)

(Dilihat: 28 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.