Kamis, 28 Mei 2020

Komite SD Al-Irsyad Cirebon Gelar Parenting Seminar di Era Milenial

Populer

H-3 Lebaran Idulfitri Kendaraan Roda Dua Padati Jalur Pantura Cirebon

Cirebon,- H-3 menjelang Hari Raya Idulfitri, Jalur Pantura Cirebon dipadati kendaraan roda dua dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah,...

Tetap Dukung PSBB, Grage Mall dan Grage City Mall Memilih Buka Sehabis Lebaran

Cirebon,- Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Cirebon di perpanjang mulai hari ini tanggal 20 Mei - 2...

Inilah Keputusan Bupati Cirebon dan Peraturan Bupati Cirebon tentang PSBB

Keputusan Bupati Cirebon Nomor : 443/Kep.235-Hukum/2020 tentang Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Wilayah Hukum Kabupaten Cirebon dalam rangka...

Inilah Peraturan Wali Kota Cirebon tentang PSBB Tahap Kedua

Peraturan Wali Kota Cirebon No. 15 Tahun 2020. Klik : PDF PERWAL NO 17 TH 2020 TTG PSBB Tahap...

Update Kasus Covid-19 di Kota Cirebon Tanggal 21 Mei 2020

Cirebon,- Kasus terkonfirmasi positif Corona atau Covid-19 di Kota Cirebon berdasarkan data yang dirilis oleh laman resmi pusat informasi...

Cirebon,- Komite SD Al-Irsyad Al-Islamiyah Kota Cirebon menggelar Parenting dengan tema “Menjadi Orang Tua ASIK (Antusias, Sabar, Inspiratif, dan Kreatif” di Era Milenial, yang berlangsung di Ballroom Hotel Prima, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Sabtu (2/3/2019).

Dalam kegiatan tersebut sebagai narasumber parenting adalah Dra. Yeti Widiati, Psikolog, yang juga Penulis Buku Parenting dan Pengelolaan Emosi.

1. Meningkatkan Pemahaman Orang Tua

Teti Rosdianawati, S.Ag, selaku Ketua Komite SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon dan penanggung jawab kegiatan mengatakan kegiatan parenting ini adalah upaya komite untuk meningkatkan pemahaman orang tua tentang bagaimana cara mendidikan pola asuh anak di zaman milenial.

Loading...

“Tema yang kami angkat adalah bagaimana menjadi orang tua yang ASIK (Antusias, Sabar, Inspiratif, dan Kreatif),” ujarnya kepada About Cirebon.

Menurut Teti, tiga komponen tersebut yang menjadi tema besar. Yang mana, makna ASIK mengandung arti menyenangkan, bahwa kita sebagai orang tua harus menyenangi, menikmati, memahami, dan mensyukuri peran sebagai orang tua.

“Sehingga kalau kita senang dan asik, yang tertular kepada anakpun kebahagiaan. Orang tuanya bahagia, Insyaallah anaknya bahagia,” ungkapnya.

2. Peran Orang Tua Sangat Penting

Peran orang tua di zaman milenial ini, kata Teti, sangat besar dan harus berperan aktif mendidik serta mengasuh anak-anak yang hidup di era milenial ini, karena tantanganya sangat luar biasa sekali.

“Termasuk, akibat dari penggunaan gadget amat sangat luar biasa, ada akibat baik dan ada akibat buruknya,” terangnya.

“Tetapi, orang tua juga harus paham dengan kondisi zaman anak saat ini,” imbuh Teti.

Lanjut Teti, kita menjadi orang tua, anak-anak lahir dizaman milenial, zaman yang sudah mengenal gedget. Dan orang tua tidak boleh tidak peduli, harus peduli, harus tahu apa yang terjadi dan efek dari penggunaan gadget.

“Jadi, itulah kenapa orang tua harus antusias, punya rasa ingin tahu terhadap perkembangan anaknya,” jelasnya.

Menurut Teti, orang tua juga harus sabar, ketika terjadi sesuatu hal dengan masa pertumbuhan anak-anak, orang tua juga harus sabar menghadapi mereka.

Kemudian, point inspiratif, orang tua harus menjadi contoh teladan bagi anak-anaknya, artinya anak akan mencontoh bagaimana orang tua berperilaku.

“Makanya, orang tua harus bisa menjadi inspirasi anak-anak, dan tentunya orang tua harus jadi lebih baik terlebih dahulu sebelum anaknya menjadi baik,” bebernya.

Di dalam pola asuh anak, kata Teti, orang tua harus mencari berbagai macam kreasi, mencoba berbagai usaha, tidak membosankan bagi anak, agar anak tertarik dan selalu berminat.

3. Bisa Diterapkan Orang tua

Pihaknya berharap, dengan adanya kegiatan parenting seperti ini, mudah-mudahan bisa memberikan inspirasi kepada orang tua, khususnya para orang tua Al-Irsyad.

Sehingga, bagaimana peran orang tua yang seharusnya dalam mendidikan anak-anaknya dan bisa mengelola emosi anak-anaknya.

“Dengan pemaparan yang diberikan narasumber, mudah-mudahan para orang tua mendapat cara yang dapat diterapkan untuk anak-anaknya” harap Teti.

4. Pembinaan dan Motivasi

Sementara itu, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon, Drs. Said Saleh Baumar dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan parenting ini adalah pembinaan dan sekaligus motivasi bagi orang tua murid yang nantinya bisa diterapkan di kehidupan dan praktek sehari-hari dirumah.

“Temanya bikin greget, asik. Jadi kita paling seneng kalau ada acara yang bikin asik, pasti semua suka ya,” ujarnya.

Mudah-mudahan, kata Said, dengan kegiatan ini bisa menjadi orang tua yang Asik untuk anak-anaknya, sehingga anak-anak tidak canggung dan tidak takut kepada orang tua, serta tidak ada jarak antara orang tua dan anak.

Lebih lanjut Said menjelaskan, sebagaimana diketahui bersama di sekolah Al-Irsyad Al-Islamiyyah, tentunya kita berharap anak-anak kita dididik sesuai dengan Qur’an dan Sunnah.

“Sehingga bapak dan ibu tidak perlu khawatir ketika menitipkan anaknya di sekolah kami, maka yang diberikan adalah ajaran yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah Rasulallah,” bebernya.

“Semoga dengan acara ini, bisa menjadi orang tua yang Asik itu betul-betul bisa kita nikmati, sehingga kita bisa menjadi orang tua yang asik,” tandasnya. (AC212/adv)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Tenant Grage Mall Dan Grage City Mall Siap Ikuti Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19

Cirebon,- Grage Group akan membuka operasional Grage Mall dan Grage City Mall, mulai Kamis 28 Mei 2020.Operasional Mall akan...

Mulai Besok Grage Mall dan Grage City Mall Siap Beroperasi Kembali

Cirebon,- Setelah menutup sementara operasional mall, Grage Group memutuskan Grage Mall dan Grage City Mall akan dibuka kembali besok, Kamis 28 Mei 2020.Seluruh tenant...

Kondisi Rumah Sangat Memprihatikan, Baznas Kota Cirebon Turun Tangan⁣ ⁣

Cirebon,- Sungguh mengejutkan saat memasuki rumah warga di RT 005 RW 001 No. 196 Gg. Rebon Pesisir Selatan Kelurahan Panjunan Kec. Lemahwungkuk Kota Cirebon⁣,...

Dampak Pandemi, Oleh-oleh Khas Cirebon Turun Hingga 90 Persen

Cirebon,- Dampak dari Pandemi Covid-19 dan juga larangan mudik oleh pemerintah, mengakibatkan omset tempat oleh-oleh khas Cirebon menurun drastis.Seperti yang dialami toko Oleh-oleh Daud...

25 Tahun Telkomsel Konsisten Melayani Negri Untuk Terus Bergerak Maju Bersama Indonesia

Jakarta,- Pada hari ini Telkomsel telah hadir di tengah masyarakat selama genap 25 tahun. Selama perjalanannya, Telkomsel secara konsisten memperkuat komitmen untuk mendampingi dan...

More Articles Like This