Senin, 6 Juli 2020

Peringati Hari Jadi 1 Tahun MTCRC, Kementerian Kemaritiman Bersama Duta Besar Korea dan ITB Lakukan Bersih Pantai Cirebon

Populer

Inilah Peraturan Wali Kota Cirebon No. 28 Tahun 2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)

Peraturan Wali Kota Cirebon No. 28 Tahun 2020. Klik : PERWAL282020Lampiran Pertama : Lampiran Pertama Perwal No. 28 Tahun...

Update 29 Juni, Pasien Positif Covid-19 di Kota Cirebon Bertambah Dua Orang

Cirebon,- Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Cirebon bertambah dua orang. Sehingga, dengan adanya penambahan dua pasien baru, pasien...

Masa Berlaku Hasil PCR dan Rapid Test Untuk Perjalanan KA Diperpanjang Hingga 14 Hari

Cirebon,- Dalam masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal menuju masyarakat produktif dan aman Covid-19, PT Kereta Api...

Bertambah 2 Lagi, Kasus Positif Covid-19 di Kota Cirebon

Cirebon,- Pasien terkonfirmasi positif di Kota Cirebon kembali bertambah dua orang. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan...

Kembali Dibuka, Kedai Raja Es Buah dan Ratu Mie Ramen Hadirkan Promo Menarik

Cirebon,- Bagi pecinta kuliner es buah dan mie ramen, Kedai Raja Es Buah dan Ratu Mie Ramen mulai hari...

Cirebon,- Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman bersama Duta Besar Republik Korea dan Institut Teknologi Bandung (ITB) melakukan Cirebon Coastal Cleanup Campaign yang berlangsung di Pantai Cirebon, Jalan Ambon, Kota Cirebon, Selasa (3/9/2019).

Kegiatan bersih-bersih pantai dari sampah plastik tersebut dalam rangka memperingati satu tahun berdirinya Marine Technology Cooperation Research Center (MTCRC), dengan diikuti sekitar 150 orang.

1. Gerakan Aksi Bersih Pantai

Loading...

Agung Kuswandono, selaku Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa mengatakan pantai di Indonesia saat ini banyak yang kotor, terutama terkontaminasi oleh sampah plastik.

“Jadi hari ini sudah kita lakukan itu, nanti ini akan terus kita lakukan di tempat-tempat lain dan kami mohon ini diteruskan oleh teman-teman di daerah,” ujarnya usai kegiatan.

Kegiatan bersih-bersih pantai Cirebon dihadiri Duta Besar Republik Korea, Rektor ITB, Wali Kota Cirebon, PT. Pelindo II cabang Cirebon, Kapolres Cirebon Kota, Danlanal Cirebon, KSOP kelas II, serta siswa-siswi SMA dan MAN, serta Duta Lingkungan Hidup Indonesia.

Lanjut Agung, kegiatan ini dilakukan untuk memperingati Hari Jadi 1 tahun MTCRC, dalam hal ini operasional MTCRC dilaksanakan oleh ITB dan KIOST.

“Gerakan aksi bersih pantai dari sampah plastik merupakan upaya untuk mendukung Peraturan Presiden No. 83 Tahun 2018 mengenai penanganan sampah laut,” bebernya.

“Upaya ini dilakukan untuk membangkitkan kesadaran para stakeholder dan masyarakat untuk mewujudkan Indonesia Bersih,” katanya.

Kegiatan bersih-bersih pantai Cirebon.

2. Penghasil Sampah Plastik Terbesar Kedua di Dunia

Indonesia, menurut Agung, mendapat predikat negara penghasil sampah plastik terbesar nomor dua di dunia, bukan hanya pantai tapi juga lautnya.

“Semua pantai di Indonesia, bukan hanya pantai saja yang kotor, tapi lautnya. Jadi, kalau musim angin barat atau angin timur, tiba-tiba dari dalam laut keluar sampah-sampah plastik itu kemudian dibawa ke pantai,” terangnya.

“Oleh karena itu, membersihkannya harus betul-betul secara serius, tidak bisa hanya sekedar sambil lalu saja. Hari ini kita seremonial saja, tapi ini sebagai pemicu gerakan pembersihan sampah di pantai selurh Indonesia,” tambahnya.

Dengan kegiatan seperti ini, kata Agung, ingin mengajak semua element masyarakat, tidak hanya pemerintah, tapi masyarakat, kemudian LSM, kemudian penggerak lingkungan untuk bersama-sama melihat laut dan pantai kita sebagai aset yang luar biasa.

“Dari Kemaritiman sudah banyak sekali yang kita lakukan, seperti pembersihan pantai ini, bekerja sama dengan akademisi untuk melakukan kegiatan pengolahan sampah plastik menjadi energi, dan banyak kegiatan untuk melakukan penggantian produk plastik dengan bahan baku yang bisa dalam waktu singkat terurai,” jelasnya.

Kegiatan bersih-bersih pantai Cirebon.

3. Laboratorium Penelitian Kelautan

Sementara itu, Rektor ITB, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA menambahkan MTCRC tahun lalu kita telah instalasi Laboratorium Penelitian Kelautan di Cirebon tepatnya di Watubelah, Weru, Kabupaten Cirebon.

“Penelitian ini nantinya akan lintas disiplin kenapa, karena dengan satelit kita akan pantau situasi laut kita. Ada disiplin kimia, disiplin perminyakan, teknik lingkungan, geologi, semuanya bekerja sama untuk menginterpentasikan ada apa di bawah laut kita,” jelasnya.

“Dengan demikian, ini akan mempermudah kita mengeksplorasikan laut dengan satelit,” imbuhnya.

Tambah Kardasah, MTCRC juga melakukan program-program seperti kampanye anti plastik dan sudah dilakukan pelatihan beberapa hari lalu di Cirebon kepada anak-anak muda.

“Intinya, bagaimana kita mengolah kembali plastik menjadi bahan-bahan Recycling, jadi plastik tidak jadi sampah, tapi sampah jadi barokah, menjadi produk yang bisa dipakai kembali,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Telkomsel Luncurkan Produk Inovasi Terbaru “Telkomsel Orbit”, Ini Keunggulannya

Jakarta,- Telkomsel memperkenalkan solusi berbasis digital terbaru bagi pelanggan dalam menikmati konektivitas yang lebih cerdas, cepat, dan dapat diandalkan.Solusi...

Tambahan 4 Orang Positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon Lakukan Isolasi Mandiri⁣

Cirebon,- Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon kembali bertambah 4 orang. Sehingga, total kasus Covid-19 sampai tanggal 4 Juli 2020 di Kabupaten Cirebon...

Bisnis Digital, Solusi untuk Pemulihan Ekonomi⁣

Jakarta,- Pandemi COVID-19 memiliki dampak yang sangat besar pada hampir semua sektor kehidupan. Tidak hanya kesehatan, sektor ekonomi menjadi salah satu sektor paling terdampak...

Dua Usia Muda Menambah Kasus Covid-19 di Kota Cirebon

Cirebon,- Tim gugus tugas Percepatana penanganan Covid-19 Kota Cirebon mengumumkan dua kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Cirebon.Berdasarkan data dari pusat informasi dan...

Kembali Dibuka, Kedai Raja Es Buah dan Ratu Mie Ramen Hadirkan Promo Menarik

Cirebon,- Bagi pecinta kuliner es buah dan mie ramen, Kedai Raja Es Buah dan Ratu Mie Ramen mulai hari ini beroperasi seperti biasanya.Setelah hampir...

More Articles Like This