Turnamen Terbuka Youth Basketball Association 2022 Saring Bibit Atlet Sejak Dini

Cirebon – Dalam upaya mencari bibit atlet basket sejak dini. GMC Arena Cirebon kembali menggelar Turnamen Terbuka Youth Basketball Association (YBA) 2022, mulai tanggal 12–30 Desember 2022 di GMC Arena Cirebon.

Sebanyak 36 tim dari berbagai daerah di Indonesia akan bertanding dalam YBA Winter 2022 kali ini. Mereka terbagi dalam Kelompok Umur (KU)-10, KU-12, KU-14, KU-16, KU-18, dan KU-23. Bahkan, ada pula Tim dari Selangor Malaysia yang akan bertanding di KU-23.

Ketua Penyelenggara YBA Winter 2022, Njoo Lie Wen atau Wahyu Gunarto mengatakan, turnamen ini merupakan yang ke-11. Melalui kegiatan ini, diharapkan bisa menjadi wadah agar prestasi basket GMC dan Kota Cirebon semakin maju.

Pembukaan Turnamen Terbuka Youth Basketball Association 2022

“Saya bersyukur para peserta dalam YBA ini sangat antusias di tengah banyak turnamen basket di Indonesia. Kami terus berupaya untuk meningkatkan mutu pertandingan agar semakin baik,” ujar Wahyu di sela-sela seremoni pembukaan YBA Winter 2022 di GMC Arena Cirebon, Senin (12/12/2022)

BACA YUK:  Pada November 2022, Kota Cirebon Mengalami Inflasi Sebesar 0,09 Persen

Masih dijelaskannya, turnamen yang berkelas nasional ini juga diharapkan bisa membuka wawasan para pebasket di Kota Cirebon agar lebih memotivasi menambah jam terbang lebih professional.

Sementara, Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi), Danny Kosasih mengatakan, nilai-nilai dalam olahraga bukan hanya tentang kemenangan, tetapi juga persaudaraan.

Ia mencontohkan upaya kakak-adik Wahyu Gunarto (Njoo Lie Wen) dan Arif Gunarto (Njoo Lie Fan) dalam pembinaan olahraga basket di Indoneisa. Keduanya konsen untuk menggelar berbagai event dan mencetak atlet-atlet basket berbakat.

BACA YUK:  Anniversary ke-5 Tahun, ELLEQUINN Launching Ellequinn Hair Studio dan Tawarkan Promo Menarik

“Sampai hari ini pun, mereka berdua selalu mensupport secara moril maupun materil bagi Perbasi,” kata Danny Kosasih.

Dalam kesempatan itu, Danny juga menekankan pentingnya pembinaan atlet atau pemain basket sejak dini. Hal itu tak kalah penting harus adanya dukungan dari para orangtua.

“Dengan dukungan kepada anak-anak dengan cara baik, saya percaya prestasi bola basket akan maju,: ujarnya.

Masih dalam kesempatan itu, Ketua KONI Kota Cirebon, Wati Musilawati juga merasa bangga terhadap prestasi baskes Kota Cirebon. Melalui event-event yang digelar GMC Arena Cirebon ini, banyak muncul pebasket berprestasi. Seperti, pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat 2022 bulan lalu, cabang olahraga (cabor) basket Kota Cirebon, baik putra maupun putri berhasil meraih medali emas.

BACA YUK:  Penyanyi Jebolan Indonesia Idol 2014 Asal Cirebon, Luncurkan Single Perdana

“Tidak hanya itu, basket 3×3 Kota Cirebon sukses membawa pulang medali perak. Untuk itu, saya merasa bangga dan mengapresiasi atas pencapaian prestasi basket Kota Cirebon,” ungkapnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Cirebon, Sutikno. Ia menjelaskan turnamen YBA ini tidak hanya menyuguhkan pertandingan basket, tapi juga menggerakkan perekonomian di Kota Cirebon. Destinasi wisata dan kuliner menjadi ramai.

“Dengan banyaknya peserta YBA datang bersama keluarganya dari luar kota, dalam tiga minggu ke depan tingkat hunian hotel dan tempat kuliner di kota Cirebon akan ramai. Itu juga merupakan dampak positif lainnya, dengan adanya event ini,” pungkasnya. (RYH)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *