Selasa, 21 Januari 2020

Permudah Informasi Perguruan Tinggi, SMA/SMK Mandiri Cirebon Gelar University Day 2020

Populer

Geger Penemuan Mayat Wanita Tanpa Busana di Jalan Wiratama Cirebon

Cirebon,- Mayat wanita tanpa busana ditemukan warga di Jalan Wiratama, Kecematana Kedawung, Kabupaten Cirebon, Minggu (19/1/2020) siang. Warga yang pertama...

Sultan Sepuh XIV : Keraton Agung Sejagat Tidak Terdaftar Dalam FSKN

Cirebon,- Kemunculan Keraton Agung Sejagat yang berada di Desa Pogung Jurutengah, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo menggegerkan banyak pihak setelah...

Gudang Penyimpanan Popok Bayi di Cirebon Dilalap Si Jago Merah

Cirebon,- Kebakaran hebat melanda gudang penyimpanan popok bayi di Jalan Buyut Pronggol, Kelurahan Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Rabu...

Pengembang Perumahan Bersubsidi di Kabupaten Cirebon Terancam Mandeg

Cirebon,- Forum Komunikasi Pengembang Perumahan Cirebon (FKPPC) memberikan pernyataan terkait permasalahan pemberian hak guna bangunan atas tanah yang akan...

Dukung Target Ekspor Perikanan Nasional, JAPFA Ekspor Produk Budidaya Perikanan Senilai Rp 13 Miliar Lebih

Cirebon,- Setelah sukses meningkatkan nilai ekspor sebesar 53 persen pada 2019, PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) melalui anak...

Cirebon,- Sekolah SMA/SMK Mandiri menggelar kegiatan University Day (UnivDay) 2020 yang berlangsung di halaman SMA/SMK Mandiri, Jalan Kamboja No. 20, Tuparev, Kabupaten Cirebon, Kamis (16/1/2020).

Kegiatan yang diikuti 15 perguruan tinggi yang ada di Cirebon dan luar Cirebon ini dalam rangka mengenalkan perguruan tinggi kepada para siswa.

Ketua Pelaksana University Day 2020, Krisna Wibowo mengatakan kegiatan Univday ini bertujuan untuk mempermudah kepada para siswa di SMA maupun SMK Mandiri Cirebon mendapatkan informasi perguruan tinggi.

“Informasi perguruan tinggi ini, untuk mempersiapakan para siswa yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi setelah lulus,” ujarnya kepada About Cirebon.

Loading...

Lanjut Krisna, perguruan tinggi yang terdaftar pada kegiatan University Day 2020 ada 15 perguruan tinggi ternama yang ada di Cirebon maupun luar Cirebon.

“Sebenarnya lebih dari 15 perguruan tinggi yang ingin berpartisipasi, namun kita sortir kembali yang menurut kita banyak diminati para siswa SMA/SMK Mandiri Cirebon,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, dengan diadakan kegiatan Univday ini SMA/SMK Mandiri Cirebon bisa dikenal banyak orang lagi dan Univday bisa ditunggu-tunggu setiap tahunnya.

Sementara itu, Kepala SMK Mandiri Cirebon, Sudarli menyambut baik dengan diselenggarakannya kegiatan University Day 2020 di Sekolah Mandiri Cirebon.

“Ini program yang sangat bagus sekali. SMK Mandiri memiliki program mempersiapkan siswa siswinya untuk kesuksesan mereka,” ujarnya.

Lanjut Sudarli, program yang dilaksanakan dari mulai pembelajaran sampai dengan bagaimana mengentaskan anak-anak didik untuk berhasil yaitu dengan pola BMW 721. BMW 721 adalah Bekerja 70 persen, Melanjutkan 20 persen, dan Wirausaha 10 persen.

“Dari BMW 721 ini, ada salah satu program yang harus direalisasikan oleh sekolah melalui program Univday. Bagaimana mengenalkan anak didik kita lebih dekat lagi dengan perguruan tinggi,” jelasnya.

Dengan program UnivDay ini, lanjut Sudarli, ada beberapa pola untuk lebih mengenalkan university dan menjadi pilihan yang tepat kedepannya dengan mengetahui lebih awal untuk mempersiapkan ke jengjang berikutnya.

“Ini bukan saja untuk siswi kelas XII saja, tapi untuk kelas X dan XI bisa lebih mengenal lagi untuk mempersiapkan kedepanya,” terang Sudarli.

“Kami juga banyak pola kepada anak-anak didik, tidak harus orang yang punya uang untuk kuliah. Namun yang terpenting ada kemauan dan kemampuan. Tapi yang terpenting adalah kemauan,” imbuhnya.

Sudarli mencontohkan, ada anak yang tidak mampu untuk berkuliah, tapi dengan kemauan yang tinggi, bisa berkuliah sambil bekerja. Dan banyak lulusan dari SMK Mandiri yang akhirnya menyandang S1 nya.

“Setiap tahun kami memiliki target, dimana siswa 70 persen bekerja, 20 persen bisa melanjutkan, dan 10 persen berwirausaha,” tandasnya.

Selain itu, Kepala SMA Mandiri Cirebon, Rusmadi menambahkan kegiatan Univday ini bisa memberikan informasi yang seluas-luasnya, lebih khusus untuk anak-anak yang akan lulus. Sehingga, mereka tidak usah jauh-jauh untuk mencari informasi terkait perguruan tinggi.

“Kegiatan Univday ini, para siswa dengan mudah mendapatkan akses informasi perguruan tinggi yang diinginkan. Apalagi dengan komunikasi langsung antara siswa dan perguruan tinggi sudah memiliki keyakinan untuk melanjutkan kemana,” katanya.

Dengan mendapatkan pemaparan dari masing-masing perguruan tinggi dengan keunggulan masing-masing, kata Rusmadi, bisa menjadikan daya tarik tersendiri. Karena, untuk kelas XII antusiasnya sangat tinggi masuk ke perguruan tinggi.

“Kami berharap, tahun-tahun yang akan datang perguruan tinggi lain bisa dihadirkan, sehingga dengan mudah bisa menerima informasi terkait perguruan tinggi yang diinginkan para siswa,” paparnya.

Selain kelas XII, kata Rusmadi, anak- anak kelas X dan XI juga begitu antusias dengan diadakannya Univday di Sekolah Mandiri Cirebon. Dan banyak yang menginginkan tahun depan lebih banyak lagi perguruan tinggi yang dihadirkan.

“Sehingga informasi yang diperoleh siswa siswi ini sangat banyak, dan nanti bisa menentukan mau melanjutkan kemana,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Gandeng Pihak Ketiga, Bus Rapid Transit Siap Beroperasi di Kota Cirebon

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon sudah menemukan format untuk pengoperasian Bus Rapid Transit (BRT) di Kota Cirebon.Wali Kota Cirebon,...

Akibat Tanggul Jebol, Ratusan Rumah di Perumahan Gamel Terendam

Cirebon,- Hujan dengan intensitas tinggi lebih dari tiga jam mengakibatkan sungai Sikenanga meluap yang mengakibatkan seratusan rumah di Perumahan Cahaya Permai blok A-H, Desa...

Pemerintah Daerah Kota Cirebon Gelar Ratas Rumpun, Ini yang Dibahas

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon terus melakukukan koordinasi dengan dinas-dinas melalui Rapat Terbatas (Ratas) untuk memantau kendala dan mengatasinya. Rapat terbatas yang dipimpin langsung oleh...

Miliki Keahlian Karate, Perampok Ini Minta Ampun Kepada Korban

Cirebon,- Seorang perampok menyatroni rumah anggota Polisi Polda Jawa Barat di Dusun I, Desa Kepongpongan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Senin (20/1/2020) pagi sekitar pukul...

Opening Kabobs di Grage City Mall Hadirkan Charly Van Houten dan Firman Siagian

Cirebon,- Kabobs kembali membuka gerainya di Kota Cirebon. Terhitung mulai Sabtu (18/1/2020), Kabobs Premium Kebab kembali membuka di Grage City Mall, Jaln Jend. A....

More Articles Like This