5 Alasan Mengapa Anda Harus Investasi Emas Dari Sekarang

Seiring dengan terus berkembangnya trend fashion dari masa ke masa, muncul berbagai aksesoris dan perhiasan yang kini menjadi barang yang lumrah bagi masyarakat. Jika dahulu kita mengenal berbagai jenis logam mulia seperti emas sebagai perhiasan berharga dengan model yang monoton, hal tersebut sudah tidak berlaku lagi di masa sekarang ini. Saat ini sudah tersedia banyak sekali pilihan jenis dan model perhiasan berbahan emas yang bisa dipadukan dengan berbagai macam pakaian dan aksesoris fashion. Banyaknya bermunculan model perhiasan yang kekinian dan trendy membuat barang yang satu ini juga cukup diminati oleh kaum milenial. Bukan tanpa alasan, berbagai perhiasan sudah bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau dan bisa dibeli secara online.

Tidak berhenti sampai disitu, tentunya Anda juga mengetahui bahwa logam mulia berupa emas juga banyak dijadikan sebagai aset investasi jangka panjang. Bukan tanpa alasan, logam mulia yang satu ini secara umum memang selalu mengalami kenaikan harga dan sangat menjanjikan untuk dijual kembali di kemudian hari. Trend investasi emas ini juga digandrungi oleh kawula muda saat ini, baik dalam bentuk emas batangan atau dalam bentuk perhiasan. Bagi kaum milenial, investasi dalam bentuk emas selain menjanjikan di masa depan, juga memiliki nilai prestise tersendiri. Terlebih emas atau perhiasan tersebut tidak hanya sebagai aset simpanan saja, tapi juga bisa dipakai untuk berbagai kegiatan. Biasanya, kaum milenial ini cenderung lebih menyukai emas putih dibanding emas kuning. Alasannya adalah karena emas putih terlihat lebih simple, tidak mencolok, serta bisa dipadukan dengan berbagai jenis batu permata atau berlian karena warnanya yang netral. Anda bisa membeli emas putih dengan aman dan praktis melalui aplikasi Blibli. Sebelum itu, yuk simak 5 alasan mengapa Anda harus investasi emas dari sekarang!

BACA YUK:  Rapat Paripurna, DPRD Kota Cirebon Setujui Raperda Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga

Mempunyai Resiko yang Kecil

Selain emas, ada berbagai jenis aset investasi lain yang mungkin sudah Anda ketahui. Misalnya investasi saham, reksadana, pasar uang, hingga mata uang kripto. Akan tetapi, diantara beragam aset investasi tersebut, bisa dikatakan bahwa emas adalah aset investasi yang paling menjanjikan dan mempunyai resiko kerugian yang kecil. Seperti Anda ketahui, di masa pandemi yang belum usai ini tentu kita perlu memiliki tabungan dan aset jangka panjang sebagai cadangan jika sewaktu-waktu membutuhkan pengeluaran mendesak. Sayangnya, banyak investor pemula yang ikut-ikutan dengan trend saat itu sehingga banyak mengalami kerugian. Investasi emas jauh lebih aman dibanding jenis investasi lain, sebab Anda bisa mengukur berapa pertambahan atau penurunan nilai emas Anda. Anda hanya perlu menghitung selisih antara harga jual dan harga beli emas tersebut.

BACA YUK:  Jadwal Pemadaman Listrik di Kota Cirebon, 10 Mei 2022

Tahan Inflasi

Dalam keadaan inflasi, nilai harga suatu barang seringkali mengalami perubahan drastis yang membuat harganya menjadi anjlok. Keadaan tersebut sangat beresiko terhadap aset investasi berupa saham atau mata uang kripto. Akan tetapi hal tersebut tidak berlaku bagi logam mulia emas. Sejak dahulu, emas dikenal memiliki nilai yang stabil bahkan di tengah krisis ekonomi sekalipun. Harga emas cenderung memiliki ketahanan yang baik meskipun nilai mata uang di suatu negara mengalami kenaikan atau penurunan.

Foto : pixabay.com

Mudah Untuk Diinvestasikan

Kelebihan lain dari logam mulia emas ini adalah kemudahan dalam investasi. Apabila jenis investasi lain seperti saham, reksadana, atau mata uang kripto membutuhkan jasa pihak ketiga berupa manajer investasi atau platform penyelenggara, hal tersebut berbeda dengan emas. Untuk berinvestasi emas, Anda bisa lakukan dengan membuka tabungan khusus emas hingga membeli emas fisik yang bisa Anda simpan sendiri. Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah dalam merawat aset investasi Anda tanpa melalui proses yang rumit. Selain itu, jika Anda memilih membuka tabungan emas, Anda bisa mulai berinvestasi dengan biaya yang sangat terjangkau dan bisa Anda jual atau cairkan dalam bentuk emas fisik.

Mempunyai Nilai Prestise

Kelebihan lain dari investasi emas adalah mempunyai nilai prestise yang tinggi. Jenis investasi lain seperti saham dan reksadana tidak memiliki bentuk aset fisik, sehingga secara psikis kepuasan Anda mungkin saja tidak terlalu tinggi dibandingkan investasi emas fisik yang bisa Anda simpan sendiri. Investasi dalam bentuk emas bisa Anda miliki dengan membeli emas batangan fine gold atau dalam bentuk perhiasan seperti cincin, kalung, gelang, dan liontin. Apabila Anda memilih berinvestasi dalam bentuk perhiasan, tentunya selain sebagai aset jangka panjang, perhiasan tersebut juga bisa Anda pakai sebagai pemanis penampilan Anda, khususnya dalam acara-acara tertentu.

BACA YUK:  Seagate Memperbesar Kapasitas Penyimpanan dengan Game Drive Berlisensi Resmi untuk Konsol PlayStation 5 dan PlayStation 4

Permintaan Emas yang Tinggi

Alasan terakhir mengapa Anda harus mulai berinvestasi emas adalah karena emas merupakan jenis logam mulia dengan tingkat permintaan yang tinggi. Sejak dahulu, emas dikenal sebagai barang mewah yang bisa menggambarkan status sosial seseorang. Emas juga selalu mengalami kenaikan harga secara global akibat dari tingginya permintaan emas untuk berbagai kepentingan. Selain itu, logam mulia yang satu ini juga bisa diwariskan tanpa mengurangi nilai dari emas itu sendiri.

Itulah beberapa alasan mengapa Anda harus mulai investasi emas dari sekarang. Anda bisa menjadikan emas sebagai perhiasan sekaligus aset jangka panjang yang tahan inflasi dan punya nilai jual yang tinggi. Anda bisa menemukan dan membeli emas kuning dan emas putih melalui aplikasi Blibli. (*)

 

(Dilihat: 97 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.