Penanaman Pohon Jamblang dan Gayam di Taman Kehati Kota Cirebon

Cirebon,- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia tahun 2021. Kegiatan yang berlangsung di Taman Kehati (Keaneka Ragaman Hayati) di Jalan Pramuka, Kota Cirebon, Selasa (29/12/2021).

Penanaman pohon dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Agus Mulyadi, Kepala DLH Kota Cirebon Kadini, Camat Harjamukti, dan tamu undangan. Menurut Sekda, penanaman pohon merupakan program strategis di Lingkungan Hidup, terutama untuk mewujudkan Cirebon Hijau.

“Kita punya beberapa taman, ada taman kota, termasuk di dalamnya memilik taman yang bertema tematik. Disini termasuk Taman Kehati, selain berfungsi untuk pembibitan, ruang terbuka hijau (RTH), fungsi pendidikan, tapi kita harapkan menjadi fungsi ekonomi,” ujar Agus di sela-sela kegiatan.

BACA YUK:  Dapat Laporan dari Medsos, 115 Botol Miras Diamankan

Agus meminta, fungsi pendidikan di Taman Kehati selain memiliki berbagai jenis pohon, bisa digabungkan dengan fungsi ekonomi. Agar, masyarakat atau anak-anak bisa melihat dan mengetahui jenis-jenis tanaman.

“Seperti tanaman Jamblang yang baru kita tanam, biar bisa menjadi sebuah telling story pendidikan untuk anak-anak. Dan kami ucapkan terima kasih atas dukungan dan sporting dari semua pihak,” ungkapnya.

Taman Kehati disebar di beberapa titik, seperti di Jalan Pramuka, Kopi Luhur, Bima, Taman Goa Sunyaragi, dan sekolah-sekolah. Agus meminta kepada calon Pegawai Negri Sipil dan yang sudah diangkat untuk memberikan donasi dalam bentuk pohon yang ditanam sendiri dan di pelihara sampai tumbuh optimal.

BACA YUK:  Inspirasi dari Majalengka : Bisa Produksi Penny Farthing Era 1880-an

“Setidaknya mereka sebuah momentum untuk menanam pohon. Kita harapkan masyarakat juga di lingkungan masing-masing untuk menanam pohon produktif atau pohon-pohon yang punya fungsi,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kadini menambahkan penanaman pohon ini bertujuan untuk melestarikan bibit pohon yang ada di Cirebon. Bahkan, pihaknya sengaja menanam jenis pohon asli Cirebon.

“Kami sengaja menanam pohon Jamblang dan Gayam. Karena pohon Jamblang ini susah ditemui dan ini salah satu pohon Cirebon asli,” ujar Kadini.

Pohon Jamblang yang ditanam, kata Kadini, berjumlah 50 pohon. Namun, secara keseluruhan pohon yang ditanam di kegiatan hari ini berjumlah 5.000 bibit.

BACA YUK:  Hadiri Musancab PPP di Kota Cirebon, Wakil Gubernur Jabar : Kader Harus Punya Cita-cita Jadi Pemimpin

“Jadi tidak hanya pohon Jamblang, ada pohon jambu, pohon ketapang, pohon jati, pohon tabebuya untuk taman dan masih banyak lainnya,” katanya.

Terkait dengan sumber ekonomi yang dicanangkan oleh Sekda di Taman Kehati, menurut Kadini, pihaknya akan berkoordinasi dengan Camat Harjamukti. Nantinya, Taman Kehati akan diberikan fasilitas jogging track.

“Jadi setiap hari Minggu bisa berolahraga disini. Terus dari sisi ekonominya bisa ada yang berjualan disini. Seperti di Bima, jadi untuk daerah Selatan ada Taman Kehati,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 54 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.