Pengibaran 1.000 Bendera Merah Putih untuk Memupuk Kembali Rasa Nasionalisme dan Patriotisme

Cirebon,- Polres Cirebon Kota bersama Aliansi BEM GMC (Gerakan Mahasiswa Cirebon dan Gerakan Budiraja Kreatif (Gebuk) menggelar pengibaran 1000 bendera merah putih, baksos dan vaksinasi covid-19. Kegiatan tersebut berlangsung di Blok Budiraja Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Senin (16/8/2021).

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Imron Ermawan mengatakan kegiatan kami berkolaborasi bersama TNI, gerakan mahasiswa Cirebon dan pemuda Budiraja menggelar pengibaran 1000 Bendera merah putih, bakti sosial, dan vaksinasi covid-19.

“Hari ini kita melaksanakan tiga kegiatan yaitu pengibaran seribu bendera, bakti sosial, dan pemberian vaksin kepada masyarakat khususnya warga Budiraja,” ujar Imron saat ditemui About Cirebon, Senin (16/8/2021).

BACA YUK:  Jadwal Pemadaman Listrik di ULP Sumber 10 November 2022

Menurut Imron, dalam pelaksanaan vaksinasi covid-19 menyiapkan sebanyak 250 vaksin, 200 paket beras masing-masing 5 kilogram.

“Untuk pengibaran seribu bendera merah putih ini dalam rangka memperingati 17 Agustus. Kegiatan ini bertujuan untuk mengingat jasa pahlawan serta terus menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme,” ungkapnya.

“Dengan mengibarkan bendera artinya desa ini selalu dan selalu bagian dari NKRI, baik pemuda, bapak ibu, anak-anak dan lainnya,” tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut Imron sangat mengagumi para pemuda di Desa Budiraja. Pasalnya, kesadaran para pemuda di Desa Budiraja sangat tinggi.

“(Kesadaran pemuda) tinggi saya kagumi itu. Karena prosesnya sudah dari dua bulan yang lalu. Mulai dari perencanaan dan sebagainya bisa terlaksana hari ini,” pungkasnya.

BACA YUK:  Miliki SDM dan Fasilitas Memadai, RSUD Waled Diusulkan Jadi Rumah Sakit Rujukan Provinsi

Yuda Thomas Saputra, Koordinator Aliansi BEM GMC mengatakan kegiatan pengibaran seribu bendera di Budiraja ini untuk menanamkan dan memupuk kembali nasionalisme dan patriotisme yang mulai pudar di masyarakat.

“Mengingat selama 76 tahun merdeka itu banyak masyarakat yang hilang rasa patriotisme karena perkembangan zaman. Oleh karena itu, dengan kegiatan ini kami harapkan masyarakat bisa memupuk rasa nasionalisme dengan hal sederhana yaitu pengibaran bendera merah putih,” ungkapnya.

Sementara itu, Raden Muchammad Fajri Fantara Surakusuma, Ketua Pelaksana menambahkan bahwa kegiatan ini berawal dari kebiasaan masyarakat Desa Budiraja memperingati Kemerdekan bangsa Indonesia. Tahun-tahun sebelumnya, kegiatan diisi dengan pentas seni, lomba kemerdekaan dan lain sebagainya.

BACA YUK:  Swiss-Belresort Dago Heritage Sambut Tahun Baru Imlek dengan Buffet Dinner

“Tapi kami menyadari di masa PPKM ini tidak bisa menyelenggarakan kegiatan-kegiatan seperti biasa. Karena prinsip dari teman-teman Gebuk berani beda sedangkan yang lain memilih yang sama” ujarnya.

“Oleh karena itu, sesuai dengan namanya Gebuk kegiatan inilah bentuk kekreatifan kita semua. Sehingga ide-ide Gerakan Budiraja Kreatif hasilnya seperti ini, pengibaran seribu bendera. Alhamdulillah kegiatan ini didukung penuh oleh Polres Cirebon Kota,” pungkasnya. (AC212)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *