Warga Binaan LP Kelas 1 Kota Cirebon Ikut Ramaikan Pemilu Serentak 2019

0
23

Cirebon,- Warga Binaan Lembaga Permasyarakatan (LP) Kelas 1 Kesambi, Kota Cirebon turut meramaikan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2019.

1. 193 Pemilih

Aston Hotel

Warga Binaan LP Kelas 1 Kesambi Kota Cirebon yang meramaikan pesta demokrasi ini sebanyak 193 pemilih yang terdiri dari DPT (Daftar Pemilih Tetap) dan juga DPTb (Daftar Pemilih Tambahan).

Kepala LP Kelas 1 Kesambi Kota Cirebon, Agus Irianto mengatakan TPS Khusus yang didirikan di LP Kelas 1 Kesambi Kota Cirebon sebanyak 3 TPS, yakni TPS 27, 28, dan TPS 29.

“Pencoblosan dimulai pagi, tetapi karena masih ada kurang surat suara, akhirnya kita tunggu dan mulai pencoblosan lagi pada pukul 12.00 WIB,” ujar Agus saat ditemui About Cirebon, di LP Kelas 1 Kesambi Kota Cirebon, Rabu (17/4/2019).

“Surat suara tersebut kita menunggu dari TPS-TPS sekitar yang terdapat kelebihan,” tambahnya.

2. Memberikan Hak Pilih

Pihaknya bersyukur, bahwa Warga Binaan yang terdaftar di DPT dan DPTb bisa memberikan hak suaranya dalam pemilu serentak tahun 2019.

“Alhamdulillah, 193 orang sudah memberikan hak pilihannya,” bebernya.

Warga Binaan yang ada di LP Kelas 1 Kesambi Kota Cirebon berjumlah 790 orang dan WNA (Warga Negara Asing) sebanyak 25 orang.

“Dari jumlah warga binaan, yang mendapat hak pilih disini hanya 193 orang, sisanya tidak terdaftar. Kalau WNA kan memang tidak memilik hak pilih,” jelasnya.

Agus menjelaskan, warga binaan yang tidak mendapatkan hak pilih, karena mereka yang ada disini memiliki hukuman yang tinggi-tinggi. Sehingga, sebelum ada perekaman e-KTP mereka sudah masuk.

“Jadi, mereka belum sempat untuk merekam e-KTP,” ungkapnya.

Mengenai pencoblosan di LP Kelas 1 Kesambi, Kota Cirebon, pihaknya mengaku tidak ada kendala, terbukti  semua warga binaan yang memiliki hak pilih bisa mencoblos.

“Mudah-mudahan setelah ini (pemungutan suara) semuanya bisa berjalan dengan aman,” harapnya. (AC212)