Forum Bisnis Cirebon Siap Majukan Pariwisata Cirebon

Cirebon,- Forum Bisnis Cirebon (FBC) yang berdiri sejak 30 September 2015 di Ballroom Aston Hotel & Convention Center terus berkiprah untuk memajukan pariwisata dan roda perekonomian di Cirebon.

1. Program Desa Wisata

Kegiatan FBC dalam perjalanannya telah mampu mewujudkan desa wisata yakni Desa Wisata Sitiwinangun sebagai wisata edukasi gerabah pada tahun 2016 dan Desa Wisata Jamblang dengan wisata heritage dan kulinernya pada tahun 2019.

Menurut Ketua FBC, Sultan Sepuh XIV P.R.A. Arief Natadiningrat, dengan adanya desa wisata ini , destinasi wisata di Cirebon akan bertambah.

2. Pembentukan Pengurus Baru

Pada pertemuan Forum Bisnis Cirebon (FBC) yang digelar di Bukit Bambu, Kawasan Gronggong Kabupaten Cirebon, Selasa (23/07/2019) dibentuk juga pengurus FBC yang baru agar bisa banyak berkiprah kedepannya.

BACA YUK:  Mulai Rabu Malam, Jalan Siliwangi Kota Cirebon Ditutup Sementara

Berikut susunan pengurus inti FBC yang baru :

Penasehat : Sultan Sepuh XIV dan Edi Baredi
Ketua : Gandi Purwanto
Wakil : Yanto S Utomo
Sekretaris : Nurul Chamidah dan Agus Gineer
Bendahara : Indrawati Giok dan Imas Kurniawati

Para pengurus inti ini akan membentuk struktur dan program kerja yang akan dijalankan kedepannya.

Baca Yuk : Forum Bisnis Cirebon Mulai Promosikan Desa Wisata Sitiwinangun

Silaturahmi Forum Bisnis Cirebon di Bukit Bambu, Gronggong Kabupaten Cirebon. Selasa (23/07/2019)

3. Pentingnya Sadar Wisata

Dalam pertemuan di Bukit Bambu, para anggota Forum Bisnis Cirebon menganalisis menyatakan bahwa salah satu pembangunan Cirebon dapat dilakukan melalui pariwisata. Beberapa persoalan yang dihadapi pariwisata Cirebon adalah masih lemahnya kesadaran wisata dan kebersihan di destinasi wisata.

BACA YUK:  Kepala OJK Cirebon, Jumlah BPR di Wilayah Ciayumajakuning Alami Penurunan

Menyikapi hal itu diperlukan gerakan sosial bagi seluruh masyarakat untuk mau menjaga ruang publik dan lokasi wisata dengan membersihkan sampah di sekitar destinasi.

Selain itu, objek wisata Sunyaragi yang sudah menjadi destinasi wisata utama perlu ditingkatkan lagi dengan kegiatan yang mengundang wisatawan datang misalnya Festival Empal Gentong, Jazz Pantura, maupun keroncong.

4. Gerakan Cirebon Kudu Bersih

Untuk mendukung pariwisata, faktor kebersihan sangatlah penting. Oleh karena itu, FBC akan mengadakan kegiatan kebersihan dengan hastag #CirebonKuduBersih secara masif yang akan dilakukan selama 1 tahun.

BACA YUK:  Terima Kunjungan KPU, Partai Gelora Kota Cirebon Siap Menangkan Pemilu

Adapun lokasi yang menjadi konsentrasi untuk kebersihan dimulai dengan ruang publik, tempat wisata, maupun pintu gerbang menuju Cirebon yakni Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan, Goa Sunyaragi, Pasar Kanoman, Kawasan Bima, Alun-alun Kejaksan, Lapangan Kebumen, Stasiun Kejaksan, Taman Krucuk, Stasiun Prujakan, Terminal Harjamukti, Pelabuhan Cirebon dan Pantai Kejawanan

Baca Yuk : Desa Jamblang Resmi Menjadi Destinasi Wisata Gedoeng Toea Djamblang

5. Kolaborasi Semua Elemen

Menurut Ketua FBC terpilih, Gandhi Purwanto, eksistensi FBC bisa menjadi wadah bertukar informasi dan bergerak bersama antara semua elemen baik pengusaha, media, komunitas dan pemerintah untuk bisa mewujudkan Cirebon lebih maju lagi dan diharapkan mampu juga meningkatkan perekonomian masyarakat. (AC400)

(Dilihat: 66 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.