Tumbuhkan Minat Kecintaan Olahraga Air, Lanal Cirebon Gelar Navy Open Turnament

Cirebon,- Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Angkatan Laut (AL) ke-74 dan Hari Jadi Cirebon ke-650, Lanal Cirebon menggelar Navy Open Tournament yang akan berlangsung di Pelabuhan I Kota Cirebon, pada tanggal 14-15 Septermber 2019.

1. Salah Satu Tugas AL

Navy Open Tournament Piala bersama Danlanal dan Wali Kota Cirebon ini akan menghadirkan kejuaraan Finswimming nomor laut dan dayung  perahu karet.

Komandan Lanala Cirebon, Letkol Laut (P) Agung Nugroho mengatakan kegiatan olahraga air ini merupakan salah satu bagian dari tugas Angkatan Laut yaitu membina potensi maritim yang ada di wilayah masing-masing.

“Jadi, kita punya tugas sesuai dengan UU Nomor 34 tahun 2004, bahwa dalam pasal 9 disebutkan tugas Angkatan Laut salah satunya adalah pembinaan wilayah pertahanan laut dan juga tugas pembinaan potensi maritim,” ujar Agung dalam Pres confrence di Kantor Lanal Cirebon, Jalan Kesunean, Kota Cirebon, Rabu (11/9/2019).

BACA YUK:  Desainer Australia Unjuk Karya di Jakarta Fashion Week 2023

2. Memasyarakatkan Olahraga Perairan

Lanjut Agung, Maksud dan tujuan diselenggarakan kegiatan lomba ini dalam rangka memasyarakatkan olahraga perairan dan cinta laut terhadap generasi usia dini, khususnya di wilayah Cirebon.

“Kemarin sudah disampaikan bahwa panjang laut Cirebon kurang lebih sekitar 74 KM, dan ini cukup panjang serta bersinggungan dengan perbatasan dari masing-masing wilayah, mulai Kabupaten Cirebon, Indramayu, Subang Utara, sampai Karawang,” bebernya.

“Betapa kita harus mengeksplore ini, laut cukup luas namun keinginan ataupun animo masyarakat, khususnya generasi muda dalam olahraga air di wilayah Pantura masih minim,” imbuhnya.

Hal tersebut, kata Agung, merupakan tugas yang cukup berat yang harus di dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah, dan dari Angkatan Laut menjadi bagian untuk pembinaan itu.

BACA YUK:  Genjot Percepatan Ekosistem Cloud, Biznet Gio Gandeng Lyrid Luncurkan Layanan Otomatisasi Microservice

“Kami sudah berkolaborasi dan berkordinasi dengan Pemerintah Daerah Kota dan Kabupaten Cirebon untuk penyelenggaraan kegitan olahraga ini,” tegasnya.

3. Kelompk Usia yang Dilombakan

Agung menjelaskan, Navy Open Tournament ini terdiri dari dua kejuaraan yaitu dayung perahu karet yang terbuka untuk umum dan Finswimming nomor laut atau perairan terbuka di kolam pelabuhan perniagaan.

“Keseluruhn kejuaraan ini dilaksanakan di Pelabuhan Cirebon,” bebernya.

Untuk Kejuaraan Finswimming terbuka  putra putri, tambah Agung, peserta akan menempuh jarak 3.000 meter. Sedangkan untuk kejuaraan dayung perahu karet open putra jaraknya 150 meter.

Kemudian, ada Finawimming kelompok usia, dimana ini adalah menitik beratkan pada pembinaan generasi muda ataupun usia dini, yang pertama adalah 1.000 meter dan 500 meter yang terdiri dari beberapa kategori atau kelompok usia.

Yang pertama Kelompok Usia B dari umur 16 sampai 17 tahun, kelompok usia C dari umur 14 sampai 15 tahun, kelompok usia D dari umur 12-13 tahun, dan kelompok usia E 10 sampai 11 tahun.

BACA YUK:  Doakan Dunia Tetap Damai, Istighosah Nusantara Bakal Digelar di Korem 063/SGJ Cirebon

“Itu adalah kelompok usia yang akan dilombakan,” kata Agung.

4. Memiliki Tantangan

Kejuaraan Finswimming nomor laut, kata Agung, memiliki tantangan yang besar. Walaupun di kolam pelabuhan, tapi faktor ekternal dalam hal ini faktor cuaca dari mulai arus dan angin itu cukup berpengaruh.

“Disinilah tantangan yang harus dihadapi oleh para peserta lomba nanti. Begitu juga dengan dayung perahu karet,” terang Agung.

Pihaknya berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan olahraga laut akan timbul bibit-bibit generasi muda yang cinta akan olahraga air.

“Sehingga, otomatis kalau cinta dengan olahraga air, mereka lebih peduli dengan apa yang berada di laut,” pungkasnya. (AC212)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *