Bamunas: Potensi UMKM Sudah Ada, Hanya Perlu Pendampingan dan Pelatihan

0
29

Cirebon,- Bamunas S. Boediman Calon Wali Kota Cirebon nomor urut satu terus menyambangi warga. Kali ini dirinya menyapa warga RW 08 Kelurahan Jagasatru, Kecamatan Pekalipan, Senin (16/4/2018).

Saat menyapa warga, Oki, sapaan akrab Bamunas S. Boediman menilai bahwa pengembangan industri rumahan sangat minim.

Aston Hotel

“Industri rumahan memang bagus, meraka memiliki kegiatan yang mesti didukung,” ujarnya usai menyapa warga.

Lanjut dia, saya tanya apa yang diperlukan dan ternyata peralatan yang terbatas. Tetapi harus diimbangi juga dengan kualitas, apakah sudah baik apa belum.

“Nah ini yang mesti dicoba dulu, kalau memang kurang enak, dicoba bikin enak sampai produk itu bisa dijual. Setelah itu, masalah perizinan yang dikeluarkan oleh BPOM. Kemudian masalah kemasan agar menarik untuk dijual,” ungkapnya.

Istana Kerang

“Terakhir adalah saya akan membantu penjualannya. Tetapi masih ada proses panjang,” imbuhnya.

Menurut Oki, kegagalan UMKM itu karena tidak ada pendamping padahal Cirebon memiliki potensi yang baik dalam UMKM. Jadi untuk saat ini UMKM di Cirebon membutuhkan pendamping.

“Pendampingan itu harus ada, kemudian ada pelatihan. Pelatihan itu macam-macam, dan yang paling krusial adalah pelatihan memanajemeni keuangan,” bebernya.

POPULAR

Ini Dia! Tanggal Cuti Bersama Lebaran 2018
7 Orang Meninggal Saat Latihan Gamelan di Gegesik Kabupaten Cirebon
Wow! Cirebon Punya Kampung Ramah Anak yang Instagrammable

“Di samping itu, pemerintah juga harus turun tangan untuk membantu pengembangan UMKM dengan menyediakan pasar,” tutupnya. (AC212)