Pernikahan Viral di Cirebon Lakukan Tradisi Pindah Peturon

Cirebon,- Pernikahan H. Sondani (63) dengan Fia Barlanti (19) ramai di media sosial. Pernikahan tersebut berlangsung pada 18 Mei 2022 di Desa Tegalgubug Lor, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon.

Video pernikahan mereka berdua membuat geger warganet tersebut, karena perbedaan usia yang sangat jauh sampai 44 tahun.

Pasangan suami istri yang tengah viral di media sosial itu, kini melangsungkan tradisi Pindah Peturon atau pindah tempat dari rumah mempelai wanita ke rumah mempelai pria.

Baca Yuk : Inilah Fakta Mas Kawin Pernikahan Viral di Cirebon

BACA YUK:  Inilah Fakta Mas Kawin Pernikahan Viral di Cirebon

Menurut Kepala Desa Arjawinangun, H. Maman mengatakan tradisi Pindah Peturon memang sudah ada sejak jaman dulu. Karena, lanjut Maman, jika sudah menjadi suami istri berhak memindahkan istri ke rumah suami.

“Tradisi ini memang sudah ada sejak jaman dulu. Karena dulu, kalau sudah melangsungkan pernikahan berhak memindahkan istri ke rumah suami,” ujar Maman, saat ditemui About Cirebon di kediaman H. Sondani di Desa Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, Senin (23/5/2022).

Menurut Maman, warga yang mengantar dari rumah Fia ke rumah H. Sondani mencapai 500 orang. Tradisi Pindah Peturon ini bisa dilakukan sehari setelah melangsungkan pernikahan.

BACA YUK:  Jalin Silaturahmi, HIPMI Jawa Barat Gelar Driving Bersama dan Bincang Bisnis di Kota Cirebon

“Jadi tradisi ini bisa dilakukan satu hari setelah acara pernikahan atau juga bisa satu bulan setelah pernikahan. Tradisi ini juga ada yang menjalankan ada juga yang tidak,” katanya.

Umumnya, kata Maman, setelah pernikahan memang melakukan tradisi Pindah Peturon. Karena, makna dari tradisi ini agar usia tambah panjang, rejeki melimpah.

“Konon kata yang terdahulu, tradisi ini memiliki makna bisa umur tambah panjang, banyak rejeki,” katanya.

Saat About Cirebon di kediaman H. Sondani di Desa Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, pihaknya enggan berkomentar. Bahkan, sang istri pun tidak terlihat di halaman rumahnya. (HSY)

BACA YUK:  Jadwal Pemadaman Listrik di Kota Cirebon, 23 Mei 2022
(Dilihat: 3.628 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.