Dukung Pemberdayaan UMKM, DKUKMPP Kota Cirebon Siap Gelar Cirebon Festival 2024

Cirebon,- Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon, akan menyelenggarakan Event “Cirebon Festival 2024”.

Kegiatan Cirebon Festival 2024 yang diselenggarakan pada 10 – 12 Mei 2024 itu, akan berlangsung di Jalan Pasuketan (Area BAT) Kota Cirebon.

Kepala DKUKMPP Kota Cirebon, Iing Daiman mengatakan kegiatan Cirebon Festival 2024 yang akan diselenggarakan dari tanggal 10-12 Mei 2024 itu, dalam rangka pemberdayaan dan pengembangan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

BACA YUK:  DKUKMPP Kota Cirebon Dorong UMKM Daftarkan Merek Dagang

Rangkaian kegiatan dilakukan secara kolaborasi dan didukung oleh berbagai pihak. Mulai dari Kementrian Koperasi dan UKM RI, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Otoritas Jasa Keuangan, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Cirebon, KPP Pratama Cirebon Satu , BJB Kantor Cabang Cirebon, hingga BPJS Ketenagakerjaan Cirebon.

“Dalam event tersebut ada beberapa kegiatan, yaitu Launching UMKM Naik Kelas, Launching “Cirebon Extrade Hub” (Export Trading Hub), Bazar UMKM, Gerakan Pasar Murah, Festival Kuliner, Cirebon Fashion Carnival, Penampilan Kesenian dan Lomba-lomba,” ujar Iing kepada About Cirebon, Senin (6/5/2024).

BACA YUK:  Tradisi Dlugdag di Keraton Kasepuhan Cirebon, Tanda Masuknya Awal Bulan Ramadan

“Untuk lomba yang kita hadirkan mulai dari lomba mewarnai, lomba Ranking SADUTA (Satu-Dua-Tiga), Lomba Foto dan Lomba Video,” sambungnya.

Salah satu yang menarik dari rangkaian “Cirebon Festival 2024”, kata Iing, adalah kegiatan Launching “Cirebon Extrade Hub” (Export Trading Hub).

Cirebon Extrade Hub yaitu ekspor produk-produk UMKM Kota Cirebon dan sekitarnya, melalui jejaring perwakilan komunitas Pekerja Migran Indonesia (PMI) sebagai target market produk UMKM di luar negeri.

“Sehingga dengan kegiatan tersebut diharapkan UMKM Kota Cirebon bisa naik kelas, tidak hanya memasarkan produk di dalam negeri saja tapi ke luar negeri juga,” ungkapnya.

BACA YUK:  Kapolresta Cirebon : Laporkan Tindak Kejahatan Melalui Layanan Call Center 110 Polresta Cirebon

Seiring dengan hal tersebut, menurutnya, perlu adanya peningkatan kualitas produk maupun kualitas SDM, agar mampu bersaing di pasar nasional maupun global.

“Melalui event ini, diharapkan perekonomian Kota Cirebon terus berkembang, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Cirebon,” pungkas Iing. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *