Kamis, 20 Januari 2022

Pemilu 2019, Polres Cirebon Kota Kerahkan Ribuan Personil Gabungan

Populer

Situs Sumur Buah, Bukti Penyebaran Islam di Cirebon

Cirebon,- Cirebon merupakan salah satu kota yang amat kental nuansa Islamnya. Cirebon merupakan pula salah satu kota yang disinggahi...

Tiga Prodi Memulai Kegiatan Perkuliahan di Kampus ITB Cirebon

Cirebon,-:Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH), telah memulai program multikampus sebagai wujud pengembangan institusi...

Awal Tahun, Manulife Mulia Putri Agency Mulai dengan Peduli Dunia Pendidikan

Cirebon,- Awal tahun, Manulife Mulia Putri Agency menyalurkan bantuan berupa perlengkapan sekolah dan paket sembako. Bantuan itu diberikan kepada...

Permudah Proses Kepemilikan Rumah, Tulus Asih Group Gelar Akad Kredit Massal

Cirebon,- Memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin memiliki rumah impian, Tulus Asih Group, Developer Properti Terbesar Se-Wilayah III Cirebon...

Satnarkoba Polresta Cirebon Ungkap 13 Kasus dan Amankan 17 Tersangka

Cirebon,- Satuan Reserse Narkoba Polresta Cirebon berhasil mengungkap 13 kasus peredaran gelap narkoba di wilayah Kabupaten Cirebon. Petugas juga...

Cirebon,- Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, Polres Cirebon Kota menggelar apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata 2019, yang berlangsung di Alun-alun Kejaksan, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Jumat (22/3/2019).

1. Menjadi Tanggung Jawab Bersama

Kapolres Cirebon Kota, AKBP. Roland Ronaldy mengatakan tujuan diselenggarakannya apel gelar pasukan Mantap Brata adalah untuk melihat dan mengecek kesiapsiagaan dari personil untuk pengamanan Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan pada 17 April mendatang.

Loading...

“Dalah kegiatan ini juga hadir rekan-rekan dari instansi samping seperti TNI, Senkom, hingga mahasiswa,” ujarnya usai kegiatan apel.

Lanjut Roland, kegiatan ini menunjukkan bahwa untuk pengamanan Pemilu 2019, menjadi tanggung jawa kita bersama, menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat.

“ Disini ada unsur TNI-Polri dan unsur-unsur masyarakat lainnya,” jelas Roland.

BACA YUK:  Smartphone TECNO POVA Seri Terbaru Akan Segera Rilis di Indonesia

2. Melibatkan 5.200 Personil

Roland menjelaskan, total anggota yang dilibatkan dalam operasi mantap brata 2019 di wilayah hukum Polres Cirebon Kota sebanyak 5.200 personil dari unsur TNI-Polri, hingga Linmas.

“Dari Polres Cirebon Kota melibatkan 700 personil, bantuan dari Polda Jabar sebanyak 120 personil, TNI 100 personil, dan ada juga dari Linmas 4.100 personil,” bebernya.

3. Dibagi Tiga Kategori Tingkat Kerawanan

Mengenai tingkat kerawanan, Roland mengatakan, dibagi menjadi tiga kategori, yakni kurang rawan, rawan, dan sangat rawan.

“Untuk yang sangat rawan kita identifikasikan terdapat di dua TPS yaitu Lapas dan Rutan Cirebon,” terangnya.

Kemudian untuk yang rawan, pihaknya mengidentifikasikan di tempat-tempat atau TPS-TPS yang pada saat Pilkada kemarin dilaksanakan PSU (Pemungutan Suara Ulang).

“Sehingga, ini yang menjadi atensi kita untuk pengamanam Pilpres tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk kategori kurang rawan, kata Roland, ditempatkan di TPS-TPS lainnya.

BACA YUK:  Bea Cukai Cirebon Musnahkan Ratusan " Alat Mainan "

4. Himbauan untuk masyarakat

Roland menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas di Cirebon ini, bahwa kewajiban dan tanggung jawab pengaman itu bukan hanya terletak di TNI-Polri, namun di seluruh masyarakat.

“Saat ini, TNI-Polri siap untuk mengamankan proses penyelenggaraan pemilu 2019 agar dapat terselenggara dengan aman dan tertib,” tegasnya.

“Kami himbau juga bagi seluruh masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi, tidak mudah menyebarkan berita bohong. Filter segala informasi yang didapatkan, baik dari group maupun dari personal, dicek kembali kebenarannya sebelum disebarkan ke yang lain,” tutupnya.

5. Negara Menjamin Kemanan Pemilu

Sementara itu, Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis mengatakan kesiapan yang telah ditunjukan oleh TNI-Polri membuat masyarakat Kota Cirebon merasa tentram.

“Karena, TNI-Polri selaku garda terdepan dalam pengamanam dan dengan didukung penuh oleh ormas dan semua komponen masyarakat di dalam mengamankan Pemilu serentak 2019,” ujarnya.

Lanjut Azis, pihaknya melihat semangat untuk mengamankan Kota Cirebon dan mengamankan Indonesia begitu muncul melalui apel gelar pasukan dan kegiatan-kegiatan yang terjadi diseluruh Indonesia.

“Kesiapannya inilah yang akan menjamin keselamatan masyarakat,” jelasnya.

Oleh karena itu, Azis menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Cirebon yang telah memiliki hak pilih, datang ke TPS-TPS dengan rasa aman.

BACA YUK:  Jelang Natal, Arus Lalu Lintas di Kota Cirebon Alami Peningkatan

“Karena negara telah menjamin keamanannya. Dan saya tekankan untuk bersama-sama memerangi hoax atau berita bohong, serta adu domba,” tandasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Tespoin Akan Gelar Munas di Bandung, Ini Agenda Kegiatannya

ABOUT SEMARANG – Perkumpulan Teknisi Ponsel Indonesia (Tespoin) akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) dan silaturahmi yang akan digelar di Hotel...

Menghibur Anak Saat Vaksin, Transformer Hadir di Vaksin Merdeka

Cirebon,- Vaksinasi Merdeka anak usia 6-11 tahun yang diselenggarakan oleh Polres Cirebon Kota bersama dengan Pemerintah Kota Cirebon menghadirkan cosplay kartun, Rabu (19/1/2022). Kegiatan...

Forum Pengada Layanan Apresiasi Atas Diresmikan RUU TPKS

Cirebon,- DPR RI resmi menetapkan Rancangan Undang-undang (RUU) TPKS (Tindak Pidana Kekerasan Seksual) yang menjadi inisiator DPR. Dengan diresmikan RUU TPKS, Forum Pengada Layanan...

Satu Warga Ber-KTP Kota Cirebon Positif Omicron, Isolasi di Wisma Atlet Jakarta

Cirebon,- Satu warga Kota Cirebon dinyatakan positif COVID-19 varian Omicron. Namun, saat ini tengah menjalani isolasi di Wisma Atlet di Jakarta. Wali Kota Cirebon, Drs....

More Articles Like This