BPJS Kesehatan Hadirkan Posko Mudik Kesehatan, Ini Fasilitasnnya

Cirebon,- Dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada pemudik selama libur lebaran 2024, BPJS Kesehatan akan menyiapkan Posko Mudik yang tersebar di beberapa titik strategis. Posko mudik lebaran itu akan berlangsung dari tanggal 5-9 April 2024.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Adi Darmawan mengatakan selama libur lebaran dari tanggal 5-9 April 2024, BPJS Kesehatan memberikan pelayanan kesehatan kepada pemudik dengan menyiapkan Posko Mudik Kesehatan. Posko mudik tersebut tersebar di beberapa titik strategis.

“Untuk di wilayah Kantor BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Posko Mudik Kesehatan ini ada di Rest Area Tol Palikanci KM 207A,” ujar Adi saat ditemui About Cirenon di kantornya, Rabu (20/3/2024).

BACA YUK:  Ikut Meriahkan Grebeg Cirebon Katon 2024, Bageur Band Polresta Cirebon Raih Juara

Selain itu, kata Adi, Posko Mudik Kesehatan juga ada di Terminal Pulo Gebang di Jakarta Timur, Pelabuhan Merak di Banten, Rest Area Tol Cikampek KM 88A di Purwakarta, Rest Area Tol Ungaran KM 429A di Kabupaten Semarang, Terminal Purabaya di Sidoarjo, dan Pelabuhan Soekarno-Hatta di Kota Makassar.

“Posko Mudik Kesehatan ini menyediakan berbagai layanan seperti konsultasi kesehatan, fasilitas releksasi bagi pemudik, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, tindakan sederhana darurat dan pemberian rujukan bila diperlukan,” kata Adi.

Adi berharap, Posko Mudik Kesehatan ini masyarakat dapat merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses layanan kesehatan selama periode libur lebaran ini.

BACA YUK:  Inovasi Branding Media Sosial Pemerintah: Workshop Kolaboratif PPPOMN BPOM x Digitalic

Selain Posko Mudik Kesehatan, kata Adi, BPJS Kesehatan juga menghadirkan Posko RAFI atau tim posko terpadu siaga ramadan dan idul fitri dalam kesiapan sistem TI selama cuti bersama dan libur lebaran. Posko RAFI akan berlangsung dari 1-19 April 2024.

Tim Posko RAFI ini, menurut Adi, akan melakukan monitoring system seperti memantau aplikasi yang diakses secara internal dan eksternal untuk memastikan berjalan lancar. Kemudian, menjaga keamanan TI dari serangan dan menjaga perlindungan data pribadi.

“Tim Posko RAFI ini juga mencari akar permasalahan dan memberikan solusi jika terjadi kendala sistem, termasuk di dalamnya penanganan keluhan. Berkoordinasi dengan UKPF terkait jika terjadi sistem non teknis. Dan juga memastikan laporan rutin dan laporan adhoc selama masa cuti bersama dan libur lebaran,” ungkapnya.

BACA YUK:  BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Santunan Kepada Ahli Waris Korban Kecelakaan Kerja di CSB Mall

Adi mengimbau bagi yang melakukan perjalanan mudik untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan makanan bergizi seimbang, kurangi makanan tinggi gula, perbanyak asupan air putih, istirahat cukup, dan usahakan tetap berolahraga ringan.

“Jangan lupa juga untuk selalu memastikan bahwa kepesertaan JKN kita semua aktif, sehingga saat hendak mengakses layanan di fasilitas kesehatan tidak terkendala,” tandasnya. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *