Jumat, 17 September 2021

Ini Tujuan Diselenggarakan Talkshow Tips dan Trik Menjadi Ibu Baru

Populer

Fenomena Ribuan Burung Pipit Mati di Bali, Terjadi Juga di Cirebon

Cirebon,- Setelah beberapa hari lalu terjadi di Pulau Bali, fenomena burung mati mendadak terjadi di Kota Cirebon. Ribuan Burung...

Tujuh Kecamatan di Kabupaten Cirebon Disurvei PT Pertamina Hulu Energi

Cirebon,- Kabupaten Cirebon dijadikan sebagai lokasi penelitian pencitraan lapisan dan struktur melalui survei kebumian dimensi vibroseis sub vulkanik Jawa...

Pemerintah Izinkan Bioskop di PPKM Level 3 dan Level 2 Dibuka, Tapi Ada Syaratnya

Jakarta,- Pemerintah akhirnya mengizinkan bioskop beroperasi di Jawa dan Bali. Hal ini diungkapkan oleh Koordinator PPKM Jawa dan Bali Luhut...

Kota Cirebon Siapkan Jalur Khusus Sepeda, Dishub Segera Uji Coba

Cirebon,- Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon melalui Dinas Perhubungan (Dishub) mulai menyiapkan uji coba pemberlakuan jalur khusus sepeda di...

Sample Burung Pipit Mati Mendadak di Balaikota Cirebon akan Dites dengan Metode PCR

Cirebon,- Tim medis veteriner dari Lab Kesehatan Masyarakat Veteriner Provinsi dan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota...

Cirebon,- Komunitas Prenatal Yoga Cirebon bekerja sama dengan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Cahaya Bunda menggelar Talkshow Bincang Ibu yang berlangsung di Gramedia Cipto, Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon, Sabtu (16/2/2019).

Talkshow ini mengambil tema perubahan yang terjadi pada ibu baru dari sisi psikologis yang bertajuk “Tips dan Trik Menjadi Ibu Baru”, bersama Herlina S. Dhewantara S.Psi yang merupakan psikolog dari RSIA Cahaya Bunda.

1. Tujuan Diselenggarakan Talkshow

Loading...

Nofita, selaku penggagas komunitas dan pelatih Prenatal Yoga Cirebon mengatakan acara #BincangIbu ini sengaja digagas untuk mendukung para ibu baru agar tidak merasa sendiri, hilang arah serta meningkatkan kesadaran bahwa perubahan emosi ini wajar dialami oleh ibu baru

Selama masa pendampingan dengan ibu-ibu, lanjut Nofita, rata-rata feadbacknya yang merasa perlu dukungan dari orang-orang sekitar, yakni setelah persalinan mengalami kebingungan.

“Tips dan Trik Menjadi Ibu Baru”, bersama Herlina S. Dhewantara S.Psi yang merupakan psikolog dari RSIA Cahaya Bunda

“Contohnya seperti permasalahan ASI tidak keluar, sampai hal yang parah hingga anaknya dipukul dan segala macamnya,” ujarnya kepada About Cirebon.

BACA YUK:  Pemkab Cirebon Salurkan Bantuan kepada Penyandang Disabilitas

Yang paling utama dari kegiatan ini, kata Nofita, yaitu agar para suami tahu apa yang dibutuhkan istrinya setelah melahirkan.

“Karena, selama ini kan kalau setelah lahiran biasanya fokusnya ke bayi, sehingga banyak yang lupa kepada ibunya,” kata Nofita.

“Padahal, ibu setelah melahirkan itu perlu banget yang namanya dukungan yang bagus,” imbuhnya.

2. Melakukan Yoga

Lanjut Nofita, perubahan fisik pada ibu hamil dan rasa tidak nyaman yang muncul selama masa kehamilan merupakan hal yang wajar.

“Begitupun dengan perubahan emosi yang terjadi yang dipengaruhi oleh hormon yang muncul selama masa kehamilan,” jelas Nofita.

Menurut Nofita, hal tersebut bisa diminimalisir salah satunya dengan melakukan Yoga, karena beberapa diantara manfaat yoga untuk ibu hamil adalah tidak hanya fokus pada fisik saja tetapi juga menimbulkan perasaan nyaman dan tenang,” jelas ibu empat anak ini.

BACA YUK:  Damkar Kota Cirebon Masih Temukan Fasilitas Pemadam Api yang Tidak Layak

3. Alami Ketidakstabilan Emosi

Sementara itu, Herlina S. Dhewantara S.Psi, Psikolog Cahaya Bunda menjelaskan bahwa wanita setelah melahirkan mengalami ketidakstabilan emosi misalnya tiba-tiba ibu merasa sedih kemudian senang, kecewa, tidak puas terhadap dirinya, rendah diri, merasa tidak mampu merawat anak, dan sebagainya.

Sebagian mungkin, lanjutnya, karena pengaruh baby blues, tapi nyatanya semua ibu baru akan mengalami gejolak emosi karena salah satunya pengaruh perubahan hormon.

“Informasi ini seharusnya sudah dipahami oleh calon ibu dan suaminya, sebagai pendukung dan pendamping utama istri,” kata Ade sapaan akrab Herlina.

4. Hal yang wajar

Masa kehamilan dan sesudah melahirkan, kata Ade, lazim bagi seorang wanita mengalami perubahan hormon yang mempengaruhi fisik maupun emosinya.

“Hal tersebut disebabkan karena di masa kehamilan produksi hormon progesteron dan estrogen pada wanita mengalami peningkatan dan setelah melahirkan hormon tersebut turun secara drastis sehingga sangat wajar apabila wanita mengalami gejolak emosi pada dirinya,” terang Ade.

5. Komitmen RSIA Cahaya Bunda

Sementara itu, Marketing Manager Rumah Sakit Ibu dan Anak Cahaya Bunda, Yudi mengatakan sebagai Rumah Sakit Ibu dan Anak, memiliki kepedulian terhadap isu perubahan emosi menjadi ibu baru.

“Untuk itu, kami berkomitmen untuk selalu mendukung serta memfasilitasi kebutuhan para ibu dari persiapan kehamilan hingga setelah ibu melahirkan,” ungkap Yudi.

BACA YUK:  Tinjau Vaksinasi Massal, Kapolda Jabar Kejar Herd Immunity Hingga Akhir Desember

Lanjut Yudi, salah satu komitmenya adalah berkolaborasi dengan komunitas ibu Prenatal Yoga Cirebon dalam kegiatan #BincangIbu.

“#BincangIbu memang dirancang menjadi wadah bagi para ibu untuk saling bertukar informasi serta berkonsultasi dengan para ahli di bidangnya yang terkait dengan masalah keluarga,” bebernya.

“Kedepannya tidak menutup kemungkinan Prenatal Yoga dapat bekerja sama dengan instansi, komunitas, maupun kelompok organisasi manapun yang sejalan dengan Prenatal Yoga Cirebon,” tutup Yudi. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

RajaBackLink.com

Latest News

Saat Uji Coba di Jalan Siliwangi Kota Cirebon, Petugas Masih Menemukan Kendaraan Parkir di Jalur Sepeda

Cirebon,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon mulai melakukan uji coba jalur khusus sepeda di sepanjang Jalan Siliwangi, Kota Cirebon,...

Inilah Rangkaian Program Tanggung Jawab Sosial BAF Menyambut HUT BAF ke-24

Jakarta,- Memasuki usia ke-24 tahun tepat pada tanggal 24 September 2021, PT Bussan Auto Finance (BAF) terus berupaya memberikan kontribusinya untuk meningkatkan kesejahteraan hidup...

Pemkab Targetkan Tahun 2021 Semua Bidang Tanah di Kabupaten Cirebon Sudah Bersertifikat

Cirebon,- Pemerintah Kabupaten Cirebon menargetkan tahun 2021 bidang tanah di wilayahnya sudah bersertifikat. Sebab, pemerintah pusat melalui Kementerian ATR/BPN telah meluncurkan Program Prioritas Nasional...

Evaluasi PTMT, Komisi III Minta Pemkot Cirebon Lakukan Uji Swab Acak untuk Pelajar

Cirebon,- Komisi III DPRD Kota Cirebon meninjau pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di SMP Negeri 1 Kota Cirebon dan SD Negeri Kebon Baru...

More Articles Like This