Kamis, 21 Januari 2021

Mulai Desember, Pegawai di Pemkab Cirebon Gunakan Batik Mande Praja Caruban

Populer

Obyek Wisata Baru Tenjo Layar Kuningan Segera Dibuka⁣⁣

⁣Kuningan, - Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) Tenjo Layar merupakan salah satu obyek wisata baru di Kuningan...

Sensasi Makan Durian Montong Petik Langsung dari Pohon di Kopi Montong

Cirebon,- Berada di ketinggian 150 meter di atas permukaan laut (MDPL), agrowisata durian Kopi Montong yang berlokasi di Sindang...

Inilah Tempat Wisata Kuliner di Talun Kabupaten Cirebon dengan Suasana Persawahan ⁣

Cirebon,- Kawasan Jalan Ir. Soekarno, Desa Kecomberan dan desa Sarwadadi Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon kini sudah menjadi tempat tujuan...

Dapur Kampung Kuliner Tawarkan Menu Enak Tapi Murah, Spesial Lele Bakar Kacang

Cirebon,- Berbicara tentang kuliner memang tidak ada habisnya. Apalagi Cirebon menjadi salah satu Kota dengan beraneka ragam kuliner. Banyak rumah...

Produk Kecantikan KF Skin Cosmetics Berikan Apresiasi Kepada Member

Cirebon,- KF Skin Cosmetics TR Team Jawa Barat menggelar acara yang bertajuk Awarding Night atau malam penghargaan bagi para...

Cirebon,- Pemerintah Kabupaten Cirebon telah menetapkan Batik Mande Praja Caruban sebagai batik baru untuk seluruh pegawai di Pemerintahan Kabupaten Cirebon, Senin (30/11/2020).

Batik Mande Praja Caruban ini menggantikan batik berwarna merah yang sudah ada. Dimana, batik ini akan digunakan oleh seluruh pegawai Pemkab Cirebon hingga ke tingkat desa.

Penggunaan Batik Mande Praja Caruban mulai digunakan pada Desember tahun ini, setiap hari Kamis pada Minggu genap.

Loading...

Pergantian batik merah yang sudah ada dengan Batik hasil dari lomba atau sayembara design batik yang diselenggarakan pada 2019 lalu ini sudah sesuai dengan Perbup (Peraturan Bupati) nomor 47 tahun 2020.

BACA YUK:  Komnas Perlindungan Anak Cirebon Raya Mencatat Kekerasan Terhadap Anak Meningkat⁣⁣

Dalam perbup tersebut menjelaskan tentang perubahan atas peraturan Bupati nomor 40 tahun 2019 tentang pakian dinas kepala daerah, wakil kepala daerah dan pegawai negeri sipil dilingkungan pemerintah Kabupaten Cirebon.

“Pakain batik ini akan digunakan pada minggu genap setiap hari Kamis. Akan dimulai pada Desember ini penggunaannya,” ujar Hartono, Kadisbudparpora Kabupaten Cirebon, Selasa (1/12/2020).

Untuk tahap pertama, menurut Hartono, pihaknya sudah memesan sebanyak 5000 potong kain batik ke pengrajin melalui Dinas UMKM yang memesan langsung ke pengrajin.

“Tahap pertama ini kita sudah pesan 5000 potong kain batik ke pengrajin langsung,” jelas Hartono.

Diberitakan sebelumnya, Batik Mande Praja Caruban merupakan hasil lomba tahun anggaran 2019.

“Motif dari Batik Mande Praja Caruban yaitu motif Cirebonan. Perpaduan dari berbagai jenis dijadikan satu,” ujar Hartono saat dihubungi, Jumat (2/10/2020).

Hartono menjelaskan, Batik Mande Praja Caruban adalah motif yang diciptakan khusus untuk menjadi motif khas dan dikenakan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon.

Motif ini merupakan karya orisinal seniman batik Cirebonan melalui lomba Desain batik Kabupaten Cirebon Tahun 2019 yang hak ciptanya menjadi milik Pemerintah Kabupaten Cirebon.

BACA YUK:  PPKM di Kabupaten Cirebon, Petugas Gabungan Gelar Razia Masker

“Selain menjadi khas Pemerintah Kabupaten Cirebon,diharapkan motif batik ini juga akan menjadi kebanggaan daerah Kabupaten Cirebon serta memberikan semangat untuk membangun daerah tercinta menjadi lebih maju dan sejahtera,” ungkapnya.

Mengenai makna tersirat dari nama motif batik tersebut, Hartono menjelaskan bahwa motif utama dari batik tersebut Mande (Bale/Tajug) suatu banguna tempat berkumpul untuk berembuk, berbincang, musyawarah mengerjakan ilmu atau komunikasi lainnya.

“Pada jaman dahulu Mbah Kuwu memerintahkan kepada seluruh ki gede/kuwu untuk membangun mande yang fungsi utamanya adalah untuk syiar Islam,” jelasnya.

BACA YUK:  Segarnya Berenang dan Menginap di Teras Cibulakan⁣

Kemudian Praja, kata Hartono artinya pegawai pemerintah orang-orang yang beraktifitas di lingkungan pemerintah. Praja juga bermakna struktur pemerintah dengan seluruh komponen pendukungnya.

Sedangkan Caruban artinya Cirebon, menunjuk pada daerah Kabupaten Cirebon dengan segala keanekaragaman penduduknya, kekayaan alamnya serta aneka potensi budayanya.

“Mengunakan bahasa aslinya nama daerah Cirebon dimasa lalu, Caruban, yang berarti campuran untuk lebih memberikan kesadaran akan daerah yang multi kultur, terbuka dan toleran dengan segala potensi yang dimilikinya,” kata Pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Agrowisata dan Edukasi Griya Hidroponik Tawarkan Konsep Petik Sendiri⁣

Cirebon,- Griya Hidroponik Cirebon yang berada di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa, Kedawung, Kabupaten Cirebon menjual segala macam produk sayuran...

Dengan Tampilan Baru, PT CDPB Cirebon Luncurkan New Car Pick Up

Jakarta,- Memasuki tahun 2021, PT Cinta Damai Putera Bahagia (CDPB) meluncurkan New Carry Pick Up yang hadir dengan tampilan baru. Acara peluncuran kendaraan niaga andalan...

Tumbuhkan Generasi Cinta Al-Quran Sejak Dini Bersama Al Madeena Islamic School

Cirebon,- Al Madeena Islamic School merupakan tempat belajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berbasis Islami. Sekolah yang menumbuhkan generasi global yang bertakwa, cerdas,...

ACT Ajak Masyarakat Cirebon Layarkan Kapal Kemanusiaan Ke Sulawesi Barat

Cirebon,- Sejak awal tahun 2021, berbagai peristiwa menimpa bangsa Indonesia. Bencana alam dan musibah terjadi dalam kurun waktu yang sangat singkat. Bencana longsor di...

More Articles Like This