Kamis, 20 Januari 2022

Tahun Depan Alun-alun Kejaksan akan Disulap Ridwan Kamil, ini Konsepnya

Populer

Situs Sumur Buah, Bukti Penyebaran Islam di Cirebon

Cirebon,- Cirebon merupakan salah satu kota yang amat kental nuansa Islamnya. Cirebon merupakan pula salah satu kota yang disinggahi...

Tiga Prodi Memulai Kegiatan Perkuliahan di Kampus ITB Cirebon

Cirebon,-:Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH), telah memulai program multikampus sebagai wujud pengembangan institusi...

Awal Tahun, Manulife Mulia Putri Agency Mulai dengan Peduli Dunia Pendidikan

Cirebon,- Awal tahun, Manulife Mulia Putri Agency menyalurkan bantuan berupa perlengkapan sekolah dan paket sembako. Bantuan itu diberikan kepada...

Polresta Cirebon Berkomitmen Menindak Tegas Geng Motor yang Meresahkan Masyarakat

Cirebon,- Seluruh jajaran Polresta Cirebon berkomitmen keras untuk pemberantasan geng motor di wilayah Kabupaten Cirebon. Hal ini dilakukan untuk...

Permudah Proses Kepemilikan Rumah, Tulus Asih Group Gelar Akad Kredit Massal

Cirebon,- Memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin memiliki rumah impian, Tulus Asih Group, Developer Properti Terbesar Se-Wilayah III Cirebon...

Cirebon,- Usai meresmikan program Layad Rawat di Kota Cirebon, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil langsung meninjau Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon, Rabu (14/11/2018).

Kunjungan Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil untuk melihat langsung kondisi Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon yang akan direvitalisasi pada tahun depan.

Setelah menijau, Kang Emil langsung bergegas ke Gedung Negara, untuk membahas dan membuat sketsa pembangunan Alun-alun Kejaksan kedepan.

Loading...

Menurut Kang Emil, Provinsi Jawa Barat telah ditetapkan sebagai wajah Jawa Barat lima tahun kedepan adalah Provinsi Pariwisata. Yang punya gunung, pantai akan diolah menjadi pariwisata alami seperti Pangandaran, dan Waduk Darma di Kuningan.

“Untuk yang sifatnya perkotaan, wisata sejarah, wisata belanja. Contohnya mana? Bandung dan Cirebon,” ujarnya kepada awak media.

Lanjut Emil, seperti di Bandung akan ditata mulai dari Gedung Sate sampai ke Monumen Perjuangan akan direnovasi habis-habisan. Untuk di Cirebon, tahun depan sudah bersepakat ada Alun-alun Kejakan yang akan diolah.

BACA YUK:  Siap Berperan dan Berbagi Sektor, UGJ Cirebon Hasilkan 801 Wisudawan Baru

“Kemungkinan akan pakai semi basement, karena ada kebutuhan parkir, dan wisata religinya meningkat,” ungkapnya.

“Kemudian Tugu Proklamasi (Jalan Siliwangi) kita akan perbesar, supaya lebih bagus, menonjol dan lebih dihormati,” imbuhnya.

Kang Emil memaparkan, untuk zona kaki lima di area Alun-alun Kejaksan akan dibuat dua lantai yang nantinya ada zona belanja. Lalu, di Jalan Siliwangi akan ditata, supaya Kota Cirebon memiliki jalan utama seperti di Asia Afrika di Bandung.

“Kalau parade disitu, dan berakhir di alun-alun kan, cocoknya seperti itu,” terangnya.

Lalu, untuk Gedung Bakorwil atau Gedung Negara Cirebon karena secara SOTK (Susunan Organisasi Tata Kerja) tidak ada lagi per Januari, maka gedung tersebut nganggur. Sementara, dalam konteks Provinsi Pariwisata gedung ini akan dikonsepkan sebagi pusat budaya.

BACA YUK:  Pembelajaran Tatap Muka 100 Persen di Kota Cirebon Mulai 10 Januari 2022

“Jadi, kalau wisatawan datang pengen lihat tari-tarian, angklung Cirebon, pengen lihat macem-macem, tempatnya bisa disini,” jelasnya.

Menurut Kang Emil, Gedung Negara ini luas sekali, sehingga nanti ada gedung expo sesuai gagasan Wakil Wali Kota Cirebon terpilih, nanti ada expo kerajinan, bazar dan lainnya.

“Bangunan lamanya nanti kita renovasi, bisa jadi museum atau jadi restoran seperti di Eropa,” terangnya.

Kang Emil yakin sebagai mantan Wali Kota, dari kombinasi tempat alun-alun yang keren, tempat budaya, jalan utama, akan meningkatkan waktu kunjungan lebih lama. Karena, kekurangan Cirebon saat ini, kalau datang mau nongkorng dimana, bahkan banyak yang datang dengan waktu yang pendek.

“Turis kota yang baik adalah kota yang nongkrongnya lebih lama, karena banyak yang dikunjungi,” ungkapnya.

Kang Emil menjelaskan, Jalan Siliwangi yang akan menjadi jalan utama akan dipoles seperti di Asia Afrika Bandung dengan dipasang lampu klasik raksasa, dilebarin, diberi kursi untuk duduk.

Untuk Alun-alun Kejaksan, apakah akan menggunakan rumput sintetis, kata Kang Emil akan dilihat, karena basement menggunakan beton, lalu bila menggunakan rumput alami dua minggu juga akan rusak.

“Kemungkinan akan menggunakan rumput sintetis,” katanya.

Selain itu, Kang Emil akan merubah Alun-alun Kasepuhan, karena itu merupakan aset Keraton, sehingga masih melihat mekanisme pembiayannya, apakah bisa lewat CRS.

“Tapi untuk gambarnya sudah kita setujui, sehingga dalam waktu dekat kalau ikhtiarnya berhasil bisa dua Alun-alun langsung jadi tahun depan,” bebernya.

Mengenai konsep Alun-alun yang akan jadi seperti apa, Kang Emil membeberkan bahwa namanya alun-alun harus multifugsi, buat yang motorik aktif ada, pakai upacara bisa, buat istigosah bisa, ada zona teduh, zona ritel, dan ada faktor sejarah.

BACA YUK:  Gelar Webinar “Kemilau Dunia Investasi Milenial”, Pluang Tekankan Peran Generasi Muda untuk Kemajuan Perekonomian Nasional
BACA YUK:  Malam Pergantian Tahun, Kapolres Cirebon Kota Minta Cafe hingga Hiburan Malam Tutup Pukul 22.00 WIB

“Karena Alun-alun Kejaksan sebrangnya  ke pendopo harus kita hormari, ke kirinya masjid juga harus dihormati,” ujar Mantan Wali Kota Bandung.

“Dan Alun-alun selalu ada air mancur dengan tipe, yaitu air mancur simbolik dan air mancur aktif dan bisa menjadi trend baru di Cirebon,” tandasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Tespoin Akan Gelar Munas di Bandung, Ini Agenda Kegiatannya

ABOUT SEMARANG – Perkumpulan Teknisi Ponsel Indonesia (Tespoin) akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) dan silaturahmi yang akan digelar di Hotel...

Perkuat Ekonomi Digital Indonesia, Telkomsel Bentuk PT Telkomsel Ekosistem Digital

Cirebon,- Telkomsel memastikan keberlanjutan peta jalan transformasi sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, dengan membentuk PT Telkomsel Ekosistem Digital, yang sekaligus menjadi wujud...

Forum Pengada Layanan Apresiasi Atas Diresmikan RUU TPKS

Cirebon,- DPR RI resmi menetapkan Rancangan Undang-undang (RUU) TPKS (Tindak Pidana Kekerasan Seksual) yang menjadi inisiator DPR. Dengan diresmikan RUU TPKS, Forum Pengada Layanan...

Satu Warga Ber-KTP Kota Cirebon Positif Omicron, Isolasi di Wisma Atlet Jakarta

Cirebon,- Satu warga Kota Cirebon dinyatakan positif COVID-19 varian Omicron. Namun, saat ini tengah menjalani isolasi di Wisma Atlet di Jakarta. Wali Kota Cirebon, Drs....

More Articles Like This