RW 04 Kebon Benteng Tengah Kota Cirebon Masuk Penilaian Verifikasi Proklim 2022

Cirebon,- RW 04 Kebon Benteng Tengah, Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon didatangi tim verifikasi Program Kampung Iklim (Proklim) tahun 2022. Pelaksanaan verifikasi dihadiri dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat, Jumat (5/8/2022).

Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis mengatakan hal yang menarik yang saya lihat disini, Green House yang bekerja sama dengan Rumah Zakat menginspirasi bagaimana Cirebon ini bisa mengembangkan perubahan iklim yang lebih baik kepada dunia.

“Kami berharap RW-RW yang ada di Kota Cirebon, harus atau berkewajiban menerapkan sistem Proklim di lingkungannya. Yang ada di RW 04 Kebon Benteng Tengah, Kelurahan Kesenden ini, bisa menularkan kepada RW-RW lainnya dan bisa menjadi tempat study banding,” ujar Azis usai meninjau Green House di RW 04, Kebon Benteng Tengah, Kelurahan Kesenden.

BACA YUK:  Selama 2 Hari, Job Fair 2022 di Kota Cirebon Sediakan Lowongan Kerja di Dalam dan Luar Negeri

Sehingga, kata Azis, tidak perlu keluar kota untuk melakukan study banding, jika ada RW yang menerapkan Proklim di Kota Cirebon. Itulah, kata Azis, pentingnya sinergitas kolaborasi antar kelurahan.

“Supaya hal-hal yang baiknya ini bisa dirasakan oleh semua wilayah yang ada di Kota Cirebon. Pokoknya prinsip kita memiliki tagline ‘Dari RW 04 Kebon Benteng Tengah Untuk Dunia’,” kata Azis.

Tempat ini, tambah Azis, bisa dijadikan tempat edukasi untuk anak-anak sekolah dan bisa juga menjadi tempat foto-foto.

Ujianto, Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon menjelaskan Proklim merupakan program nasional gerakan berbasis komunal masyarakat ini, semangatnya bisa beradaptasi melakukan mitigasi terhadap perubahan-perubahan iklim yang sudah kita rasakan.

BACA YUK:  Cegah Banjir Rob, Pemkot Kota Cirebon Minta BBWS Buatkan Pintu Air

“Terhadap program-program itu tentunya KLHK dan DLH Provinsi ini melakukan pendampingan, termasuk dari DLH Kota Cirebon. Jadi, gerakan ini harus dilaksanakan secara masif berbasis komunal masyarakat,” ujarnya.

Di Kota Cirebon, kata Ujianto, sudah ada beberapa RW yang sudah melaksanakan dan sudah ada satu RW yakni di Merbabu Asih yang levelnya sudah Lestari tingkat nasional. Bahkan RW tersebut menjadi rujukan dari wilayah lain.

“Untuk RW 04 Kebon Benteng Tengah ini levelnya baru Utama. Mudah-mudahan, jika di level Utama berhasil dan dipantau selama 2 tahun terus meningkat, akan menjadi level Lestari,” katanya.

Sementara itu, Lurah Kesenden, Rulianto menambahkan RW 04 Kebon Benteng Tengah, Kelurahan Kesenden mendapatkan penilaian atau verifikasi dari tim Program Kampung Iklim, baik dari KLHK dan DLH Provinsi Jawa Barat.

BACA YUK:  Jelang Iduladha, Pemda Kota Cirebon dan BI Sosialisasi Pelaksanaan Kurban

“Kami berharap dengan beberapa program yang sudah kita jalankan dan akan kita jalankan terkait pengelolaan sampah, baik organik maupun non organik, serta terkait mitigasi perubahan iklam, dan lain sebagainya, ini bisa berjalan apa yang menjadi program pemerintah daerah, provinsi maupun pusat,” ujar Rulianto.

Sesuai yang disampaikan Walikota Cirebon, kata Rulianto, motivasinya bukan hanya untuk penilaian saja. Tetapi, bagaimana program ini bisa berkelanjutan dan menjadi satu budaya baru di Kelurahan Kesenden.

“Ketika ini sudah menjadi budaya baru, tentu dampaknya secara masif akan terasa di semua lini. Program ini akan kita ketok tularkan di RW-RW lainnya,” pungkas Rulianto. (HSY).

(Dilihat: 32 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.