Pentingnya Geotextile Non Woven Untuk Menahan Erosi

Kondisi fisiologis alam Indonesia terdiri dari banyak gunung dan bukit, longsor sering terjadi pada area tebing yang digunakan sebagai pemukiman, seringkali kerusakan-kerusakan tebing di Indonesia pada umumnya terjadi di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS).

Hal seperti ini biasanya terjadi disebabkan karena derasnya aliran arus sungai yang lama-kelamaan akan mengikis tebing di bagian kanan dan kiri sungai sehingga dalam jangka panjang akan menyebabkan terjadinya erosi.

Pabrik Urban Plastic adalah plastik produksi PT. Kapuk Mas Agung Abadi.

Dimana pada awalnya mungkin terlihat hanya runtuhan serpihan namun jika terus dibiarkan akan menyebabkan terjadinya keruntuhan tebing sungai tersebut, terlebih lagi kanan dan kirinya digunakan sebagai area pemukiman. Oleh karena itu dibutuhkan perkuatan tanah, dapat menggunakan cara konvensional maupun menggunakan material geosynthetic berupa geotextile.

BACA YUK:  Pernah TK atau SD? Tau Cilor Kipas Kaaan?

Geotextile adalah salah satu material yang paling banyak digunakan dalam dunia geoteknik. Ini dikarenakan letak geografis wilayah Indonesia sebagian besar kondisi tanahnya merupakan tanah lunak. Penggunaan Geotextile ini sangat membantu tanah menjadi kuat, dan juga penggunaan Geotextile ini sangat menghemat biaya dibandingkan dengan metode penguatan tanah lainnya. Selain itu Geotextile juga memiliki daya tahan yang sangat baik sehingga menjadikan tanah tidak mudah ambles.

Ada 2 jenis Geotextile, Geotextile Woven dan Geotextile Non Woven. Salah satu produk yang menjadi unggulan saat ini adalah Geotextile Non Woven. Untuk bahannya, produk yang satu ini terbuat dari bahan polimer polyester atau Polypropylen. Bahan yang satu ini menggunakan tensil strenght sehingga tidak akan membuat reduksi adanya penurunan karena tanah yang lunak.

BACA YUK:  Info Loker : RSU Medimas

Geotextile Non Woven dapat digunakan sebagai pemisah atau disebut juga dengan separator. Produk yang satu ini berfungsi untuk melakukan pencegahan agar lapisan material satu dengan yang lainnya bersatu. Sehingga, dengan menggunakan alat yang satu ini maka material-material yang berbeda tentunya tidak akan bercampur menjadi satu yang akan merusak rencana dalam pembangunan.

Ternyata Geotextile Non Woven juga banyak digunakan pada pantai. Geotextile ini digunakan untuk menahan erosi jika dipadukan dengan menggunakan batu. Produk ini bisa menahan erosi di pantai. Dengan memadukan antara Geotextile dan juga batu maka pasir pantai tidak akan terbawa oleh ombak yang menghantam.

BACA YUK:  Banyak Acara Hari Jadi Cirebon, Pemda Kota Cirebon Siapkan Kantong Parkir Baru di Jalan Siliwangi

Perusahaan urbanplastic.id merupakan perusahaan yang bergerak di bidang modern material building terbaru dengan produk-produk yang berkualitas dan berstandar Nasional. Urbanplastic.id menyediakan Geotextile Woven dan Geotextile Non Woven untuk kebutuhan konstruksi.

Nah, saat Anda mencari perusahaan yang jual geotextile non woven untuk menahan erosi, tidak salah lagi kalau langsung memilih Urban Plastic.

Urban Plastic berlokasi di Jalan Kapuk Raya No. 14 RT/RW 008/02 Kelurahan Kapuk Jakarta Barat, 11720 Indonesia. Untuk order produk-produk yang dimiliki Urban Plastic bias kontak ke telpon 021 6191294/6195411 atau ke WA 08111721338 (*)

(Dilihat: 97 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.