Universitas Muhammadiyah Purwokerto Buka Tempat Pendaftaran di Cirebon

Cirebon,- Mendekatkan diri kepada calon mahasiswa, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) membuka layanan pendaftaran mahasiswa baru di Cirebon. Lokasi pendaftaran mahasiswa baru tersebut berada di Shelter Radio, Jalan Panembahan, Kabupaten Cirebon.

Lokasi pendaftaran mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Purwokerto di Shelter Radio Cirebon ini diresmikan oleh Rektor UPM, Ketua Kadin Kabupaten Cirebon, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, dan Shelter Radio, Selasa (7/6/2022).

Rektor UMP, Dr Jebul Suroso mengatakan UMP membangun kerjasama untuk pembukaan pendaftaran mahasiswa baru di Shelter Radio Cirebon. Kehadiran di Cirebon ini, lanjut Jebul, untuk memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat Cirebon yang akan kuliah di luar Cirebon, khususnya di UMP.

Dr Jebul Suroso, Rektor UMP

Saat ini, kata Jebul, UMP kami memiliki 49 program studi (Prodi), mulai dari kesehatan termasuk di dalamnya kedokteran, ekonomi bisnis, pendidikan, hukum, sastra dan lainnya. Selain itu, kami memberikan akses lebih yaitu beasiswa untuk masyarakat Cirebon.

BACA YUK:  Prakiraan Cuaca Kota Cirebon, 30 April 2022

“Kehadiran kami di Cirebon, di samping membuka akses dan kami memberikan kemudahan untuk mereka membuka studi di tempat kami. Termasuk kepada wartawan, kita siapkan beasiswa untuk wartawan khusus program magister,” ujar Jebul kepada About Cirebon.

Menurut Jebul, Cirebon merupakan salah satu kantong mahasiswa UMP, artinya memberikan perhatian lebih kepada masyarakat Cirebon untuk bisa kuliah di UMP. Selain itu, perbedaan UMP dengan lainnya yaitu ada beberapa hal yang berbeda.

“Pertama tentu reputasi program studi. Program studi kami¬† mayoritas unggul A dan baik, baik sekali dengan prespektif internasional. Kita ada 6 prodi kelas internasional dan ada juga yang sudah diakui oleh dunia internasional, sepeti pengembangan kelapa kopyor,” kata Jebul.

BACA YUK:  Ular Kobra Lepas Saat Dilakukan Sortir oleh Pihak Ekspedisi di Cirebon

“Yang berikutnya ada muatan entrepreneur. Ini menjadi salah satu keunggulan di UMP,” sambungnya.

UMP pada tahun 2022 ini meyiapkan 4.500 kursi untuk mahasiswa baru yang akan menempati di tiga kampus. Dari 4.500 kursi mahasiswa baru, pihaknya menargetkan untuk Cirebon sebanyak 15 persen.

“Kami targetkan 15 persen dari Cirebon bisa masuk. Karena Cirebon menjadi salah satu kantong kami. Saya punya keyakinan mahasiswa baru dari Cirebon bisa 15 persen bahkan lebih dari kuota yang disiapkan,” kata Jebul.

Untuk beasiswa, tambah Jebul, UMP menyiapkan sebesar Rp. 4,6 Milyar. Jika slot beasiswa untuk masyarakat Cirebon sebesar 20 persen, maka pihaknya menggelontorkan sebesar Rp. 800 – 900 juta pertahun.

“Kami memberikan beasiswa mulai dari beasiswa Hafidz Quran, Prestasi, Kader Muhammadiyah, Fakir Miskin, yatim piatu, Pusat Studi Dakwah, Polri, Bupati, dan Kokam,” pungkasnya.

BACA YUK:  Lulusan SD Kebon Baru VII, Rahmat Bagja Terpilih Menjadi Ketua Bawaslu RI 2022 - 2027

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Ronianto berharap kerjasama tersebut bisa ditingkatkan dengan kerjasama yang lain seperti KKN, pengabdian masyarakat dan lainnya.

“Kami juga memiliki rumah sakit pendidikan yang bisa digunakan untuk tempat praktik mahasiswa,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, masyarakat Cirebon bisa melanjutkan kuliahnya di UMP. Sekaligus bisa memanfaatkan beasiswa yang telah disediakan UMP.

“Mudah mudahan kerjasama ini bisa lebih banyak dan berlanjut ke Pemda Cirebon agar mahasiswa bisa transfer ilmu disini,” jelasnya.

Sementara itu Station Manager Shelter FM Helmi menambahkan dijadikanya Shalter FM menjadi tempat penerimaan mahasiswa baru.

“Ini merupakan inofasi yang sangat luar biasa. Masyarakat Cirebon bisa kuliah di UMP bisa lebih mudah dan dekat. Atau visa akses di web www.pmb.ump.ac.id ,” pungkasnya. (HSY)

(Dilihat: 65 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.