SMKN 2 Kota Cirebon Luncurkan SMK Pusat Keunggulan dan Le Zaat Bake House

Cirebon,- SMKN 2 Kota Cirebon meluncurkan SMK Pusat Keunggulan program keahlian kuliner tahun 2022, Senin (25/1/2022). Selain itu, acara yang berlangsung di SMKN 2 Kota Cirebon, Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon ini dibarengi dengan peresmian Le Zaat Bake House.

Kepala SMKN 2 Kota Cirebon, Yayat Hidayat mengatakan hari ini kita meluncurkan SMK Pusat Keunggulan SMKN 2 Kota Cirebon yang konsentrasinya di bidang program keahlian tata boga. Kewajiban dari SMK ini harus berimbas pada program keahlian di sekolah dan SMK-SMK sekitar SMKN 2 Kota Cirebon.

“Ini tanggung jawab kami yang harus dikembangkan, dan ini juga perlu disyukuri karena semuanya berkat dukungan penuh dari Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah X Jawa Barat, sehingga kami termotivasi dan bisa mewujudkan ini. Sehingga tanggung jawab selanjutnya bisa menjadi leading sektor dan berkolaborasi dengan program keahlian yang ada di SMKN 2 Kota Cirebon,” ujar Yayat kepada About Cirebon.

BACA YUK:  Sofatilah, Anggota DPRD Kabupaten Cirebon Bagi-bagi Takjil dan Santunan Anak Yatim

Baca Yuk: School Visit Aston Cirebon Disambut Hangat di SMK Negeri 2 Cirebon

Selain itu, lanjut Yayat, hadirnya Le Zaat Bake House di SMKN 2 Kota Cirebon sebagai media praktek, karena yang terpenting dari SMK Pusat Keunggulan adalah siswa harus bisa menguasai hard skil, soft skil, dan memiliki portofolio yang bisa ditampilkan di dunia usaha dan industri.

“Jadi pusat keunggulan ini dengan Bake House Le Zaat, sebagai media untuk melatih skil anak-anak SMKN 2 Kota Cirebon. Sehingga produk-produk yang dihasilkan bisa dikolaborasikan dengan SMK yang lain,” ungkapnya.

SMK Pusat Keunggulan ini, kata Yayat, sudah menggunakan kurikulum yang terbaru, yakni kurikulumnya jelas dan lebih mengutamakan karakter siswa yang merdeka belajar dan mengekspresikan kemampuannya, kemudian tidak mengkotak-kotakan.

“Jadi, passion anak-anak ini betul-betul harus di motivasi oleh kita. Inilah keunggulan dari SMK Pusat Keunggulan, sehingga skil anak-anak ini harus kita hasilkan sesuai dengan dunia usaha maupun industri. Skilnya harus dikolaborasikan dengan dunia usaha dan industri,” bebernya.

BACA YUK:  Wah, Pengunjung Sangat Antusias Sewa Skuter Listrik di Kawasan BAT Cirebon

“Jadi SMK Pusat Keunggulan ini harus menyesuaikan skilnya dengan dunia usaha dan dunia industri,” sambungnya.

Pihaknya berharap, dengan hadirnya SMK Pusat Keunggulan di SMKN 2 Kota Cirebon ini bisa menjadi leading sektor dan bisa menjadi pendorong juga bagi pemerintah untuk membantu kami di SMKN 2 Kota Cirebon, agar semua jurusan bisa berkembang sejajar.

“Harapannya tentu dengan dukungan KCD X Jawa Barat, produk-produk yang dihasilkan oleh SMK Pusat Keunggulan bisa diterima oleh masyarakat dan bisa berkolaborasi dengan SMK-SMK yang lain,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang Daerah (KCD) Pendidikan Wilayah X Jawa Barat, Dra. Hj Ester Miori Dewayani, M.Pd. mengatakan kegiatan hari ini saya mengapresiasi SMKN 2 Kota Cirebon yang telah menampilkan produk-produk unggulan. SMK Pusat Keunggulan ini memberikan gambaran kepada kita bahwa sekolah kejuruan itu betul-betul digiring siswanya untuk memiliki keahlian.

BACA YUK:  Info Loker : Sangkan Resort Aqua Park

“Sehingga, pasca mereka keluar dari sini, mereka punya bekal. Karena SMK sudah dikondisikan dan mereka sudah bisa menempati tiga hal, bisa melanjutkan ke perguruan tinggi, bisa bekerja dan bisa berwirausaha,” ujarnya.

Selama ini, kata Ester, pilihan orang tua memasukan anaknya ke SMK itu rata-rata untuk bekerja, jarang sekali yang untuk melanjut ke perguruan tinggi. Maka itu, civitas akademi digiring pula bagaimana mencetak untuk lebih konsen penciptaan lapangan kerja dan wirausaha.

“Sisi lain karena SMK sudah bekerjasama dengan pihak industri, perhotelan, dan berbagai kemitraan yang menunjang program yang ada disini. Tentu ini semakin menguatkan lembaga ini untuk berkiprah,” ungkapnya.

“Saya optimis, produk-produk yang ada disini bisa dipasarkan dan diterima,” tandasnya. (AC212)

(Dilihat: 91 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.