Permudah Pelayanan Kesehatan, RSUD Arjawinangun Luncurkan Aplikasi Sirudal
Cirebon,- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arjawinangun meluncurkan aplikasi Sistem Rujukan dan Pendaftaran Rawat Jalan (Si Rudal). Aplikasi ini untuk mempermudah pelayanan warga Kabupaten Cirebon untuk mendapatkan pelayanan di RSUD Arjawinangun.
Jika biasanya harus terlebih dahulu datang ke rumah sakit untuk melakukan pendaftaran dan lainnya, kini bisa dilakukan dengan cukup dari rumah saja. Kemudahan pelayanan tersebut, merupakan salah satu fungsi dari diluncurkannya Aplikasi Si Rudal.
Bupati Cirebon, Drs. H. Imron M.Ag mengatakan dengan mengakses aplikasi Si Rudal, warga bisa melakukan pendaftaran, mendapatkan pelayanan kesehatan rawat jalan dan lainnya.
“Sekarang, masyarakat tidak perlu datang ke rumah sakit untuk berobat, bisa dilakukan dari rumah,” ujar Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag, saat melaunching aplikasi tersebut, Senin (17/10/2022).
Imron mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh RSUD Arjawinangun ini. Karena menurutnya, saat ini perlu adanya pelayanan yang cepat dan praktis. Ia juga berharap, dengan adanya aplikasi ini, pelayanan RSUD Arjawinangun kepada masyarakat, bisa lebih maksimal dan menjadi lebih baik lagi.
“Kami mengapresiasi inovasi ini, karena masyarakat butuh pelayanan yang cepat,” kata Imron.
Direktur RSUD Arjawinangun dr. H. Bambang Sumardi, MM, MARS mengatakan aplikasi Si Rudal merupakan salah satu solusi dari beberapa problem dalam pelayanan di RSUD Arjawinangun. Sebelum adanya aplikasi ini, menurut Bambang, masyarakat harus datang terlebih dahulu untuk melakukan pendaftaran. Hal tersebut juga membuat antrean yang cukup panjang.
“Dengan menggunakan aplikasi ini, masyarakat cukup mendaftar dari rumah dan tinggal membawa pasien ke rumah sakit. Sehingga aplikasi ini, memberikan kemudahan kepada masyarakat,” ujar Bambang.
Kedepannya, pihaknya juga akan mencoba terus melakukan inovasi, untuk bisa memberikan kemudahan lainnya kepada masyarakat, yang hendak mendapatkan pelayanan kesehatan dari RSUD Arjawinangun. Salah satu rencana yang akan dicoba untuk segera direalisasikan, yaitu pelayanan kesehatan dan konsultasi dokter secara online.
“Kalau sekarang baru pelayanan pendafatran dan pelayanan kesehatan di rumah sakit saja. Kedepan, kami akan mencoba membuat pelayanan konsultasi secara online,” tandas Bambang. (HSY)