Jajanan ini Banyak Diminati Masyarakat Saat Bulan Ramadan

0
62

Cirebon,- Berburu Takjil saat bulan Ramadan mungkin sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Selain untuk mencari waktu berbuka puasa, berburu takjil memang sudah jadi keseharian di bulan Ramadan.

Banyak sekali makanan yang menjadi favorit masyarakat untuk berbuka puasa. Mulai dari makanan manis, asin, pedas dan gurih selalu menjadi pilihan masyarakat saat bulan Ramadan.

Aston Hotel

Kebanyakan masyarakat, saat bulan Ramadan mengincar makanan yang manis dan pedas. Seperti halnya mengkonsumsi gorengan, kolek, dan es sudah yang dicari sebelum makan nasi.

Di Kota Cirebon, makanan yang banyak dicari masyarakan saat Ramadan yaitu makanan pedas atau gurih, seperti sambel asem, kerupuk sambal, gorengan, soun, urab sayur, dan masih banyak lainnya.

Penjualan pun banyak sekali yang menjajakan makanan tersebut dipinggir jalan. Untuk satu porsi sambel asem yang berisi kangkung, toge, ketimun dihargai hanya Rp. 7.500 saja.

Istana Kerang

Menurut salah satu penjual sambel asem warga Jalan Saleh, Yeri mengatakan setiap bulan Ramadan masyarakat banyak yang mencari rujak sambel asem dengan gorengan.

“Selain sambel asem, saya juga jual soun, kerupup sambel, cecek, urab dan gorengan,” ujarnya kepada About Cirebon, Senin (4/6/2018).

Sejak pukul 15.00 WIB, Yeri sudah menjajakan dagangannya tersebut di pinggir jalan depan Alun-alun Kejaksan. Dibantu dengan anaknya, Yeri menjual hingga pukul 22.00 WIB setiap harinya.

Untuk gorengan yang dijual satuanya dihargai Rp. 1.500,-, satu porsi cecek Rp. 10 ribu, satu porsi soun Rp. 8 ribu. “Alhamdulillah, setiap hari selalu rame yang beli,” bebernya.

Selain sambel asem, ada lagi minuman es cuing yang menjajakan daganganya di Jalan Kartini, Kota Cirebon, tepat di depan rumah makan siap saji McD. Cuing adalah salah satu jel meyerupai agar-agar berwarna hijau yang terbuat dari daun cuing.

Minuman es cuing Cirebon dipadukan dengan parutan es yang dicampur dengan cendol, bubur lemu, kelapa parut, kemudian di tambah santan dan gula merah cair.

Minuman segar ini sangat cocok sekali untuk berbuka puasa saat bulan ramadan. Kalau ingin membeli es cuing ini, harus datang lebih awal.

Pasalnya, setiap bulan ramadan penjual es cuing ini sudah buka sejak pukul 13.00 WIB dan habis sekita pukul 16.00 WIB.

“Kalau hari biasa buka dari jam 09.00 WIB,” ujar Sukardi, penjulan es cuing yang sudah berjualan sejak tahun 1995 kepada About Cirebon.

Setiap hari selama ramadan, kata dia, bisa menjual kurang lebih 200 bungkus es cuing. Minuman es cuing ini hanya dijual seharga Rp. 4 ribu saja per bungkusnya.

Es cuing yang satu ini berisi cuing yang terbuat dari sari daun cuing, cendol, bubur lemu, parutan es, kelapa parut, ditambah santeng dan gula merah.
Bulan puasa jam 13.00 WiB kadang jam 16.00 sudah habis kalo bulan Ramadan.
Kalau di luar bulan puasa sudah buka dari jam 09.00

Setiap hari bisa menjual hingga lebih dari 200 bungkus es cendol,
Sukardi, berjual dari tahun 95
Satu porsi 4 ribu. (AC212)