Tingkatkan Minat Kecintaan Terhadap Science, Gramedia Gelar Science Olympic 2019

0
27
Ratusan peserta ikuti Gramedia Science Olympic 2019

Cirebon,- Setelah sukses dengan Gramedia Science Olympic pada tahun 2018, Gramedia kembali mengulang kesuksesan dengan mengadakan Gramedia Science Olympic 2019, yang berlangsung di Gramedia Cipto, Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon, Sabtu (19/1/2019).

Kegiatan Gramedia Science Olympic tahun 2019 menggandeng Yupi sebagai sponsor utama dan atas kerja sama antara Penerbit Elexmedia, dan Sekolah Dasar.

Aston Hotel

Cornelius Tri Guntoro, selaku General Manager Regional 4 (Yogyakarta, Central Java & etc.) mengatakan acara Gramedia Science Olympic akan dilaksanakan di enam titik Gramedia.

“Cirebon merupakan kota pertama diselenggarakan Gramedia Science Olympic tahun 2019 ini,” ujarnya kepada About Cirebon.

1. Dilaksanakan di enam titik Gramedia

Teja Berlian
Teja Berlian 2
Teja Berlian 3

Kota Cirebon merupakan kota pertama diselenggarakannya Gramedia Science Olympic 2019 untuk tingkat Sekolah Dasar.

Peserta Science Olympic 2019 sedang mengecek peralatan

Untuk kota kedua akan digelar pada tanggal 3 Februari 2019 di Gramedia Harapan Indah, tanggal 24 Februari 2019 akan diselenggarakan di Gramedia Palembang.

Dilanjut pada tanggal 3 bulan Maret 2019 akan diselenggarakan di Gramedia Karawang, tanggal 24 Maret 2019 diselenggarakan di Gramedia BSD, dan terakhir akan diselenggarakan pada tanggal 5 Mei 2019 di Gramedia Matraman.

Menurut Tri, acara ini hanya dibatasi untuk 200 tim saja, dalam satu tim beranggotakan 3 orang dengan 2 kategori peserta.

“Untuk kategori A untuk kelas 3-4 dan kategori B untuk kelas 5-6,” bebernya.

2. Tujuan digelar Gramedia Science Olympic 2019

Gramedia Science Olympic merupakan sebuah acara yang bertujuan sebagai sarana pendidikan untuk menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan alam melalui praktikum uji coba science.

Peserta Gramedia science olympic 2019 di Gramedia Cipto Cirebon

Menurutnya, di Indonesia minat terhadap science begitu cukup memprihatinkan, karena jumlah ilmuwan  itu terbatas. Sementara, sebetulnya negara ini membutuhkan banyak ilmuwan yang berkaitan dengan science.

“Kami, Gramedia bersama dengan para mitra, di Kota Cirebon khususnya , bagaimana menumbuhkembangkan minat anak terhadap science dan kemudian bagaimana mendorong mereka supaya menekuni dunia itu,” jelasnya.

“Karena, itu bisa menjadi masa depan dan yang lebih pentingnya adalah sumbangsihnya terhadap bangsa ini agar punya lompatan kedepan untuk bersaing dengan negara-negara lainnya,” imbuhnya.

3. Teknis pelaksanaan Gramedia Science Olympic

Teknis pelaksanaan Gramedia Science Olympic tahun 2019 ini, peserta melakukan percobaan-percobaan dari suatu soal yang sudah ditentukan oleh panitia.

Store Manager Gramedia World Cipto Cirebon, Ign Edi Sulistyono menjelaskan  dari soal yang diberikan oleh panitia, para peserta akan mengkreativitaskan dari soal tersebut.

“Penilainya adalah, bagaimana mereka memproses dan mencari solusi dari persoalan tersebut,” terangnya.

Edi mencontohkan, semisal membuat percobaan bagaimana kita bisa berdiri diatas kertas. Kemudian peserta bagaimana membuat semacam alat, sehingga mereka bisa berdiri di atas kertas tanpa jatuh.

4. Tindak lanjut dari Acara Gramedia Science Olympic

Menindak lanjuti dari kegiatan Gramedia Science Olympic, pihaknya ingin menemukan bibit-bibit dan ini masih menjadi rencana apakah akan dibawa ke tingkat yang lebih tinggi lagi seperti tingkat event nasional.

“Sehingga, nanti akan ketemu kejuaraan nasional. Namun hal tersebut masih dalam perencanaan, karena ini akan melibatkan stakeholder bukan hanya Gramedia ataupun sponsor,” tambah Tri.

Bisa juga, kata Tri, acara ini melibatkan departemen terkait seperti departmene riset misalnya, departemen teknologi, ataupun dari instansi, kemudian ini bisa menjadi event yang semakin meluas dan membesar.

“Sehingga, kepedulian terhadap tumbuh kembang kecintaan kepada science itu bisa semakin luas dan semakin kuat,” ungkapnya.

5. Diikuti peserta dari luar kota Cirebon

Gramedia Science Olympic yang sudah kedua kali diselenggarakan, tahun ini lebih besar pesertanya dibanding tahun lalu.

Peserta Gramedia Science Olympic 2019

Menurut Edi, tahun lalu hanya diikuti oleh 100 tim saja, namun tahun ini bisa mencapai 200 tim dari berbagai sekolah baik di wilayah III Cirebon, bahkan dari luar Cirebon.

“Peningkatan peserta ini karena respon yang tinggi dari berbagai sekolah. Yang dulu hanya mengirim beberapa tim, sekarang bisa berlipat-lipat,” ungkapnya.

Bahkan, kata Edi, peserta yang mendaftar di acara Gramedia Science Olympic tahun ini banyak yang berasal dari luar kota, seperti dari Tegal, Ciamis dan wilayah III Cirebon.

“Artinya, minat terhadap science ini tinggi, tinggal bagaimana kita menyediakan sarana agar teman-teman ada media untuk menumbuhkembangkan kecintaan terhadap science,” tandasnya. (AC212)