Keistimewaan Produk EB Batik Cirebon, yang Sudah Merambah Hingga Ke Luar Negeri

Cirebon,- Cirebon terkenal dengan industri batiknya, seperti batik trusmi dan batik Ciwaringin. Bahkan, produk batik Cirebon sudah merambah hingga kepasar Internasional, sehingga tak diragukan lagi kualitasnya.

Seperti produk batik dari EB Batik Cirebon yang sudah merambah hingga ke Malaysia, Vietnam, Thailand, China, Prancis, Singapore, dan negara lainnya.

Hisyam Suleiman, selaku Pengelola EB Batik Cirebon mengatakan produk-produk batik yang sudah ke pasar Internasional kebanyakan batik-batik yang premium seperti batik tulis dan sutra.

“Kalau untuk produk batik printing atau cetak kita kalah sama China dan Malaysia, karena teknologi dan materialnya yang murah,” ujarnya saat ditemui About Cirebon di EB Batik, Jalan Panembahan, Kabupaten Cirebon.

BACA YUK:  Mari Jaga Kebersihan dan Ketertiban Masjid Al Jabbar Bersama-sama

Lanjut Hisyam, keunggulan dari EB Batik dengan batik-batik yang lain yaitu mulai dari motif, bahan, dan memang dibuat sendiri di pabrik sehingga, kemungkinan ditiru oleh yang lain itu kecil.

“Mungkin bisa ditiru, tapi ada beberapa signature yang benar-benar tidak bisa ditiru oleh orang,” ungkapnya.

Menurut Hisyam, EB Batik Cirebon keunggulannya yaitu mempunyai motif sendiri, signature sendiri, bahkan sampai ke warnapun punya racikan sendiri.

“Jadi kalau untuk harga batik di EB Batik ya lumayan, tapi kita kasih kualitas yang bener-bener bagus,” jelasnya.

BACA YUK:  Inilah Acara di Cirebon Hari Sabtu dan Minggu yang Seru dan Menarik

Untuk harga batik tulis, kata Hisyam, dibandrol dari harga Rp. 100 ribu sampai Rp. 200 ribu untuk yang simpel, tapi untuk yang premiumnya sendiri bahannya katun atau sutra, motif dan warnanya susah kisaran dihargai Rp. 1 jutaan sampai Rp. 8 jutaan.

“Untuk pembuatan batik yang signature atau premium bisa dikerjakan 3-4 bulan untuk satu batik,” tandasnya. (AC212)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *