Forum Bisnis Cirebon Mulai Promosikan Desa Wisata Sitiwinangun

Cirebon, 20 Februari 2016,- Naskah Kesepakatan antara Desa Sitiwinangun Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon dan Forum Bisnis Cirebon telah ditandatangani untuk menjadikan Sitiwinangun sebagai Desa Wisata dengan basis kerajinan gerabah dan budaya.

Menurut Kuwu Desa Sitiwinangun, Radja Bratamenggala, di desa ini dulunya ada sekitar 1.000 pengrajin gerabah namun sekarang hanya 30-an saja sehingga perlu adanya regenerasi.

Dalam kesempatan ini juga, di desa Sitiwangun dibentuk koperasi pengrajin gerabah dengan nama ” Koperasi Anjun”.

Hal senada dikemukakan Ketua Forum Bisnis Cirebon (FBC), Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat bahwa dengan adanya Desa Wisata ini, maka destinasi wisata di Cirebon akan terus bertambah.

BACA YUK:  Ulang Tahun Ke-12, Aston Bogor Gelar Serangkaian Kegiatan CSR

” Tol Cipali dan Bandara Kertajati nanti akan menjadikan Desa Wisata ini sebagai salah satu tujuan wisata,” tutur Ketua FBC.

Pada Jumat (19/02/2016), pihak FBC mengundang Kementrian Koperasi untuk melihat potensi yang ada di desa Sitiwinangun sebagai penghasil gerabah yang sudah turun menurun.

Dalam kegiatan tersebut, rombongan diajak berkeliling untuk melihat proses pembuatan gerabah dan juga menikmati seni tradisional Cirebon. (AC400)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *