Sabtu, 8 Agustus 2020

Permudah Informasi Perguruan Tinggi, SMA/SMK Mandiri Cirebon Gelar University Day 2020

Populer

Dalam Tiga Hari, Kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon Bertambah 8 Orang

Cirebon,- Sejak hari Jumat 31 Juli sampai 2 Agustus 2020, kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon kembali bertambah 8 orang....

Terkait Pengukuhan Polmak Oleh Keturunan Sultan Kasepuhan XI, Putra Mahkota Angkat Bicara

Cirebon,- Keturunan Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon XI, Radja Jamaludin Aluda Tajul Arifin, Rahardjo Djali mengukuhkan dirinya sebagai Polmak atau...

Keturunan Sultan XI Kasepuhan Cirebon, Mengukuhkan Sebagai Polmak

Cirebon,- Keturunan Sultan Sepuh XI Radja Jamaludin Aluda Tajul Arifin, Rahardjo Djali mengukuhkan diri sebagai Polmak atau Pejabat Sementara...

Catat Tanggalnya, Kota Baru Keandra Akan Gelar Open House Night

Cirebon,- Kota Baru Keandra, kawasan hunian mandiri dengan luas 110 hektar mengundang seluruh masyarakat wilayah III Cirebon untuk hadir...

Pembukaan Sekolah Tatap Muka Akan Dikaji Pemerintah Kabupaten Cirebon

Cirebon,- Pemerintah Kabupaten Cirebon sedang mengkaji rencana untuk membuka pembelajaran sekolah dengan tatap muka secara langsung.Hal tersebut disampaikan Bupati...

Cirebon,- Sekolah SMA/SMK Mandiri menggelar kegiatan University Day (UnivDay) 2020 yang berlangsung di halaman SMA/SMK Mandiri, Jalan Kamboja No. 20, Tuparev, Kabupaten Cirebon, Kamis (16/1/2020).

Kegiatan yang diikuti 15 perguruan tinggi yang ada di Cirebon dan luar Cirebon ini dalam rangka mengenalkan perguruan tinggi kepada para siswa.

Ketua Pelaksana University Day 2020, Krisna Wibowo mengatakan kegiatan Univday ini bertujuan untuk mempermudah kepada para siswa di SMA maupun SMK Mandiri Cirebon mendapatkan informasi perguruan tinggi.

Loading...

“Informasi perguruan tinggi ini, untuk mempersiapakan para siswa yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi setelah lulus,” ujarnya kepada About Cirebon.

Lanjut Krisna, perguruan tinggi yang terdaftar pada kegiatan University Day 2020 ada 15 perguruan tinggi ternama yang ada di Cirebon maupun luar Cirebon.

“Sebenarnya lebih dari 15 perguruan tinggi yang ingin berpartisipasi, namun kita sortir kembali yang menurut kita banyak diminati para siswa SMA/SMK Mandiri Cirebon,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, dengan diadakan kegiatan Univday ini SMA/SMK Mandiri Cirebon bisa dikenal banyak orang lagi dan Univday bisa ditunggu-tunggu setiap tahunnya.

Sementara itu, Kepala SMK Mandiri Cirebon, Sudarli menyambut baik dengan diselenggarakannya kegiatan University Day 2020 di Sekolah Mandiri Cirebon.

“Ini program yang sangat bagus sekali. SMK Mandiri memiliki program mempersiapkan siswa siswinya untuk kesuksesan mereka,” ujarnya.

Lanjut Sudarli, program yang dilaksanakan dari mulai pembelajaran sampai dengan bagaimana mengentaskan anak-anak didik untuk berhasil yaitu dengan pola BMW 721. BMW 721 adalah Bekerja 70 persen, Melanjutkan 20 persen, dan Wirausaha 10 persen.

“Dari BMW 721 ini, ada salah satu program yang harus direalisasikan oleh sekolah melalui program Univday. Bagaimana mengenalkan anak didik kita lebih dekat lagi dengan perguruan tinggi,” jelasnya.

Dengan program UnivDay ini, lanjut Sudarli, ada beberapa pola untuk lebih mengenalkan university dan menjadi pilihan yang tepat kedepannya dengan mengetahui lebih awal untuk mempersiapkan ke jengjang berikutnya.

“Ini bukan saja untuk siswi kelas XII saja, tapi untuk kelas X dan XI bisa lebih mengenal lagi untuk mempersiapkan kedepanya,” terang Sudarli.

“Kami juga banyak pola kepada anak-anak didik, tidak harus orang yang punya uang untuk kuliah. Namun yang terpenting ada kemauan dan kemampuan. Tapi yang terpenting adalah kemauan,” imbuhnya.

Sudarli mencontohkan, ada anak yang tidak mampu untuk berkuliah, tapi dengan kemauan yang tinggi, bisa berkuliah sambil bekerja. Dan banyak lulusan dari SMK Mandiri yang akhirnya menyandang S1 nya.

“Setiap tahun kami memiliki target, dimana siswa 70 persen bekerja, 20 persen bisa melanjutkan, dan 10 persen berwirausaha,” tandasnya.

Selain itu, Kepala SMA Mandiri Cirebon, Rusmadi menambahkan kegiatan Univday ini bisa memberikan informasi yang seluas-luasnya, lebih khusus untuk anak-anak yang akan lulus. Sehingga, mereka tidak usah jauh-jauh untuk mencari informasi terkait perguruan tinggi.

“Kegiatan Univday ini, para siswa dengan mudah mendapatkan akses informasi perguruan tinggi yang diinginkan. Apalagi dengan komunikasi langsung antara siswa dan perguruan tinggi sudah memiliki keyakinan untuk melanjutkan kemana,” katanya.

Dengan mendapatkan pemaparan dari masing-masing perguruan tinggi dengan keunggulan masing-masing, kata Rusmadi, bisa menjadikan daya tarik tersendiri. Karena, untuk kelas XII antusiasnya sangat tinggi masuk ke perguruan tinggi.

“Kami berharap, tahun-tahun yang akan datang perguruan tinggi lain bisa dihadirkan, sehingga dengan mudah bisa menerima informasi terkait perguruan tinggi yang diinginkan para siswa,” paparnya.

Selain kelas XII, kata Rusmadi, anak- anak kelas X dan XI juga begitu antusias dengan diadakannya Univday di Sekolah Mandiri Cirebon. Dan banyak yang menginginkan tahun depan lebih banyak lagi perguruan tinggi yang dihadirkan.

“Sehingga informasi yang diperoleh siswa siswi ini sangat banyak, dan nanti bisa menentukan mau melanjutkan kemana,” pungkasnya. (AC212)

https://www.instagram.com/p/B7XUJLnADWu/

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Mahasiswa KKN UNDIP Kota Cirebon Ajarkan Cara Budi Daya Microgreen⁣

Cirebon,- Mahasiswa KKN UNDIP Kota Cirebon, mengajarkan cara budidaya tanaman microgreen kepada ibu-ibu rumah tangga di daerah Kelurahan Kebon...

Pemda Kota Cirebon dan Ombudsman Gelar Sosialisasi Laporan Publik

Cirebon,- Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon menggelar acara sosialisasi tentang tata cara pemeriksaan laporan pengaduan masyarakat, Jumat (7/8/2020).Acara yang berlangsung di Ruang Adipura Balaikota...

Okupansi di Aston Cirebon Hotel Mulai Meningkat

Cirebon,- Setelah tiga bulan tidak beroperasi karena Pandemi Covid-19, okupansi Aston Cirebon Hotel & Convention Center mulai meningkat.Hotel yang terletak di Jalan Brigjen Darsono...

Satreskrim Polresta Cirebon Ungkap Kasus Pencabulan Anak Dibawa Umur

Cirebon,- Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Cirebon mengungkap kasus pencabulan anak di bawah umur.Dalam kasus tersebut, Satreskrim mengamankan dua orang tersangka. Tersangka pertama merupakan...

Mahasiswa Undip Jalankan Dua Program KKN Dalam Rangka Mendukung SDGs dan Sosialisasi Covid

Cirebon (31/07) - Cirebon menjadi kota yang tak luput dari persebaran mahasiswa Undip dalam melaksanakan program KKN Pulang Kampung. Dengan jumlah 14 mahasiswa yang...

More Articles Like This