Minggu, 20 Oktober 2019

Tahun Depan Alun-alun Kejaksan akan Disulap Ridwan Kamil, ini Konsepnya

Populer

Densus 88 Temukan Bahan Untuk Bom Racun Kimia di Cirebon

Cirebon - Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri terus melakukan gerilya memberantas jaringan teroris di wilayah Cirebon Jawa Barat....

Tim Densus 88 Amankan Seorang Terduga Teroris Di Kota Cirebon

Cirebon,- Tim Densus 88 Anti Teror mengamankan seorang terduga teroris di Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Minggu (13/10/2019)...

Tim Densus 88 Anti Teror Kembali Tangkap Terduga Teroris di Kota Cirebon

Cirebon,- Tim Densus 88 Anti Teror kembali mengamankan seorang terduga teroris di wilayah hukum Polres Cirebon Kota, Senin (14/10/2019)...

Driver Ojol Asal Cirebon Dapat Skuter Vespa dari Program Undian Smartfren WOW

Cirebon,- Raut muka bahagia terpancar dari wajah Sucipto Kusumo, warga asal Blok Petapean RT/RW 016/006 Palimanan Timur, Kabupaten Cirebon.Pasalnya,...

Sebanyak 94 MUA dari Ciayumajakuning Ikuti Make Up Competition QL Cosmetic

Cirebon,- Sebanyak 94 Make Up Artist (MUA) dari wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Kuningan, dan Majalengka) mengikuti make up competition...

Cirebon,- Usai meresmikan program Layad Rawat di Kota Cirebon, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil langsung meninjau Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon, Rabu (14/11/2018).

Kunjungan Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil untuk melihat langsung kondisi Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon yang akan direvitalisasi pada tahun depan.

Setelah menijau, Kang Emil langsung bergegas ke Gedung Negara, untuk membahas dan membuat sketsa pembangunan Alun-alun Kejaksan kedepan.

Menurut Kang Emil, Provinsi Jawa Barat telah ditetapkan sebagai wajah Jawa Barat lima tahun kedepan adalah Provinsi Pariwisata. Yang punya gunung, pantai akan diolah menjadi pariwisata alami seperti Pangandaran, dan Waduk Darma di Kuningan.

“Untuk yang sifatnya perkotaan, wisata sejarah, wisata belanja. Contohnya mana? Bandung dan Cirebon,” ujarnya kepada awak media.

Lanjut Emil, seperti di Bandung akan ditata mulai dari Gedung Sate sampai ke Monumen Perjuangan akan direnovasi habis-habisan. Untuk di Cirebon, tahun depan sudah bersepakat ada Alun-alun Kejakan yang akan diolah.

“Kemungkinan akan pakai semi basement, karena ada kebutuhan parkir, dan wisata religinya meningkat,” ungkapnya.

“Kemudian Tugu Proklamasi (Jalan Siliwangi) kita akan perbesar, supaya lebih bagus, menonjol dan lebih dihormati,” imbuhnya.

Kang Emil memaparkan, untuk zona kaki lima di area Alun-alun Kejaksan akan dibuat dua lantai yang nantinya ada zona belanja. Lalu, di Jalan Siliwangi akan ditata, supaya Kota Cirebon memiliki jalan utama seperti di Asia Afrika di Bandung.

“Kalau parade disitu, dan berakhir di alun-alun kan, cocoknya seperti itu,” terangnya.

Lalu, untuk Gedung Bakorwil atau Gedung Negara Cirebon karena secara SOTK (Susunan Organisasi Tata Kerja) tidak ada lagi per Januari, maka gedung tersebut nganggur. Sementara, dalam konteks Provinsi Pariwisata gedung ini akan dikonsepkan sebagi pusat budaya.

“Jadi, kalau wisatawan datang pengen lihat tari-tarian, angklung Cirebon, pengen lihat macem-macem, tempatnya bisa disini,” jelasnya.

Menurut Kang Emil, Gedung Negara ini luas sekali, sehingga nanti ada gedung expo sesuai gagasan Wakil Wali Kota Cirebon terpilih, nanti ada expo kerajinan, bazar dan lainnya.

“Bangunan lamanya nanti kita renovasi, bisa jadi museum atau jadi restoran seperti di Eropa,” terangnya.

Kang Emil yakin sebagai mantan Wali Kota, dari kombinasi tempat alun-alun yang keren, tempat budaya, jalan utama, akan meningkatkan waktu kunjungan lebih lama. Karena, kekurangan Cirebon saat ini, kalau datang mau nongkorng dimana, bahkan banyak yang datang dengan waktu yang pendek.

“Turis kota yang baik adalah kota yang nongkrongnya lebih lama, karena banyak yang dikunjungi,” ungkapnya.

Kang Emil menjelaskan, Jalan Siliwangi yang akan menjadi jalan utama akan dipoles seperti di Asia Afrika Bandung dengan dipasang lampu klasik raksasa, dilebarin, diberi kursi untuk duduk.

Untuk Alun-alun Kejaksan, apakah akan menggunakan rumput sintetis, kata Kang Emil akan dilihat, karena basement menggunakan beton, lalu bila menggunakan rumput alami dua minggu juga akan rusak.

“Kemungkinan akan menggunakan rumput sintetis,” katanya.

Selain itu, Kang Emil akan merubah Alun-alun Kasepuhan, karena itu merupakan aset Keraton, sehingga masih melihat mekanisme pembiayannya, apakah bisa lewat CRS.

“Tapi untuk gambarnya sudah kita setujui, sehingga dalam waktu dekat kalau ikhtiarnya berhasil bisa dua Alun-alun langsung jadi tahun depan,” bebernya.

Mengenai konsep Alun-alun yang akan jadi seperti apa, Kang Emil membeberkan bahwa namanya alun-alun harus multifugsi, buat yang motorik aktif ada, pakai upacara bisa, buat istigosah bisa, ada zona teduh, zona ritel, dan ada faktor sejarah.

“Karena Alun-alun Kejaksan sebrangnya  ke pendopo harus kita hormari, ke kirinya masjid juga harus dihormati,” ujar Mantan Wali Kota Bandung.

“Dan Alun-alun selalu ada air mancur dengan tipe, yaitu air mancur simbolik dan air mancur aktif dan bisa menjadi trend baru di Cirebon,” tandasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Razia Kendaraan di Jalur Pantura Plumbon Jelang Pelantikan Presiden – Wapres

Cirebon - Jalur Pantura wilayah Cirebon hingga Cikampek merupakan jalur tersibuk di Jawa Barat. Jelang pelantikan Presiden dan Wakil...

Komunitas TDA Cirebon Gelar Musyawarah Kerja Daerah

Cirebon,- Komunitas Tangan Di Atas atau yang dikenal dengan TDA merupakan komunitas wirausaha yang bertujuan untuk saling membantu dan bersama-sama menebar rahmat.Komunitas TDA Wilayah...

Pemain Film Lampor Keranda Terbang Hadiri Premier di Cirebon

Cirebon,- Film Lampor Keranda Terbang produksi Starvision Plus yang diangkat dari mitos masyarakat Jawa Tengah, akan tayang di bioskop tanah air pada tanggal 31...

SAPMA Pemuda Pancasila Kabupaten Cirebon Distribusikan 160 Ribu Liter Air Bersih

Cirebon,- Kemarau panjang yang terjadi  di wilayah Kabupaten Cirebon sejak enam bulan terakhir, mengakibatkan beberapa wilayah di Kabupaten Cirebon mengalami krisis air bersih. Bahkan, sumber...

Viral.. Penangkapan Teroris di Pusat Perbelanjaan di Cirebon. Ini yang Terjadi Sebenarnya

Cirebon - Jagad maya di wilayah Cirebon dan sekitarnya mendadak geger dengan pesan berantai melalui Whatsapp maupun Facebook tentang penangkapan terduga teroris di salah...

More Articles Like This