Kamis, 22 Oktober 2020

LVRI Kota Cirebon Minta Dibuatkan Monumen Perjuangan Rakyat Cirebon

Populer

Nakes RSD Gunung Jati Positif Covid-19, Ini Penjelasan Rumah Sakit

Cirebon,- Pihak Rumah Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati Kota Cirebon memberikan penjelasan terkait penutupan sementara sejumlah pelayanan. Penutupan sementara untuk...

8 Petugas Positif Covid-19, RSD Gunung Jati Tutup Sementara Pelayanan

Cirebon,- Sehubungan dengan kegiatan pelacakan kontak erat para pegawai yang terpapar Covid-19, Rumah Sakit Daerah Gunung Jati (RSDGJ) Kota...

Walikota Cirebon Menolak Wacana Perubahan Provinsi Jawa Barat Menjadi Provinsi Sunda

Cirebon,- Wacana pergantian nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Sunda mulai mencuat. Wacana tersebut muncul saat Kongres Sunda 2020...

Indonesia Fortuner Community Gelar Bakti Sosial di Objek Wisata Telaga Biru

Kuningan,- Indonesia Fortuner Community (IFC) menggelar bakti sosial dengan memberikan bantuan sembako untuk warga Desa Kaduela Kecamatan Pasawahan Kabupaten...

Pembatasan Aktivitas di Kota Cirebon Berdampak Pada Pemulihan Ekonomi

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon kembali memberlakukan pembatasan aktivitas masyarakat dan juga pengalihan arus lalu lintas hingga akhir Oktober...

Cirebon,- Moment Peringatan Ulang Tahun ke 75 Republik Indonesia, DPC Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Cirebon meminta kepada Pemerintah Daerah Kota Cirebon untuk dibuatkan monumen perjuangan rakyat Cirebon.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPC LVRI Kota Cirebon, Didi Supardi usai menerima santunan dari Grage Group di Gedung Juang, Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon, Senin (17/8/2020).

Menurut Didi, pihaknya bermaksud menyusun proposal yang akan diajukan kepada pemerintah daerah yang intinya untuk membangun suatu monumen perjuangan rakyat Cirebon.

Loading...

“Monumen perjuangan ini kepentingannya bukan hanya untuk veteran, tetapi kepentingannya untuk seluruh rakyat Cirebon,” ujarnya kepada About Cirebon.

BACA YUK:  Polresta Cirebon Miliki Tim Penindak Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19

Monumen perjuangan rakyat Cirebon ini, lanjut Didi, untuk menunjukan kepada generasi penerus bahwa di Cirebon pernah ada perjuangan dan di Cirebon dulu pernah ada veteran.

“Kami sangat memohon kepada Pemda untuk bisa mewujudkan ini,” ungkapnya.

Monumen perjuangan yang berada di samping Gedung BP4D Jalan Brigjen Darsono, Bypass Kota Cirebon, kata Didi, bukan monumen yang sesuai dengan keinginan veteran.

Menurutnya, Gedung Monumen Perjuangan Monjali (Monument Jogja Kembali) disitu terdapat monumen, diorama, museum dan sebagainya. Sehingga, pengunjung yang masuk ke wilayah tersebut bisa menjadi sarana edukasi kepada generasi penerus.

“Generasi penerus saat ini saya masih punya kebanggaan, masih banyak generasi penerus yang atensi kepada bangsa dan negaranya. Tapi, masih banyak juga yang kurang perhatian kepada negara dan bangsanya,” ungkap Didi.

“Kepada mereka-mereka yang atensi, betul-betulah berbuat sesuai dengan nilai-nilai orang Indonesia, bangsa Indonesia. Supaya, kebudayaan dan jati diri bangsa selalu terjaga,” tambahnya.

Didi menceritakan peristiwa bersejarah di Cirebon saat perjuangan, bahwa tanggal 15 Agustus 1945 di monumen Kejaksan yang ada di perempatan Siliwangi, telah dibacakan Pra Proklamasi oleh dr. Sudarsono.

BACA YUK:  Wali Kota Cirebon: Pembatasan Aktivitas Turunkan Pendapatan Daerah Sehingga Akan Dievaluasi

Pada waktu itu, dr. Sudarsono menyampaikan bahwa Jepang sudah kalah perang, maka Indonesia sudah merdeka. Dari penyampaian tersebut, akhirnya para pemuda berkumpul di monumen Kejaksan untuk menyatakan Indonesia merdeka.

Sekedar diketahui, Pejuang Veteran di Kota Cirebon sampai saat ini tersisa 75 veteran yang terdiri dari veteran pejuang, veteran pembela, dan veteran perdamaian.

Veteran Pembela, kata Didi, terdiri dari veteran Trikora Irian Barat, lalu Dwikora dengan Malaysia, dan Seroja di Timur Timur.

“Perjuangan veteran di Kota Cirebon mencapai 700 veteran dari tahun 1965 dan saat ini tinggal 75 orang. Sedangkan untuk veteran pejuang sisanya tinggal 22 orang di Kota Cirebon,” tandasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Siswa MANU Putra Buntet Cirebon Lolos Parlemen Remaja DPR RI

Cirebon,- Siswa kelas XII Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MANU) Putra Buntet Pesantren Cirebon, Alif Luqman Jayadi (18) lolos menjadi...

LKP Mawar Sharon Gelar Pelatihan Tata Rias Pengantin ⁣⁣ ⁣⁣

Cirebon,- LKP Mawar Sharon menggelar Pelatihan Program Pendidikan Kecakapan Kerja Keterampilan Tata Rias Pengantin Sunda Puteri di Aula Cirebon Power . Rabu 21/10/2020.⁣⁣ ⁣⁣ Rebecca Gracia,...

Gunakan Teknologi eFishery, Petani Ikan di Cirebon Diuntungkan

Cirebon,- Teknologi pemberi pakan ikan otomatis buatan Indonesia, eFishery menguntungkan bagi petani ikan. Pasalnya, teknologi eFishery ini menggabungkan pemberian pakan otomatis dengan algoritma dan sensor...

Wali Kota Cirebon: Pembatasan Aktivitas Turunkan Pendapatan Daerah Sehingga Akan Dievaluasi

Cirebon,- Penyebaran Covid-19 di Kota Cirebon masuk dalam kategori zona merah, sehingga Pemerintah Daerah Kota Cirebon telah menyiapkan program untuk mengantisipasi lonjakan pasien positif...

More Articles Like This