Wow! Cirebon Punya Kampung Ramah Anak yang Instagrammable

0
860
Mural 3D di RW 03 Langensari, Kelurahan Pekiringan, Kota Cirebon

Cirebon,- Mendukung Program Kota Ramah Anak dan juga mengkampanyekan Global Earth, Kelurahan Pekiringan, Kecamatan Kesambi Kota Cirebon, membuat gambar Mural 3 Dimensi di RW-RW.

Saat ini, baru dua RW di Kelurahan Pekiringan yang digambar mural 3D yaitu di RW 03 Langensari dan RW 10 Sidamulya Utara. Setiap RW mengambil tema berbeda.

Aston Hotel

Pantauan About Cirebon, tema yang digunakan oleh RW 03 adalah Global Earth. Tema tersebut berkaitan juga dengan Kampung Iklim, sedangkan di RW 10 mengusung tema Go Green.

Tidak hanya mempercantik kampung, namun mural 3D juga dimanfaatkan oleh masyarakat yang lewat sebagai tempat untuk berswafoto dengan latar belakang gambar-gambar 3D yang dibuat.

Dengan panjang 40 meter, gambar-gambar yang berada di RW 10 Sidamulya Utara beraneka ragam, ada gambar pemandangan hutan, gunung, air terjun, gorila, dan juga Panda.

Istana Kerang

Sedangkan di RW 03 Langensari mural 3D yang dibuat yaitu bergambar kereta jaman dahulu, Godzila, ikan hiu, kuda, burung, dan pemandangan laut.

Andi Supardi, pengurus RW 03 Langensari, Kelurahan Pekiringan mengatakan, kebetulan di RW sini mendapatkan tema Pro Iklim, yang ada kaitannya dengan biopori.

“Pengerjaan untuk pembuatan mural 3D ini selama 4 hari,” ujarnya kepada About Cirebon, Jumat (13/4/2018).

Kata dia, banyak sekali ibu-ibu PKK dari Kelurahan Pekiringan maupun dari kelurahan yang berkunjung karena penasaran.

“Banyak juga yang selfie, dengan latar belakang mural 3D,” ungkapnya.

Sementara itu, Gandi, Lurah Pekiringan saat ditemui About Cirebon mengungkap, program Kampung Ramah Anak ini akan dilaksanakan di setiap RW di Kelurahan Pekiringan.

“Program ini dibuat sebagai pilot project atau sebagai contoh bagi kelurahan-kelurahan lain,” katanya.

“Mudah-mudahan dengan cara seperti ini anak-anak yang ingin bermain, berkumpul, dan sebagainya ada fasilitasnya,” imbuhnya. (AC212)