Expo Pendidikan dan Gebyar Ramadan di SMPN 1 Kota Cirebon, Asah Kreativitas Siswa

Cirebon,- SMPN 1 Kota Cirebon menggelar kegiatan Expo Pendidikan dan Gebyar Ramadan. Acara yang diselenggarakan di lapangan SMPN 1 Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon ini berlangsung selama tiga hari 20 – 22 April 2022.

Kepala SMPN 1 Kota Cirebon, Lilik Agus Darmawan, S.Pd, MM mengatakan kegiatan Expo dan Gebyar Ramadan bertujuan untuk mewadahi apa yang sudah diperoleh dari siswa, terutama Kelas IX untuk ujian praktek berbasis project. Lanjut Lilik, project yang sudah didapat lalu dipamerkan dan ditawarkan kepada orang tua untuk diperjualbelikan.

“Jadi kegiatan ini untuk mewadahi para siswa kelas IX SMPN 1 Kota Cirebon untuk ujian praktek berbasis project. Dan kegiatan ini juga didukung oleh kelas VII dan VIII, mereka berkreativitas dibantu oleh para orang tua untuk membuat produk dan dipamerkan serta diperjualbelikan,” ujar Lilik saat ditemui About Cirebon, Kamis (21/4/2022).

BACA YUK:  Siap Bangkitkan Sepakbola Cirebon, PSGJ Siap Launcing Manajemen Baru dan Pemain Hasil Seleksi

Tak hanya kegiatan Expo Pendidikan dan Gebyar Ramadan, SMPN 1 Kota Cirebon juga mengadakan berbagai perlombaan. Seperti perlombaan pidato, fashion show, lomba adzan, lomba Tahfiz, lomba kaligrafi, dan lomba ceramah keagamaan.

“Perlombaan ini untuk merangsang kreativitas anak. Tentu ini semua sebagai wadah menampung kreativitas anak-anak. Dua tahun karena pandemi, kegiatan seperti ini tidak bisa dilaksanakan dan kesempatan ini atas ijin dari Dinas Pendidikan Kota Cirebon,” kata Lilik.

Untuk menghindari kerumunan, kata Lilik, kegiatan Expo Pendidikan dan Gebyar Ramadan ini dijadwalkan untuk kunjungan orang tua. Acara yang sudah berjalan sejak hari Rabu sampai Jumat (20-22 April 2022).

BACA YUK:  Komisi II DPRD Kota Cirebon Soroti Potensi Kebocoran Pendapatan Asli Daerah

“Jadi dijadwalkan kunjungannya, hari pertama atau hari Rabu kemarin kunjungan dari orang tua siswa IX, hari kedua kunjungan orang tua kelas VIII, dan hari Jumat kunjungan orang tua kelas VII. Hari terkahir kita buka dari pukul 14.00 WIB sampai waktu berbuka puasa,” jelas Lilik.

“Karena hari terakhir nanti akan diselenggarakan berbagai agenda seperti pembagian takjil, tausiyah, pembagian hadiah lomba, hingga berbuka puasa bersama,” sambungnya.

Dengan adanya kegiatan ini, menurut Lilik, memberikan pembelajaran menjadi wirausaha kepada anak-anak SMPN 1 Kota Cirebon. Selain itu, anak-anak mendapat pengalaman dengan kegiatan seperti ini..

BACA YUK:  Setiap Malam Minggu, Disbudpar Kota Cirebon Akan Hadirkan Musik di Depan Balaikota

Expo Pendidikan dan Gebyar Ramadan Cirebon diikuti seluruh kelas di SMPN 1 Kota Cirebon. Total keseluruhan stand sebanyak 32 stand yang diisi oleh masing-masing kelas, baik kelas IX, VIII, dan kelas VII.

“Kalau kelas di SMPN 1 ini ada 32 kelas, sehingga stand yang terisi sebanyak 32 kelas. Ditambah juga dengan stand dari mitra kita yang ikut dan mendukung,” jelasnya.

Lilik berharap dengan digelarnya kembali Expo Pendidikan dan Gebyar Ramadan ini anak-anak bisa bangkit kembali semangatnya untuk belajar. Ke depan oandemi COVID-19 terus landai, sehingga program setiap tahun ini bisa berjalan lagi dengan normal. (HSY)

(Dilihat: 83 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.