Sebanyak 3 Siswa SPB Cirebon Ikuti Olimpiade Matematika Berskala Internasional di Thailand

0
38
Siswa Sekolah Pelita Bangsa Cirebon mengikuti IJMO di Thailand.

Cirebon,- Siswa Sekolah Pelita Bangsa (SPB) Cirebon cukup aktif dalam mengikuti ragam Olimpiade. Kali ini, 3 siswa SPB Cirebon ikut serta dalam International Junior Math Olympiad (IJMO) Matematika berskala international yang diselenggarakan pada tanggal 28 Juli 2018 di Thailand.

Ketiga siswa tersebut yaitu Nathan Alberto Setyo (Kelas 6), Kirnov Herois Tjitra (Kelas 4), dan Markus Paskalis Tjitra (Kelas 5).

Aston Hotel

IJMO adalah kompetisi matematika internasional yang diadakan setiap tahun di berbagai negara di Asia. IJMO diselenggarakan oleh Singapore International Math Olympiad (SASMO) Challenge bekerja sama dengan Perhimpunan Matematika Nasional di negara-negara Asia. Tujuannya yakni untuk mengidentifikasi dan mendorong bakat matematika generasi muda yang berpotensi di setiap negara peserta.

Persyaratan untuk menjadi peserta dalam kompetisi ini adalah harus memenangkan Medali Emas dan Silver dalam kompetisi SASMO. IJMO diperuntukkan bagi siswa mulai dari Kelas 2 SD hingga Kelas 2 SMA.

“IJMO ini melatih siswa dengan pemahaman konseptual yang mendalam dan kemampuan berpikir logis di luar tingkatannya. Ini secara efektif meningkatkan potensi setiap siswa yang memungkinkan mereka untuk menerapkan keterampilan logika dan analitis dengan tingkat yang jauh lebih tinggi untuk memecahkan masalah Olimpiade Matematika yang menantang,” ungkap Executive Principal SPB, Regina Elisabeth T. B.Sc, M.Ed.

Istana Kerang

Pertanyaan yang ada di IJMO memang dirancang secara teliti untuk mengembangkan pemahaman konseptual dan kemampuan berpikir logis siswa yang lebih tinggi.

Regina juga menuturkan rangkaian kompetisi seperti ini sangat membantu membangun dan mengembangkan kecintaan siswa terhadap matematika. Selain itu, IJMO ini pun dapat melatih pemahaman serta pola pikir siswa sehingga dapat meningkatkan potensi yang ada di dalam diri siswa.

Pada kesempatan Prize Giving Ceremony and Gala Dinner dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2018 lalu di Pattaya, Thailand. Dari ketiga siswa Sekolah Pelita Bangsa yang turut serta dalam IJMO, salah satu diantaranya Nathan Alberto Setyo berhasil meraih medali Bronze Award.

Menanggapi hal ini, Regina mengucapkan selamat atas pencapaian yang diraih oleh para siswa.
“Saya berharap apa yang telah diraih oleh para siswa saat ini, tidak membuat mereka cepat berpuas diri, melainkan semakin terpacu untuk meraih keberhasilan yang semakin tinggi. Kemudian, pencapaian ini pun dapat memotivasi siswa yang lain,” tutupnya. (AC560)