Al Madeena Islamic School Cirebon Gelar Seminar Parenting

Cirebon,- Al Madeena Islamic School Cirebon bekerja sama dengan Komite sekolah menggelar Seminar Parenting Education Your Kids, Sabtu (24/9/2022). Acara tersebut berlangsung di Orchid Room Grage Grand Business Hotel Cirebon, Jalan RA Kartini, Kota Cirebon.

Seminar Parenting merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Al Madeena School Islamic School bersama pihak Komite Sekolah. Dalam setiap tahunnya diselenggarakan selama empat kali.

Kali ini, pihaknya menghadirkan dua orang pembicara yakni Frana Mudaim Indrayana, S.Psi, M.Psi, Counselor Al Madeena Islamic School Cirebon dan Crisna Octavinaz S.Psi, M.Psi, Psikolog dari orang tua murid Al Madeena Islamic School atau Bunda Shaka – KG. B1.

Dadan Nurhamdan, S.Pd.I, selaku Kepala Sekolah Al Madeena Cirebon mengatakan kegiatan seminar parenting ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh sekolah dan bekerjasama dengan pihak Komite. Al Madeena, lanjut Dadan, memiliki program dalam satu tahun menggelar empat kali seminar parenting.

BACA YUK:  Ini Besaran UMK Kota Cirebon Tahun 2023, Naik 150 Ribu

“Seminar parenting ini kita bagi menjadi dua sesi. Sesi pertama parenting yang berkaitan dengan pendidikan seks terhadap usia dini dan sesi kedua sharing session antara orang tua itu sendiri,” ujar Dadan kepada About Cirebon.

Dadan menjelaskan tujuan dari seminar parenting ini yaitu, untuk sharing session antara orang tua. Bagaimana kesulitan orang tua dalam mendampingi anak-anak itu seperti apa.

“Sebagaimana kita tahu, pendidikan terhadap anak usia dini ini, kita lihat di realita sekarang berbagai macam pelecehan seksual, perkembangan teknologi yang mau tidak mau tidak bisa kita hindari. Sehingga ini adalah tindak preventif sekolah dan orang tua dalam memberikan pendidikan seks sejak usia dini itu seperti apa,” jelasnya.

BACA YUK:  Target Kunjungan Wisatawan Mancanegara Meningkat, Disbudpar Kota Cirebon Hadirkan Program English Day

Pihaknya berharap dengan adanya kegiatan Seminar Parenting, para orang tua mempunyai bekal atau ilmu lebih dalam hal mendampingi putra putrinya. Sehingga, bisa memberikan pendidikan seks kepada anak-anak seperti apa.

“Sehingga, bila ada kejadian sesuatu yang tidak inginkan, anak-anak sudah tahu apa yang harus mereka lakukan,” katanya.

Apalagi, tambah Dadan, saat ini tengah ramai kasus bullying terhadap anak. Maka tentunya, kata Dadan, pengawasan yang sebetulnya adalah dari sekolah dan juga orang tua.

“Makanya ada parenting ini untuk memberikan edukasi kepada orang tua. Kemudian, ketika anak-anak bermain orang tua dan guru selalu mendampingi atau ada pengawasan yang intens,” tandasnya.

BACA YUK:  Tanggal Cantik, Kondisi Memungkinkan 11 Bayi Lahir Secara Sesar di RSIA Cahaya Bunda

Sementara itu, Ketua Komite Al Madeena Islamic School, Rentina Vidianti menambahkan tema yang kita angkat ini, berdasarkan Problem dan keluhan-keluhan dari para orang tua. Artinya, dengan adanya permintaan dari orang tua, hal ini urgent.

“Karena para orang tua memerlukan tema ini, artinya urgent dan harus segera. Karena ini sudah ada dilingkungan kita, oleh karena itu kami mengambil tema ini,” ujarnya.

Pihaknya berharap hal ini bisa menjadi kepanjangan tangan untuk diaplikasikan kepada anak-anak. Karena, katanya, agar tahu batasan-batasan yang jelas dan bisa diaplikasikan di rumah. (HSY)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *