Senin, 17 Mei 2021

Nasi Jamblang Hj. Lili Berdayakan Warga Sekitar, Urban Farming Hingga Sirup Kemon

Populer

Kampung Sabin, Tawarkan Konsep Suasana Bali

Cirebon,- Ingin merasakan suasana seperti di Ubud Bali, kini tidak perlu jauh-jauh harus pergi ke Bali. Pasalnya, di Cirebon...

Pesona Curug Cigetruk yang Belum Banyak Orang Tahu dengan Ketinggian 27 Meter⁣⁣⁣

⁣⁣Cirebon,- Kecamatan Dukupuntang dikenal sebagai salah satu wilayah kecamatan penyangga pariwisata berbasis alam (Agrowisata) di Kabupaten Cirebon.⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Terdapat berbagai sumber...

Serentak, PGRI Kota Cirebon Bagikan 3000 Takjil dan Nasi Kotak di 4 Kecamatan⁣

Cirebon,- Di penghujung Ramadan 1442 H ini, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Cirebon mengadakan kegiatan berbagi. Berbeda dengan...

RedBox Barbershop Ramai Pengunjung, Hari Lebaran Tetap Buka

Cirebon,- Jelang hari raya Idulfitri, jasa potong rambut atau barbershop ramai pengunjung. Hal ini menjadi berkah tersendiri bari para...

Cirebon,- Nasi Jamblang Hj. Lili yang baru dibuka pada tanggal 9 November 2019 lalu mengusung konsep yang berbeda. Dengan konsep modern, kuliner khas Cirebon ini berlokasi di Jalan Kabupaten, Kota Cirebon.

Dr. Ir. Arief Safari, pemilik Nasi Jamblang Hj. Lili mengatakan konsep Nasi Jamblang Hj. Lili ingin membuat atau mengangkat ide bahwa Nasi Jamblang ini bukan sesuatu makanan untuk rakyat jelata. Sehingga orang selalu mengindentikan makan Nasi Jamblang di pinggir jalan, penuh debu.

“Maka Nasi Jamblang Hj. Lili kita ubah konsep itu. Nasi Jamblang itu suguhannya sudah luar biasa, dan yang makan juga sudah orang-orang elit. Tapi mereka kan membutuhkan level pelayanan yang berbeda seperti tempat lebih bersih, lebih nyaman,” ujarnya saat ditemui About Cirebon, Sabtu (16/11/2019).

Loading...

“Oleh karena itu, kita membuat konsep bahwa makan Nasi Jamblang bisa ditempat yang nyaman dan enak. Artinya kita ingin mengubah pandangan tentang Nasi Jamblang,” tambahnya.

Menurut Arief, saat ingin membangun ide tentang Nasi Namblang Bu Hj. Lili, berangkat dari rumah orang tuanya yang sudah cukup lama tidak ditempati, kemudian mendapat ide dari salah satu penunggu rumah untuk bersama-sama mengembangkan usaha lebih lanjut.

BACA YUK:  Grage Resort Sangkan Kuningan Hadirkan Paket Buka Puasa dan Promo Kamar Selama Ramadhan

“Saat itu saya tercetus untuk membuat Nasi Jamblang. Dari situ, saya dikenali oleh Pak Engkos penunggu rumah dengan Komunitas Ruang Sekawan. Komunitas ini adalah sekumpulan anak-anak muda di RW 04 Kelurahan Kejaksan, yang ingin menyalurkan bakat-bakat tentang masalah seni dan masalah lainnya,” bebernya.

Tak hanya bertemu dengan Komunitas Ruang Sekawan, kata Arief, kami dikenali lagi dengan Ibu RW dan ibu-ibu PKK, bahwasanya mereka menginformasikan pernah ikut lomba pangan dan menang. Produk yang dilombakannya itu namanya Sirup Kemon (Kemangi Lemon).

Pemilik Nasi Jamblang Hj. Lili Tunjukan Sirup Kemon (Kemangi Lemon)

“Dari ketiga pertemuan itu saya buat satu konsep. Kalau nasi jamblang bu Hj. Lili kita bangun, itu tidak akan menjadi berdiri sendiri konsepnya,” terangnya.

“Jadi anak-anak ruang sekawan ini akan mengembangkan urban farming berupa hydroponic untuk tanaman kemangi, selada. Dan ada juga tanaman tabulapot (tanaman buah dalam pot) berupa lemon atau jeruk nipis,” tambhanya.

Dari hasil urban farming ini, kata Arief, sebagian akan ditampung di nasi jamblang Hj. Lili dan sebagain lagi akan digunakan ibu-ibu PKK untuk mengelola membuat Sirup Kemon.

“Setelah Sirup Kemon jadi, pemasarannya ke kita lagi di nasi jamblang Hj. Lili. Jadi konsep utuhnya adalah kita ingin menjadikan RW 04 ini sebagai desa wisata. Nanti ada wisata agro berupa hydroponic, wisata kuliner, dan pemberdayaan ekonominya,” paparnya.

“Di mana desa wisata inilah sebagai penunjang pengembangan Alun-alun Kejaksan. Kalau Alun-alun Kejaksan sudah jadi, justru memerlukan komponen pendukung. Salah satu pendukungnya adalah desa wisata di RW 04 ini” kata Arief.

Pihaknya ingin menumbuhkan, bukan tatanan bahwa nasi jamblang ingin maju sendiri, tapi ingin masyarakat yang ada disekitar bisa ikut maju.

“Jadi saya ingin maju bersama-sama di RW 04 Kelurahan Kejaksaan ini,” ungkapnya.

Rencana kedepan, Nasi Jamblang Hj. Lili memiliki cita-cita nasi jamblang bisa ada dimana-mana dalam bentuk franchise. (AC212)

BACA YUK:  Toko Kharisma Panjunan Tawarkan Aneka Jenis Kurma Berkualitas
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Layanan KA Khusus Non-Mudik di Daop 3 Cirebon Berangkatkan 3.564 Penumpang

Cirebon,- Selama masa larangan mudik lebaran tahun 2021, PT KAI Daop 3 Cirebon telah melayani orang-orang yang dikecualikan sesuai...

Pasca Lebaran, Kepala Daerah Diminta Lakukan Uji Sampling Covid-19

Cirebon,- Pasca hari raya idul Fitri 1442 Hijriah, Presiden Joko Widodo saat Rakor Virtual mengintruksikan kepada Kepala Daerah untuk berhati-hati didalam menyikapi pasca mudik...

Moment Ramadan dan Idul Fitri 2021, Layanan Data Telkomsel Tumbuh 49 Persen

Jakarta,- Selama momen Ramadan dan Idulfitri 2021, Telkomsel mencatat lonjakan trafik layanan data hingga 39.7 Petabyte (PB), atau tumbuh 49% dibanding momen yang sama...

Penyekatan Arus Balik di Kota Cirebon, Hasil Pemeriksaan Antigen Dinyatakan Negatif

Cirebon,- Petugas Polres Cirebon Kota bersama petugas gabungan melakukan penyekatan arus balik dan pemeriksaan tes cepat antigen di Pos PAM Kalijaga, Kota Cirebon, Senin...

More Articles Like This