Rabu, 18 September 2019

Tumbuhkan Minat Kecintaan Olahraga Air, Lanal Cirebon Gelar Navy Open Turnament

Populer

Ribuan Masyarakat Tumpah Ruah Saksikan Festival Budaya Cirebon

Cirebon,- Festival Budaya Cirebon (Nadran Gunung Jati) yang berlangsung di Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon berlangsung meriah, Sabtu (14/9/2010). Ribuan...

Gadis Asal Cirebon yang Masuk The Voice of Germany 2019 Sudah Memiliki Bakat Sejak Balita

Cirebon,- Claudia Emmanuela Santoso yang mengikuti ajang pencarian bakat di Jerman yakni The Voice of Germany 2019 merupakan gadis...

Polres Cirebon Kota Nyatakan Perang Untuk Premanisme, Pemerasan Hingga Penganiayaan

Cirebon,- Pasca kejadian yang terjadi di Jalan Ciptomangunkusumo, Kota Cirebon pada Jumat (6/9/2019), Jajaran Polres Cirebon Kota berupaya meminimalisir...

Remaja Masjid dan At-Taqwa Center Kota Cirebon Tolak Aksi Premanisme dan Geng Motor

Cirebon,- Puluhan remaja Masjid Raya At-Taqwa Kota Cirebon melakukan aksi tolak premanisme dan geng motor, yang berlangsung di halaman...

Antisipasi Kriminalitas di Kota Cirebon, Azis Minta Tingkatkan Koordinasi Terpadu

Cirebon,- Kejadian yang menimpa seorang remaja di Jalan Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon beberapa hari lalu hingga meninggal dunia, membuat...

Cirebon,- Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Angkatan Laut (AL) ke-74 dan Hari Jadi Cirebon ke-650, Lanal Cirebon menggelar Navy Open Tournament yang akan berlangsung di Pelabuhan I Kota Cirebon, pada tanggal 14-15 Septermber 2019.

1. Salah Satu Tugas AL

Navy Open Tournament Piala bersama Danlanal dan Wali Kota Cirebon ini akan menghadirkan kejuaraan Finswimming nomor laut dan dayung  perahu karet.

Komandan Lanala Cirebon, Letkol Laut (P) Agung Nugroho mengatakan kegiatan olahraga air ini merupakan salah satu bagian dari tugas Angkatan Laut yaitu membina potensi maritim yang ada di wilayah masing-masing.

“Jadi, kita punya tugas sesuai dengan UU Nomor 34 tahun 2004, bahwa dalam pasal 9 disebutkan tugas Angkatan Laut salah satunya adalah pembinaan wilayah pertahanan laut dan juga tugas pembinaan potensi maritim,” ujar Agung dalam Pres confrence di Kantor Lanal Cirebon, Jalan Kesunean, Kota Cirebon, Rabu (11/9/2019).

2. Memasyarakatkan Olahraga Perairan

Lanjut Agung, Maksud dan tujuan diselenggarakan kegiatan lomba ini dalam rangka memasyarakatkan olahraga perairan dan cinta laut terhadap generasi usia dini, khususnya di wilayah Cirebon.

“Kemarin sudah disampaikan bahwa panjang laut Cirebon kurang lebih sekitar 74 KM, dan ini cukup panjang serta bersinggungan dengan perbatasan dari masing-masing wilayah, mulai Kabupaten Cirebon, Indramayu, Subang Utara, sampai Karawang,” bebernya.

“Betapa kita harus mengeksplore ini, laut cukup luas namun keinginan ataupun animo masyarakat, khususnya generasi muda dalam olahraga air di wilayah Pantura masih minim,” imbuhnya.

Hal tersebut, kata Agung, merupakan tugas yang cukup berat yang harus di dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah, dan dari Angkatan Laut menjadi bagian untuk pembinaan itu.

“Kami sudah berkolaborasi dan berkordinasi dengan Pemerintah Daerah Kota dan Kabupaten Cirebon untuk penyelenggaraan kegitan olahraga ini,” tegasnya.

3. Kelompk Usia yang Dilombakan

Agung menjelaskan, Navy Open Tournament ini terdiri dari dua kejuaraan yaitu dayung perahu karet yang terbuka untuk umum dan Finswimming nomor laut atau perairan terbuka di kolam pelabuhan perniagaan.

“Keseluruhn kejuaraan ini dilaksanakan di Pelabuhan Cirebon,” bebernya.

Untuk Kejuaraan Finswimming terbuka  putra putri, tambah Agung, peserta akan menempuh jarak 3.000 meter. Sedangkan untuk kejuaraan dayung perahu karet open putra jaraknya 150 meter.

Kemudian, ada Finawimming kelompok usia, dimana ini adalah menitik beratkan pada pembinaan generasi muda ataupun usia dini, yang pertama adalah 1.000 meter dan 500 meter yang terdiri dari beberapa kategori atau kelompok usia.

Yang pertama Kelompok Usia B dari umur 16 sampai 17 tahun, kelompok usia C dari umur 14 sampai 15 tahun, kelompok usia D dari umur 12-13 tahun, dan kelompok usia E 10 sampai 11 tahun.

“Itu adalah kelompok usia yang akan dilombakan,” kata Agung.

4. Memiliki Tantangan

Kejuaraan Finswimming nomor laut, kata Agung, memiliki tantangan yang besar. Walaupun di kolam pelabuhan, tapi faktor ekternal dalam hal ini faktor cuaca dari mulai arus dan angin itu cukup berpengaruh.

“Disinilah tantangan yang harus dihadapi oleh para peserta lomba nanti. Begitu juga dengan dayung perahu karet,” terang Agung.

Pihaknya berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan olahraga laut akan timbul bibit-bibit generasi muda yang cinta akan olahraga air.

“Sehingga, otomatis kalau cinta dengan olahraga air, mereka lebih peduli dengan apa yang berada di laut,” pungkasnya. (AC212)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Pegiat Kopi Cirebon Gelar Aksi Solidaritas di Polres Cirebon Kota, Ini Kata Kapolres

Cirebon,- Para pegiat Kopi Cirebon melakukan aksi solidaritas untuk kedai Kopi Pekalipan yang berlangsung di Halaman Polres Cirebon Kota,...

Kerap Terjadi Kecelakaan, PT. KAI Daop 3 Cirebon Lakukan Sosialisasi di Perlintasan Sebidang

Cirebon,- Perlintasan sebidang KA merupakan salah satu titik dimana sering terjadi kecelakaan lalu lintas. Melihat fakta tersebut, PT. KAI (Persero) Daerah Oprasional (Daop) 3...

Daop 3 Cirebon Gelar Bazar UMKM Mitra Binaan PT. KAI

Cirebon,- Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kereta Api Indonesia ke-74 pada tanggal 28 September 2019 mendatang, PT. KAI Daerah Oprasional (Daop) 3 Cirebon menggelar...

Ini Tanggapan Pihak Sekolah dan Adik Kelas Claudia yang Masuk The Voice of Germany 2019

Cirebon,- Gadis asal Cirebon Claudia Emmanuela Santoso yang mengikuti ajang pencarian bakat di Jerman The Voice of Germany 2019 membuat bangga Indonesia dengan penampilannya...

Penampilan Bunga Jelita Bersama Aini Griya Pengantin Tutup Acara En’s Wedding Festival 2019

Cirebon,- En’s Wedding Festival 2019 yang melibatkan vendor andalan dari wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) selesai digelar, Minggu (15/9/2019) malam.Pameran pernikahan terbesar...

More Articles Like This