Kamis, 24 Juni 2021

Semakin Menarik, Program AboutCirebon Talk Bahas Minat Baca untuk Anak-anak

Populer

Polresta Cirebon Gelar Penyekatan Sejumlah Ruas Jalan di Kecamatan Sumber Demi Kebaikan Masyarakat

Cirebon,- Jajaran Polresta Cirebon melakukan penyekatan sejumlah ruas jalan di Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon, Selasa (22/6/2021). Kegiatan tersebut merupakan...

Kombes Pol Arif Budiman Pimpin Polresta Cirebon

Cirebon,- Kombes Pol Arif Budiman, resmi memimpin Polresta Cirebon menggantikan Kombes Pol M. Syahduddi. Acara pisah sambut Kapolresta Cirebon...

Bupati Cirebon : Santri Diminta Melanjutkan Pendidikan hingga ke Perguruan Tinggi

Cirebon,- Bupati Cirebon, Drs.H. Imron, menghadiri acara haflah akhirussanah santri tingkat ibtidaiyah hingga aliyah di Pondok Pesantren An Nashuha,...

Inilah Tempat Ngopi di Majalengka yang Wajib Dikunjungi Para Penikmat Kopi⁣

Majalengka,- Siapa sih yang tidak suka dengan kopi? Hampir semua orang menyukai kopi. Mulai dari remaja hingga dewasa, laki-laki...

Karyawan Mall dan Pusat Perbelanjaan di Cirebon Jalani Vaksinasi

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon kembali menggelar vaksinasi Covid-19. Kali ini menyasar terhadap...

Cirebon,- Setiap dua minggu sekali, program AboutCirebon Talk yang digagas oleh About Cirebon selalu menghadirkan narasumber yang inspiratif dan edukatif.

Seperti acara AboutCirebon Talk edisi ketiga kali ini, About Cirebon mengundang dua inspirator Cirebon yakni Lismah Rahmawati seorang Volunter Perpustakan 400 Cirebon dan Iyoes seorang Pendiri Sahabat Jiwa.

Acara AboutCirebon Talk edisi ketiga berlangsung di G-Work Grage City Mall, Jalan Jend. A. Yani, Kota Cirebon, Sabtu (22/12/2018) sore.

Loading...

Acara AboutCirebon Talk, diawali oleh Lismah Rahmawati (50) seorang wanita yang bergerak di bidang pendidikan anak usia dini dan mengelola PAUD sosial untuk anak-anak yang background ekonomi keluarga sederhana tersebut, terus mengedepankan budaya literasi.

AboutCirebon TALK di G-Work Grage City Mall.

“Di tahun 2018 ini, baru terealisasi mengadakan story telling untuk anak-anak di Perpustakaan 400 dengan sukarela,” ujarnya.

BACA YUK:  Sinergi Pertamina dan Warga Desa Balongan, Bangun Budaya Keselamatan Lewat Pembekalan Mitigasi Bencana

Lismah yang pernah tinggal di Inggris selama 4 tahun, dan sekarang memutuskan menjadi volunteer di Perpustakaan 400, masih memiliki program-program selain story telling.

“Masih banyak perogram-program lainnya seperti kelas merajut dengan tutor yang ahli dalam merajut, reading challenge, discussion group, bedah buku, temu dengan penulis atau animasi buku dan kursus-kursus yang lain,” bebernya.

Menurut Lismah, kegiatan-kegiatan yang sekarang berjalan, ternyata banyak diminati oleh masyarakat. Sehingga, yang tadinya tidak tahu Perpustakaan 400, kini menjadi tahu.

Foto bersama audience AboutCirebon TALK

“Bahkan, dari data pengunjung Perpustakaan 400, ada peningkatan pengunjung yang sangat signifikan jumlahnya. Sekarang saja mencapai 400 sampai 500 pengunjung setiap harinya,” jelas Lismah.

Literasi yang ada setiap minggu dan bulan begitu sangat dirasakan manfaatnya, bahwa kegiatan keterampilan sangat atraktif sekali. Dan setelah beberapa kali ikut kegiatan, banyak yang bisa menghasilkan berbagai kerajinan rajut seperti tas, sepatu dan lainnya.

BACA YUK:  Tecno Mobile Gandeng Manchester City Supporters Club Indonesia dan Mizan Amanah Jalankan Kegiatan CSR Pertama di Indonesia⁣

“Setelah berkembang, kemudian berbagai kerajinan tersebut dijual,” terangnya.

Kemudian, kata Lismah, story telling juga sangan dirasakan manfaatnya, anak-anak jadi senang membaca dan senang berkunjung ke perpustakaan.

“Jadi, sangat luar biasa sekali buat saya yah, kegiatan ini sangat diperlukan oleh masyarakat. Mudah-mudahan, masyarakat Cirebon bisa melek literasi dan bisa maju,” tandasnya.

Selain itu, inspirator kedua Iyoes selaku Founder Komunitas Sahabat Jiwa Cirebon menjelaskan bahwa awal berdiri Sahabat Jiwa saat dirinya kuliah di Jurusan Psikologi 8 tahun yang lalu di Kota Salatiga.

“Kami Sahabat Jiwa berusaha fokus mengembangkan karakter anak-anak sejak sedini mungkin,” ujarnya

Lanjut Iyoes, bagaimana cara mengembangkan karekter anak-anak tersebut. Caranya adalah kita Sahabat Jiwa membuat sebuah rumah baca di salah satu kampung padat penduduk di Kota Cirebon.

Lokasi tepatnya Rumah Baca Sahabat Jiwa berada di Kampung Purwasari, pemukiman padat penduduk yang terletak di antara dua perlintasan kereta api. Kampung ini berada di wilayah Kelurahan Pulasaren, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon.

“Kami memulainya dengan langka kecil, yaitu mendidik anak-anak di pemukiman padat penduduk ini agar mereka memiliki pemikiran yang luas dan menggunakan kreativitas mereka untuk membangun tempat tinggalnya,” beber Iyoes.

BACA YUK:  Alun-alun Kejaksan Akan Dipasang CCTV dan Pengeras Suara

Kegiatan yang dilakukan di rumah baca meliputi beberpa program seperti KeJar Calista (Kelompok Belajar Baca Tulis dan Matematika), KeJar Berbaris (Kelompok Belajar Berbahasa Inggris), dan Sekolah Kreatif.

“Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu, sejak siang sampai menjelang Maghrib,” jelasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Zalora Big Fashion Sale untuk Penuhi Kebutuhan Fashion dan Gaya Hidupmu⁣

Jakarta,- ZALORA, destinasi online fashion, beauty, lifestyle utama di Asia kembali menghadirkan ZALORA Big Fashion Sale, menawarkan promosi terbesar...

Kapolresta Cirebon Pimpin Sertijab Kasat dan Kapolsek

Cirebon,- Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budikan memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) para Kasat dan Kapolsek jajaran, Rabu (23/6/2021). Upacara sertijab tersebut berlangsung...

Tingkatkan Kapasitas, HIPMI BPC Kota Cirebon Gelar Diklatcab

Cirebon,- Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Badan (BPC HIPMI) Kota Cirebon menggelar Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Diklatcab). Kegiatan tersebut berlangsung di Volte...

Surat Edaran Wali Kota Terbaru : Mall Dibatasi Hingga Pukul 20.00 WIB

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro. Dalam surat edaran (SE) Walikota Cirebon Nomor: 443/SE.54-PEM berlaku mulai...

More Articles Like This