Jumat, 21 Februari 2020

Desa Jamblang Resmi Menjadi Destinasi Wisata Gedoeng Toea Djamblang

Populer

Suasana Haru Iringi Pemakaman Adila Bocah 4 Tahun yang Meninggal Akibat Gigitan Ular

Cirebon,- Suasana haru mengiringi pemakaman Adila Oktavia anak perempuan usai empat tahun asal Desa Pamengkang, Blok Wage RT 06...

Begini Kronologis Bocah 4 Tahun yang Masih Koma Karena Digigit Ular

Cirebon,- Adila Oktavia bocah 4 tahun asal Desa Pamengkang, Blok Wage RT 06 RW 07 Sumur Buah, Kecamatan Mundu,...

Pertama di Indonesia, Imigrasi Cirebon Hadirkan Pelayanan Paspor Senja Hingga Malam Hari

Cirebon,- Setelah sukses menghadirkan program Imigrasi Masuk Desa, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon kembali menghadirkan terobosan baru yakni...

Lebih Dekat Dengan Pelanggan, Raa Cha Suki & BBQ Kini Hadir di Grage Mall Cirebon

Cirebon,- Restaurant Suki & BBQ khas Thailand, Raa Cha Suki & BBQ kembali hadir di Kota Cirebon. Tepatnya di...

KPP Pratama Cirebon Dua Gelar Pelatihan Media Sosial

Cirebon,- Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cirebon Dua yang berlokasi di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon, menggelar pelatihan...

Cirebon,- Sultan Sepuh XIV dan Plt Bupati Cirebon meresmikan Destinasi Wisata Gedoeng Toea Djamblang di Desa Jamblang, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, Kamis (27/6/2019).

1. Miliki Potensi Besar

Menurut Sultan Sepuh XIV, P.RaA. Arief Natadiningrat mengatakan Cirebon memiliki potensi yang sangat besar sekali untuk desa-desa wisata, diantaranya adalah Jamblang.

“Jamblang ini merupakan kota tua, banyak bangunan tua, dan juga punya kuliner yang khas yakni Sega Jamblang dan juga kerajinan keramik gerabah, serta yang dikenal celengan Jamblang,” ujarnya usai acara peresmian.

Loading...

Namun lanjut Sultan, destinasi wisata gedung tua ini belum ditata dan dikelola dengan baik. Oleh karena itu, diharapkan dengan penataan yang baik ini akan menjadi desa wisata.

“Dan mudah-mudahan, ini akan berdampak positif terhadap ekonomi dan masyarakat Desa Jamblang,” terangnya.

2. Konsep Wisata

Gedung Tua yang menjadi destinasi wisata unggulan di Desa Jamblang ini, kata Sultan, ada 10 bangunan tua yang masih bagus dan bisa direnovasi serta ditata.

“Bangunan-bangunan yang menjadi destinasi wisata merupakan peninggal dari era Belanda semua, kecuali Klenteng yang lebih tua,” ungkapnya.

Untuk konsep wisatanya, tambah Sultan, pengunjung akan berhenti di depan Vihara Dharma Bhakti, kemudian keliling ke bangunan-bangunan tua, dan juga sambil berkuliner.

“Termasuk nanti disiapkan kerajinan-kerajinannya,” bebernya.

Sambutan Sultan Sepuh XIV, PRA. Arief Natadiningrat

Menurut Sultan, tidak hanya bangunan saja yang bisa dijual kepada wisatawan, tetapi harus dikombinasikan dengan yang lainnya seperti kuliner, kue-kue, hingga celengan Jamblang.

“Inilah yang kita angkat semua potensi itu,” jelasnya.

3. Perlu Adanya Perbaikan

Menurut Sultan, desa wisata gedung tua masih ada langkah untuk perbaikan, karena yang dijual wisata ini adalah gedung tuanya.

“Jadi, harus ada perbaikan-perbaikan dan ada penataan membuat track untuk paket wisatanya,” kata Sultan.

Sultan menargetkan untuk bisa dimaksimalkan desa wisata gedung tua  tersebut, tahun depan sudah bisa dimulai.

“Serta harus disiapkan juga Sapta Pesona pariwisatanya. Seperti Jamblang kudu tertib, bersih, nyaman, penuh kenangan dan lain sebagainya,” tegasnya.

4. Potensi Wisata di Cirebon Tidak Kalah

Sementara itu, Plt. Bupati Cirebon, Drs. Imron Rosyadi mengatakan pihaknya sangat kagum dengan adanya desa wisata gedung tua di Desa Jamblang.

“Walaupun saya sering ke Jamblang, ternyata potensi Cirebon itu sangat hebat sekali. Ini merupakan peninggalan-peninggalan jaman dulu dan harus dilestarikan,” ujarnya.

Lanjut Imron, potensi wisata di Kabupaten Cirebon ternyata tidak kalah dengan kota-kota besar lainnya.

Sambutan Plt. Bupati Cirebon

“Ternyata di Cirebon banyak potensi-potensi pariwisata yang patut untuk dikunjungi, salah satunya di Desa Jamblang ini,” terangnya.

Imron menambahkan, bahwa desa wisata gedung tua ini merupakan salah satu langkah awal dari Pemerintah Kabupaten Cirebon untuk mengembankan potensi wisata sejarah dan budaya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Tanggal Cantik Hari ini, 11 Bayi Lahir di RSIA Cahaya Bunda

Cirebon,- Sebanyak 11 bayi dilahirkan di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Cahaya Bunda Cirebon tepat di tanggal yang...

Melalui Aplikasi KAI Access e-Boarding Pass, Tidak Perlu Cetak Tiket

Cirebon,- Penumpang kereta api kini semakin dimudahkan dengan adanya aplikasi KAI Access. Selain bisa membeli tiket secara online, aplikasi KAI Access juga menghadirkan fitur...

Program Sapa Pelanggan, Daop 3 Cirebon Bagi-bagi Emas Kepada Penumpang

Cirebon,- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 3 Cirebon kembali menyapa pelanggan setia pengguna jasa transportasi kereta api di tanggal cantik, Kamis (20-02-2020).Bekerja...

FEWS BPBD Kabupaten Cirebon Selamatkan Warga dari Bahaya Banjir

CIREBON – Flood Early Warning System (FEWS) yang terpasang di wilayah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat berfungsi baik memberikan peringatan dini bahaya saat banjir melanda...

KPP Pratama Cirebon Dua Gelar Pelatihan Media Sosial

Cirebon,- Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cirebon Dua yang berlokasi di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon, menggelar pelatihan media sosial kepada karyawan, Rabu...

More Articles Like This